Pengobatan Medis untuk Penyakit Epididimitis

Pengobatan Medis untuk Penyakit Epididimitis

Melakukan pengobatan untuk penyakit epididimitis bertujuan untuk mengatasi infeksi atau meredakan gejalanya.

Baca Juga : Gejala Pada Epididimitis

Epididimitis adalah peradangan pada epididimis atau saluran yang membawa sperma ke penis. Infeksi tersebut bisa menyerang pada pria yang usianya dari 14-35 tahun.

Tak hanya dari usia, pria yang sering mengganti pasangan dan melakukan aktivitas seksual tidak aman, akan rentan sekali terserang penyakit ini.

Kapan Harus Ke Dokter?

Lakukanlah pemeriksaan sesegera mungkin ke dokter ahli penyakit kelamin jika merasakan keluhan pada area penis. Jika nyeri di testis tidak hilang juga setelah 4 hari.

Diagnosis

Awal-awal dokter akan menanyakan gejala serta riwayat penyakit pada pasien. Kemudian lanjut dengan pemeriksaan fisik guna melihat tanda-tanda dari epididimitis.

Bila perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan swab pada dubur yang berguna untuk mendeteksi gangguan di kelenjar prostat.

Pemeriksaan lain yang bisa dokter lakukan adalah sebagai berikut:

  • Tes urine dan darah
  • Pemeriksaan sampel pada cairan yang keluar dari penis
  • USG doppler

Metode Pengobatan Epididimitis

Penangan yang dilakukan bertujuan untuk mengatasi infeksi dan meredakan gejala yang pasien alami. Berikut adalah metode pengobatan epididimitis yang dokter berikan, sebagai berikut:

1. Antibiotik

Sebagai dokter, sudah pasti langkah awal untuk mengobati penyakit tersebut akan memberikan resep antibiotik untuk meredakan gejala epididimitis.

Pasien yang sudah merasa lebih baik setelah minum antibiotik, sudah pasti dokter akan menyuruhnya untuk habiskan obat tersebut sampai infeksi benar-benar tuntas.

2. Obat anti nyeri

Bila kantung testis masih terasa sakit, nyeri, atau membengkak. Dokter akan merespkan juga obat anti nyeri untuk peredanya.

Selain itu, pasien juga bisa kompres pada area selangkangan dengan kain berisi es batu dan menggunakan celana khusus.

Lakukanlah pemeriksaan sesegera mungkin ke dokter ahli penyakit kelamin jika merasakan keluhan pada area penis. Jika nyeri di testis tidak hilang juga setelah 4 hari.
Periksakan ke dokter agar tidak terjadi komplikasi berbahaya

3. Operasi

Melakukan tindakan operasi sangat perlu bila epididimitis menimulkan komplikasi, contohnya seperti timbul abses pada epididimis.

Prosedur ini bisa pertimbangkan apabila penyebab epididimitis berasal dari kelainan fisik yang mendasari. Dokter akan melakukan prosedur pengangkatan sebagian atau seluruh epididimis dalam hal ini.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam

Mengalami penyakit epididimitis, ketahuilah bermacam metode pengobatan. Segeralah kunjungi klinik spesialis penyakit kelamin terdekat, serta menjalani beberapa pemeriksaan pada bakteri tersebut.

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin dan penyakit menular seksual dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Baca Juga : Spesialis Penyakit Kelamin Pria Jakarta Utara

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta