Penyebab Epididimitis Akut vs Kronis

Penyebab Epididimitis 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Penyebab epididimitis adalah kondisi yang menjadikan terjadinya peradangan pada saluran yang membantu mengangkut dan menyimpan sperma pria. Kondisi ini dapat terjadi dalam dua bentuk utama, yaitu epididimitis akut dan kronis.

Baca Juga: Bagaimana Cara Penanganan Epididimitis?

Meskipun keduanya  sama-sama melibatkan peradangan pada epididimis, penyebab utama dan karakteristik masing-masing kondisi tersebut berbeda. Dan artikel ini akan membahas perbedaan dalam penyebab epididimitis antara akut dan kronis.

Penyebab Epididimitis Akut

Epididimitis akut adalah bentuk epididimitis yang terjadi tiba-tiba dan biasanya berkembang dengan cepat. Gejalanya meliputi nyeri pada skrotum, pembengkakan, dan demam. Jenis epididimitis akut sering kali sangat menyakitkan dan memerlukan penanganan medis segera.

Ini dapat di katakan sebagai kondisi darurat medis yang perlu penanganan sesegera mungkin, dan penyebabnya bisa termasuk:

1. Infeksi Bakteri

Penyebab paling umum epididimitis akut adalah infeksi bakteri, terutama yang berasal dari saluran kemih. Bakteri seperti Escherichia coli (E. coli) adalah salah satu penyebab utama.

2. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Beberapa IMS seperti klamidia dan gonore dapat menyebabkan epididimitis akut jika tidak di obati. Ini dapat di katakan sebagai kondisi efek atau keluhan sekunder dari adanya IMS yang tak tertangani dengan baik.

3. Cedera atau Trauma

Cedera pada area skrotum atau epididimis juga dapat menjadi penyebab epididimitis akut. Kondisi cedera atau trauma fisik ini biasanya terjadi akibat adanya aktivitas berat yang menyertai.

Penyebab Epididimitis Kronis

Untuk kondisi epididimitis kronis adalah bentuk epididimitis yang berlangsung lebih lama, biasanya selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan. Gejalanya mungkin lebih ringan daripada epididimitis akut dan bisa datang dan pergi.

Namun kondisi ini dapat di katakan akumulasi asimtomatik yang pada masanya dapat berakibat lebih fatal saat kondisinya telah mencapai maksimal. Hal ini dapat terjadi akibat dari beberapa kemungkinan seperti:

1. Penyebab Epididimitis Bakteri Kronis

Kondisi kronis dapat di sebabkan oleh infeksi bakteri yang berlangsung lama atau tidak terdiagnosis dengan baik. Karena bakteri dalam epididimis dapat bertahan dalam jaringan selama waktu yang lebih lama.

2. Infeksi Berulang atau Tidak Terselesaikan

Jika infeksi akut tidak di obati sepenuhnya atau mengalami kekambuhan berulang, akhirnya dapat berkembang menjadi epididimitis kronis.

3. Masalah Struktural

Kadang-kadang, masalah anatomi atau struktural pada sistem saluran kemih maupun epididimis dapat menyebabkan aliran sperma yang terhambat. Sehingga menjadikan kemungkinan infeksi kronis mudah terjadi.

Penyebab Epididimitis 2Perbedaan Utama 2 Penyebab Epididimitis

Perbedaan utama antara epididimitis akut dan kronis terletak pada penyebab dan karakteristik gejalanya. Untuk epididimitis akut umumnya di sebabkan oleh infeksi bakteri yang akut dan gejalanya bisa muncul tiba-tiba dengan intens.

Sementara epididimitis kronis sering kali berkembang karena infeksi yang berlangsung lama atau adanya masalah struktural mendasar. Gejala kronis juga cenderung lebih ringan dan dapat bersifat episodik tidak selalu konstan.

Penting untuk memahami perbedaan keduanya karena pengelolaan dan pengobatan antara kedua kondisi tersebut bisa berbeda. Jadi jangan anggap remeh salah satunya, melainkan Anda perlu lebih mewaspadainya.

Dan kesimpulannya adalah meskipun keduanya melibatkan peradangan pada epididimis, epididimitis akut dan kronis memiliki karakteristik.

Pastikan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat dari tenaga medis berkompeten Klinik Utama Sentosa. Jika Anda mengalami gejala epididimitis agar dapat menghindari komplikasi lebih lanjut.

Baca Juga: Simak Berbagai Cara Pencegahan Dini Epididimitis

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta