Penyebab Sakit Kencing, Bisa Jadi Indikasi Uretritis loh

Penyebab Sakit Kencing 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Sakit kencing adalah gejala yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran pada seseorang. Meskipun gejala ini bisa di sebabkan oleh berbagai kondisi, salah satu penyebab utama sakit kencing yang perlu di waspadai adalah uretritis.

Baca Juga: Tips Cara Mencegah Penyakit Sakit Kencing

Keluhan uretritis berarti peradangan pada uretra, saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab sakit kencing dan bagaimana hal itu dapat menjadi indikasi uretritis.

Pemahaman Uretritis

Uretritis adalah kondisi medis yang terjadi ketika uretra mengalami peradangan atau inflamasi. Uretra yang terinfeksi atau teriritasi dapat menyebabkan gejala seperti sakit atau perih saat buang air kecil yang cukup mengganggu kenyamanan sehari-hari.

Kondisi uretritis ini juga menjadi salah satu bentuk infeksi saluran kemih (ISK) yang terjadi pada bagian bawah. Tidak heran jika kondisi sakit kencing ini akan mudah dan umum di temui bagi siapapun tanpa memandang usia.

Gejala Sakit Kencing Terkait Uretritis

Beberapa gejala umum uretritis meliputi:

1. Sakit atau perih saat buang air kecil.

2. Keluarnya cairan dari penis atau vagina.

3. Sensasi terbakar selama buang air kecil.

4. Peningkatan frekuensi buang air kecil.

Tidak jarang jika penderita sakit kencing terkait uretritis akan mengalami intensitas gejala dari ringan hingga berat. Jika Anda mungkin mengalamin salah satu gejala uretritis seperti di atas, segera dapatkan pemeriksaan dokter Klinik Utama Sentosa Jakarta untuk perawatan medis intensif yang cepat dan tepat.

Penyebab Sakit Kencing dan Hubungan Uretritis

Seperti yang telah di ketahui bahwa penyebab utama sakit kencing banyak macam dan pemicunya, namun jika ini terjadi maka penyebab yang paling sering terjadi adalah:

1. Infeksi Bakteri atau Virus

Uretritis seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri, terutama Neisseria gonorrhoeae dan Chlamydia trachomatis. Infeksi ini dapat di tularkan melalui hubungan seksual tanpa kondom. Oleh karena itu, seseorang yang aktif secara seksual dan tidak menggunakan perlindungan dapat memiliki risiko lebih tinggi terkena uretritis.

Meskipun lebih jarang, beberapa virus juga dapat menyebabkan uretritis. Salah satu contohnya adalah virus Herpes simplex. Dengan kata lain, infeksi bakteri atau virus ini bisa menjadi penyebab utama keluhan sakit kencing Anda terjadi.

2. Iritasi Kimia

Paparan zat kimia tertentu, seperti penggunaan sabun mandi yang mengandung bahan kimia keras atau spermisida pada kondom. Hal tersebut juga di ketahui dapat menyebabkan iritasi pada uretra dan memicu uretritis.

3. Trauma atau Cedera

Terjadinya cedera pada area genital atau penggunaan alat-alat medis yang di masukkan ke dalam uretra. Misalnya seperti dalam kasus penggunaan kateter yang dapat menyebabkan peradangan pada uretra rentan terjadi.

4. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beberapa penyakit menular seksual, seperti gonore, klamidia, bahkan herpes dapat menjadi penyebab utama uretritis atau sakit kencing terjadi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin dan mengambil langkah-langkah pencegahan saat berhubungan seksual.

Penyebab Sakit Kencing 2Tindakan Pencegahan Sakit Kencing Parah

Langkah-langkah pencegahan uretritis melibatkan praktik seks yang aman, termasuk penggunaan kondom dan menjalani pemeriksaan rutin untuk PMS. Ini sangat di rekomendasikan, terlebih jika Anda termasuk dalam pelaku seksual aktif.

Selain itu, hindari paparan zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada area genital. Dalam semua kasus, penting untuk mencari bantuan profesional medis Klinik Utama Sentosa jika mengalami gejala sakit kencing atau tanda-tanda uretritis sebelum keluhannya menjadi lebih parah.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Kencing di Klinik Terdekat

Diagnosis dan Pengobatan Sakit Kencing

Saat keluhan sakit kencing telah terjadi, Anda tentu membutuhkan bantuan medis yang tepat guna diagnosis akurat keluhannya. Dokter-dokter di Klinik Utama Sentosa dapat memberikan pemeriksaan fisik, wawancara medis, serta uji laboratorium untuk mendeteksi penyebab sakit kencing secara klinis.

Dengan begitu, diagnosis hingga perawatan yang akan di berikan jauh lebih efektif dan memberikan hasil yang teruji bagi setiap pasiennya. Jangan khawatir, kenyamanan, biaya terjangkau , dan privasi yang terjaga juga bagian dari layanan yang kami tawarkan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Jangan tunda sampai keluhan parah! Ingat, penanganan dini dapat membantu mencegah komplikasi dan meningkatkan prognosis kesembuhan. Pengobatan uretritis tergantung pada penyebabnya, dan sakit kencing bisa di obati hingga sembuh total.

Tenang! Disini layanan konsultasi dokter online juga tersedia 24 jam melalui live chat dan WA dengan akses gratis. Coba tanya dokter pribadi dan dapatkan informasi lanjut, silahkan klik sekarang. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta