Peringatan! Ciri Penyakit Sifilis yang Perlu Anda Kenali

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Pemahaman tentang ciri penyakit sifilis menjadi krusial untuk mendeteksinya pada tahap awal. Jika terlambat, penyakit sifilis dapat memiliki dampak serius yang mengancam nyawa.

Baca Juga: Terkuak! Sifilis Disebabkan Oleh Bakteri

Mengingat penyakit ini adalah sebuah penyakit menular seksual (PMS) yang di sebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa ciri peringatan dini yang perlu di kenali untuk mencegah dampak yang lebih serius.

Pemahaman Sifilis

Penyakit sifilis menjadi salah satu PMS dari infeksi bakteri gram negatif yang menyerang organ tubuh bagian dalam dan menyebabkan berbagai gejala yang bervariasi. Sesuai namanya, sifilis dapat di tularkan melalui kontak langsung dengan luka (chancre) selama hubungan seksual.

Ingat, segala bentuk kontak seksual seperti vaginal, anal, atau oral adalah media utama transmisi bakteri Treponema pallidum. Selain itu, ibu yang terinfeksi sifilis juga bisa menularkannya pada bayi mereka selama kehamilan atau persalinan.

Ciri Penyakit Sifilis yang Harus Anda Kenali

Ya, penyakit ini memiliki ciri utama yang perlu Anda cermati dengan baik kemunculannya. Beberapa di antaranya seperti:

1. Luka Chancre

Ciri pertama dari penyakit sifilis biasanya adalah chancre, yaitu luka kecil dan tidak nyeri di area tempat bakteri masuk ke dalam tubuh. Chancre sering muncul di daerah genital, anus, atau mulut. Meskipun luka ini tidak menyakitkan, dapat menularkan infeksi melalui kontak langsung.

2. Ruam dan Lesi Kulit

Pada tahap selanjutnya, penderita dapat mengalami ruam dan lesi pada kulit. Ruam ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk telapak tangan dan kaki. Lesi ini mungkin tidak selalu terasa gatal, tetapi perlu di perhatikan karena dapat menyebar ke seluruh tubuh.

3. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Ciri penyakit sifilis yang sering terabaikan juga termasuk pembengkakan kelenjar getah bening, terutama di pangkal paha, leher, atau ketiak. Pembengkakan ini merupakan respons tubuh terhadap infeksi dan dapat membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit ini.

4. Gejala Flu-Like

Pada tahap lanjut, sifilis dapat menimbulkan gejala mirip flu seperti demam, kelelahan, sakit kepala, dan nyeri otot. Kondisi ini sering kali di salah artikan, tetapi dapat menjadi ciri peringatan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Masalah pada Mata

Penyakit sifilis juga dapat mempengaruhi mata, menyebabkan peradangan dan masalah penglihatan. Gejala ini termasuk mata merah, nyeri, dan kepekaan terhadap cahaya. Jika tidak di obati, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

Ciri Penyakit Sifilis 2

Cegah Kemunculan Ciri Penyakit Sifilis

Mengenali ciri-ciri penyakit sifilis sejak dini memungkinkan untuk tindakan segera. Konsultasikan dengan profesional kesehatan berkompeten di Klinik Utama Sentosa Jakarta untuk pengujian dan diagnosis yang tepat.

Tindakan pencegahan utama dari penyakit sifilis tentunya berasal dari praktik seksual yang aman dan bertanggung jawab. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kesadaran dan pendidikan seksual yang baik dari setiap individu. Garis bawahi bahwa kesehatan genital Anda juga menjadi bagian penting yang menunjang kualitas hidup lebih baik.

Baca Juga: Manfaat Tes Skrining Sifilis Sebelum Fatal!

Pengobatan Penyakit Sifilis Terrbaik di Jakarta

Mengenali ciri penyakit sifilis sejak dini tidak hanya untuk kesehatan individu tetapi juga untuk mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain. Sebagai pusat layanan kesehatan khusus penyakit kelamin terkemuka di Jakarta, Klinik Utama Sentosa menawarkan penanganan medis yang lebih spesifik.

Tenang! Anda akan langsung di tangani oleh dokter dan staff medis ahli yang memiliki spesialisasi penyakit kelamin. Di tunjang dengan metode terkini serta fasilitas berteknologi modern yang memberikan hasil teruji klinis. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Penting untuk melindungi diri dari risiko penyakit menular seksual ini. Tunggu apalagi, jangan biarkan penyakit sifilis Anda lebih parah. Layanan terbaik dari dokter berpengalaman kami juga hadir dengan akses online melalui live chat dan WA.

Coba klik sekarang dan segera konsultasi langsung dengan dokter pribadi Anda. Akses gratis 24 jam dan bersifat privasi! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta