Tanda-Tanda Sifilis di Mulut Akibat Oral!

Sifilis di Mulut 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Meskipun sifilis lebih di kenal dengan gejala yang muncul pada alat kelamin, nyatanya sifilis di mulut juga bisa berkembang akibat oral. Penyakit menular seksual (PMS) serius ini dapat berdampak pada berbagai bagian tubuh.

Baca Juga: Deteksi Stadium 1 Sifilis dengan Pemeriksaan Darah

Penting untuk mengetahui bahwa infeksi ini juga sangat di mungkinkan untuk mempengaruhi area mulut. Dan berikut ini adalah penjelasan dan informasi medis lanjutan mengenai tanda-tanda sifilis di area mulut yang perlu Anda ketahui.

Sifilis Oral, Sifilis di Mulut

Sifilis muncul di sebabkan oleh infeksi bakteri bernama Treponema pallidum. Penyakit ini umumnya menular melalui hubungan seksual baik vaginal, anal, atau oral, dengan seseorang yang terinfeksi.

Penyakit ini juga memiliki beberapa tahap perkembangan, dan tanda-tanda sifilis di mulut biasanya muncul pada fase tertentu dari infeksi ini. Kondisi seperti sifilis oral menjadi varian sifilis yang mempengaruhi area mulut, termasuk bibir, lidah, tenggorokan, dan gusi.

Hal ini terjadi ketika seseorang melalui aktivitas seksual secara oral dengan pasangan yang terinfeksi bakteri sifilis. Meskipun tanda-tanda sifilis oral bisa mirip dengan tanda-tanda penyakit mulut lainnya, seperti sariawan atau infeksi tenggorokan. Tapi penting unutk bisa mengenali tanda gejalanya dengan cermat.

Tanda-Tanda Sifilis di Area Mulut

Tanda dan gejala sifilis di mulut dapat muncul secara bervariasi, hal ini tergantung pada kondisi individu serta tahap infeksi. Hanya saja beberapa tanda-tanda bisa Anda perhatikan dan perlu di waspadai adalah ketika kondisinya termasuk:

1. Luka dan Sariawan pada Bibir dan Lidah

Sifilis pada tahap awal dapat menyebabkan munculnya luka atau sariawan yang tidak nyaman pada bibir, lidah, atau di dalam mulut.

2. Ruam di Sekitar Mulut

Pada tahap selanjutnya, sifilis dapat menyebabkan ruam kemerahan yang muncul di sekitar area mulut dan wajah.

3. Bengkak Kelenjar Getah Bening di Leher

Sifilis yang tidak di obati dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher dan bisa terasa nyeri. Kondisi ini juga bisa mempengaruhi area tenggorokan penderitanya.

Selain gejala-gejala tersebut, sifilis juga dapat memengaruhi organ tubuh lainnya pada tahap-tahap selanjutnya. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan atau berisiko tertular sifilis.

Sifilis di Mulut 2Diagnosis dan Pengoabtan Sifilis di Mulut

Pengobatan yang tepat untuk sifilis oral di mulai dengan diagnosis yang akurat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes darah untuk mendeteksi bakteri penyebab sifilis dalam tubuh. Tes darah adalah cara terbaik untuk mengonfirmasi keberadaan infeksi dan menentukan tahap sifilis yang ada.

Catat, kondisi sifilis oral dapat di obati untuk tahap awal atau fase primer. Durasi pengobatan akan bergantung pada tahap infeksinya dan seberapa lama Anda telah terinfeksi. Maka dari itu, penting untuk mengikuti pengobatan dengan disiplin dan menghindari aktivitas seksual selama periode pengobatan dan pemulihan.

Langkah terbaik dalam mencegah sifilis oral atau muncul di mulut adalah dengan melakukan praktek seksual secara aman. Dan hindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan perilaku seksual berisiko di ketahui bisa mengurangi risiko penularan sifilis dan PMS lainnya.

Selain itu, menerapkan tes rutin atau skrining untuk mendeteksi sifilis maupun PMS lainnya juga bisa menjadi bagian dari gaya hidup yang perlu di terapkan. Terlebih anjuran ini tentu akan berlaku jika memang Anda telah aktif melakukan kontak seksual.

Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan profesional medis di Klinik Utama Sentosa untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Ingatlah bahwa pengobatan dini dapat membantu mencegah komplikasi yang lebih serius.

Baca Juga: Treponema Sifilis: Epidemiologi Penyebaran

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta