Ini Dia Tips dan Cara Mengobati Kencing yang Nyeri!

Bagaimana Tips dan Cara Mengobati Kencing yang Nyeri?

Dari berbagai penyebabnya, cara mengobati kencing yang nyeri di butuhkan dokter yang ahli dalam bidangnya.

Kondisi ini adalah pertanda bahwasannya ada penyakit atau masalah kesehatan yang menyerang organ kelamin pria maupun wanita. Penderita penyakit ini pun dapat berasal dari berbagai macam usia.

Biasanya, penyakit ini lebih banyak menyerang wanita. Hal ini di akibatkan karena letak uretra perempuan lebih pendek daripada laki-laki.

Baca Juga : Apa saja Pemicu Nyeri Terasa Kencing?

Penyebab Kencing Nyeri

Adanya rasa nyeri saat kencing biasanya di karenakan terdapat masalah pada pada saluran kemih. Meliputi ginjal, ureter, uretra dan kandung kemih.

Umumnya, penyakit ini hanya menyerang uretra dan kandung kemih. Namun, tidak dapat di pungkiri kalau infeksi akan menyebar atau menyerang organ penting lainnya.

Ada berbagai pemicu nyeri saat kencing. Beberapa di antaranya ialah:

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Kebanyakan penyebab infeksi saluran kencing (ISK) yaitu bakteri e.coli. Saat bakteri ini terdapat di sekitar kulit anus, bakteri e.coli bisa berpindah tempat ke saluran kencing.

Penyebab terjadinya infeksi ini di karenakan masuknya bakteri ke saluran kemih melalui uretra dan tumbuh pada kandung kemih. Tetapi, penyakit ini juga bisa di sebabkan oleh jenis bakteri atau jamur lainnya.

2. Uropati Obstruktif

Penyakit ini di sebabkan adanya batu yang terdapat di saluran kemih (ureter) sehingga urine tidak dapat mengalir keluar tubuh dan kembali ke ginjal.

Kondisi ini menyebabkan pembengkakan pada ginjal (hidronefrosis). Parahnya, komplikasi penyakit ini berupa kista ovarium, kanker usus hingga tumor rongga panggul.

3. Penyakit Radang Panggul

Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi pada organ reproduksi wanita seperti ovarium dan uterus. Salah satu gejalanya ialah rasa nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seksual.

4. Gangguan Ginjal

Terdapat beberapa gangguan ginjal yang dapat menyebabkan gejala kencing darah seperti: Glomerulonephritis, infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal, dan kanker ginjal.

5. Pembesaran Prostat

Untuk pria, kondisi ini cukup sering terjadi. Terlebih bagi pria yang sudah berumur diatas 50tahun. Beberapa penyakit lainnya mengenai prostat yang dapat menyebabkan kencing darah antara lain: pembesaran prostat (BPH), radang prostat dan kanker prostat.

Untuk mengetahui penyebab penyakit ini, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter ahli yang terpercaya.
Pengobatan untuk penyakit kencing yang terasa nyeri harus dibawah pengawasan ketat dokter ahli.

Cara Mengobati Kencing Nyeri

Untuk mengetahui penyebab penyakit ini, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter ahli yang terpercaya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Jika perlu dilakukan beberapa tes untuk mendapatkan hasil diagnosis yang tepat.

Berikut sejumlah tes yang dapat dilakukan:

  • CT Scan
  • Ultrasonografi Ginjal
  • Sistoskopi
  • Biopsi Ginjal

Baca Juga : ISK dapat Menyebabkan Nyeri saat Kencing

Klinik Penyakit Kelamin

Jika penyebab penyakit ini dikarenakan infeksi bakteri, tentunya pasien akan diresepkan antibiotik sebagai penangan pertama penyebaran bakteri. Dokter juga akan memberikan obat pengurang rasa nyeri jika anda mengalami ketidaknyamanan dan rasa sakit pada daerah kemaluan.

Klinik Sentosa Jakarta adalah klinik spesialis penyakit kelamin yang berada di Jakarta. Pasien yang datang akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli dan staf medis yang handal dalam bidangnya.

Anda bisa menggunakan layanan konsultasi online secara gratis. Selain itu juga biaya pengobatannya sangat terjangkau.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta