Mengetahui Gejala Trikomoniasis pada Pria

Mengetahui Gejala Trikomoniasis pada Pria

Untuk mengetahui gejala trikomoniasis pada pria, mari simak penjelasan berikut!

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja melalui hubungan seksual yang tidak sehat. Seperti tidak memakai pengaman saat melakukan hubungan intim dan sering berganti pasangan seks.

Umumnya, penderita yang bahkan tidak merasakan gejala sama sekali. Namun terdapat resiko yang besar bagi penderita yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Baca Juga : Kenali Ciri-Ciri Penyakit Trikomoniasis

Gejala Trikomoniasis pada Pria

Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS). Trikomoniasis dapat menimbulkan berbagai gejala yang hamper sama dengan gejala PMS atau IMS lainnya.

Inilah ciri-ciri ketika tubuh mengalami beberapa gejala yang akan timbul pada penderita:

  • Frekuensi buang air kecil (kencing) lebih sering dari pada biasanya
  • Rasa gatal dan perih disekitar alat kelamin pria terutama pada kulup atau ujung penis
  • Keluarnya cairan berbau tak sedap dari penis dan juga memiliki warna yang keruh
  • Nyeri pada penis saat buang air kecil atau berhubungan intim
  • Pada bagian penis dan berwarna kemerahan saat ejakulasi dan buang air kecil

Beberapa pasien ada yang tidak mendapati adanya gejala sebagai yang disebutkan diatas. Maka dari itu, disarankan bagi anda yang sudah aktif melakukan hubungan intim untuk memeriksakan diri ke dokter ahli yang terpercaya secara rutin.

Penyebab Trikomoniasis

Trikomoniasis Vagina adalah jenis parasit penyebab penyakit trikomoniasis. Parasit yang berukuran kecil ini biasanya menyebar dan ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman.

Sering berganti pasangan dan memiliki pasangan seksual yang telah terjangkit parasit ini juga merupakan faktor lain dari tertularnya penyakit ini.

Kendati demikian, penyakit ini tidak bisa berpindah atau menyebar kepada pasangan yang melakukan hubungan intim baik secara oral maupun anal. Ciuman (perpindahan air liur) dan berbagi peralatan makan pun tidak bisa menyebarkan parasit Trichomonas Vaginalis kepada orang lain.

Bagi kaum pria yang merasakan adanya gejala penyakit Trikomoniasis seperti yang ditulis diatas, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli.
Mengetahui gejala-gejala trikomoniasis pada pria, diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit berbahaya ini.

Pengobatan Trikomoniasis

Bagi kaum pria yang merasakan adanya gejala penyakit ini seperti yang ditulis diatas, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli.

Agar dapat mendiagnosis dan memastikan seberapa parah parasit ini telah menyerang anda, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik.

Baca Juga : Pahami Penyebab dari Trikomoniasis supaya tidak Parah

Nahkan anda bisa menjalani beberapa tes labotarium lainnya. Seperti pemeriksaan urine dan cairan sperma atau air mani.

Terapi obat pasti akan dilakukan jika benar anda tertular penyakit Trikomoniasis. Dokter akan meminta anda untuk memeriksakan pasangan anda juga, guna mencegah anda mengalami infeksi yang berulang

Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter professional seperti di Klinik Sentosa Jakarta, minimal 1 tahun sekali. Untuk mempermudah komunikasi dan jarak yg ditempuh pasien, klinik spesialis penyakit kelamin ini menyediakan layanan konsultasi online di website.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta