Trikomoniasis Vaginalis Pria, Tentu Bisa Terjadi!

Trikomoniasis Vaginalis Pria, Tentu Bisa Terjadi!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Trikomoniasis vaginalis pria adalah infeksi menular seksual yang umumnya terkait dengan wanita, nyatanya pria juga bisa mengalami gejala penyakit ini. Jadi tidak ada patokan dalam infeksi sebuah penyakit hanya terjadi pada wanita atau pria saja.

Baca Juga: Gejala dan Faktor Penyakit Trikomoniasis

Trikomoniasis yang mempengaruhi pria biasanya di karenakan adanya perpindahan infeksi dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak kulit ke kulit. Di bawah ini adalah penjelasan tentang trikomoniasis yang terjadi pada pria.

Gambaran Trikomoniasis Vaginalis Pria

Penyakit atau keluhan seperti trikomoniasis di sebabkan oleh protozoa parasit bernama Trichomonas vaginalis. Infeksi ini biasanya terjadi melalui hubungan seksual tanpa pengaman dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Namun ada juga kemungkinan infeksi yang terjadi akibat kontak non-seksual. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang terpapar dengan orang atau benda yang terkontaminasi secara langsung. Pada kasus pria, tentu saja ini lebih terkait dengan penularan seksual karena adanya potensi perilaku seksual yang tidak aman atau berisiko.

Meskipun seringkali kasus terjadi pada wanita, trikomoniasis juga dapat memengaruhi pria hanya saja banyak pria yang tidak bisa menyadari kondisinya. Penyebaran infeksi ini bisa terjadi dengan cepat dalam populasi yang aktif secara seksual.

Gejala Trikomoniasis Vaginalis pada Pria

Gejala trikomoniasis pada pria mungkin tidak selalu terlihat dengan jelas. Dan biasanya akan muncul dengan gejala-gejala seperti:

1. Sensasi Terbakar atau Gatal

Beberapa pria mungkin merasakan sensasi terbakar atau gatal di sekitar saluran kemih atau organ genital.

2. Keluar Cairan dari Uretra

Cairan yang tidak biasa dari uretra, yang mungkin berupa cairan berwarna putih, hijau, atau kuning, bisa menjadi tanda infeksi.

3. Iritasi atau Kemerahan

Kulit di sekitar area genital bisa terasa iritasi atau tampak kemerahan.

4. Gejala Saluran Kemih

Beberapa pria mungkin mengalami gejala seperti sering buang air kecil atau rasa tidak nyaman saat buang air kecil.

Kecenderungan pria yang lebih mengabaikan gejala suatu keluhan memang tidak bisa di pungkiri. Terlebih dalam kondisi seperti trikomoniasis ini gejalanya bersifat asimtomatik dan bahkan jika pria terinfeksi mereka tidak memiliki gejala apapun.

Trikomoniasis Vaginalis Pria 2Dampak Trikomoniasis pada Kesehatan Seksual Pria

Dalam jangka panjang, keluhan seperti trikomoniasis akan mulai memunculnya gejala yang menyebabkan ketidaknyamanan berlebih. Dan tidak jarang juga bisa menimbulkan rasa sakit atau pada area-area organ genital pria.

Trikomoniasis vaginalis pria tidak hanya memengaruhi fisik, tetapi juga dapat memiliki dampak psikologis. Adapun beberapa dampak lain yang dapat terjadi akibat infeksi parasit trikomonas meliputi:

1. Peningkatan Risiko Infeksi Menular Seksual Lainnya

Infeksi trikomoniasis dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi lain, termasuk HIV.

2. Gangguan Kesehatan Reproduksi

Infeksi yang tidak diobati dapat menyebabkan peradangan pada saluran reproduksi pria, berpotensi memengaruhi kesuburan.

3. Stigma dan Kesejahteraan Emosional

Dampak psikologis seperti stres, rasa malu, atau kecemasan sosial juga mungkin muncul akibat infeksi ini.

Diagnosa trikomoniasis pada pria bisa menjadi tantangan karena gejala yang mungkin ringan atau bahkan tidak terdeteksi sama sekali. Dokter dapat mulai dari melakukan pemeriksaan fisik dan bertanya tentang riwayat seksual dan gejala yang dialami.

Pemeriksaan laboratorium dapat di gunakan untuk mendeteksi adanya parasit tersebut dalam sampel cairan uretra. Atau juga bisa dengan metode uji pengasaman dan uji pewarnaan untuk mengidentifikasi adanya parasit trikomonas.

Pencegahan adalah kunci dalam menghindari trikomoniasis vaginalis. Penting juga bagi pasangan seksual yang terlibat untuk di obati secara bersamaan. Karena trikomoniasis vaginalis bukan hanya masalah yang memengaruhi wanita, tetapi juga bisa berdampak pada kesehatan seksual pria.

Dengan pemahaman yang lebih baik kita dapat meningkatkan upaya pencegahan, deteksi, dan pengobatan guna menjaga kesehatan seksual. Dan  dengan begitu setiap individu juga bisa meminimalkan risiko infeksi menular seksual dari ringan hingga berat.

Baca Juga: Pencegahan Penyakit Kelamin Trikomoniasis

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta