Mengapa Vagina Gatal dan Kering?

Vagina Gatal dan Kering

Vagina gatal dan kering dapat menyebabkan ketidaknyamanan untuk melakukan segala aktifitas. Apabila anda merasa vagina gatal, ada baiknya untuk segera dicari tahu penyebab dan cara penangannya.

Meski bisa dikatakan tidak berbahaya. Akan tetapi masih ada faktor pendukung lainnya seperti gejala penyakit menular seksual yang harus diperiksakan ke klinik penyakit kelamin.

Baca Juga : 5 Penyebab Vagina Gatal yang Harus Kalian Ketahui!

Penyebab Vagina Gatal

Sebagian besar wanita pernah mengalami vagina gatal dan kering. Keluhan tersebut biasanya diabaikan karena dianggap bukan suatu masalah serius.

Vagina terasa gatal dan kering biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur atau bahkan eksim (luka). Kebiasaan menggunakan sabun keras atau zat pewangi untuk membersihkan area kewanitaan juga bisa menyebabkan iritasi pada vulva.

Selain hal-hal tersebut ada faktor lain penyebab vagina kering dan gatal seperti stress, alergi kapas atau kain pembalut hingga faktor cuaca dan lingkungan.

Mengatasi Vagina Gatal

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan dirumah untuk mengatasi rasa gatal pada vagina. Namun, anda harus tahu terlebih dahulu hal apa yang dapat menjadi penyebab kondisi seperti itu.

Berikut anjuran yang bisa anda lakukan:

  • Menghindari bahan-bahan yang dapat mengiritasi vulva seperti pembalut, tampon dan zat-zat berbahaya lainnya yang terkandung dalam cairan pembersih area kemaluan wanita
  • Membersihkan area intim dari depan ke belakang (anus/rektum) dengan air dingin untuk mengurangi rasa gatal
  • Pastikan kebersihan area kewanitaan dengan benar dan kering
  • Rutin mengganti celana dalam
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan dirumah untuk mengatasi rasa gatal pada vagina. Namun, anda harus tahu terlebih dahulu hal apa yang dapat menjadi penyebab kondisi seperti itu.
Kondisi masalah kewanitaan memang banyak macamnya, terlebih rasa gatal pada vagina.

Pengobatan Vagina Gatal

Tidak boleh mengganggap remeh jika anda merasakan gatal pada vagina atau daerah kewanitaan. Meski bisa dikatakan tidak berbahaya. Akan tetapi masih ada faktor pendukung lainnya seperti gejala penyakit menular seksual yang harus diperiksakan ke klinik penyakit kelamin.

Untuk mengobati kondisi ini, berikut adalah langkah pengobatannya:

  • Mengkonsumsi obat antivirus
  • Mengkonsumsi obat antijamur
  • Menggunakan antibiotik oral (pil) maupun injeksi (suntik)

Baca Juga : Vagina Gatal Setelah Berhubungan

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes guna melihat penyebab yang telah anda alami. Jika ditemukan adanya indikasi IMS atau PMS, disarankan agar pasangan anda turut serta dalam pengobatan.

Klinik Sentosa Jakarta telah menyiapkan dokter dan staf ahli yang akan membantu anda dalam pengobatan. Klinik kesehatan kelamin ini mempunyai standar internasional kesehtan ini akan mengutamakan pelayanan yang ramah dan baik terhadap pasien.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta