Seberapa Umum Vaginitis atau Radang Vagina?

Vaginitis Radang Vagina

Vaginitis adalah radang vagina atau salah satu penyakit ginekologi pada wanita, kondisinya umum terjadi akibat infeksi.

Peradangan atau inflamasi ini menggambarkan kondisi kemerahan dan pembengkakan yang menimbulkan rasa sakit pada bagian dalam vagina.

Baca Juga: Berbagai Faktor Vaginitis bagi Wanita

Vaginitis atau Radang Vagina

Karena menjadi salah satu penyakit ginekologi atau penyakit organ reproduksi wanita, maka vaginitis akan ditandai dengan keputihan.

Vagina wanita secara alami akan memproduksi cairan yang jumlah dan teksturnya bisa berubah sepangjang siklus hormonal.

Namun perlu di ketahui bahwa keputihan yang Anda alami mungkin termasuk dalam gejala vaginitis, ciri vaginitis yang bisa di alami wanita akan meliputi:

  • Perubahan keputihan yang tidak normal
  • Berbau tidak sedap
  • Gatal area vagina
  • Kemerahan dan nyeri vagina
  • Terdapat flek dari vagina
  • Gejala ISK
  • Sakit berhubungan seksual

Ada banyak kemungkinan yang berpotensi menyebabkan vaginitis terjadi pada seorang wanita. Inilah mengapa seorang wanita di tuntut untuk lebih menjaga kesehatan area organ intim.

Vaginitis Umum Terjadi Pada Wanita

Keluhan vaginitis pada wanita dapat di kelompokan menjadi 2 yaitu, vaginitis karena infeksi dan bukan infeksi.

90% keluhan vaginitis di sebabkan karena infeksi, baik dari bakteri, jamur ataupun protozoa. Penyebab tersering adalah bacterial vaginosis (BV) dengan 40-50% kemungkinannya.

Sedangkan kasus vaginitis yang di sebabkan oleh faktor hormonal, iritasi, alergi, hingga penyakit tidak menular memiliki prevalensi kemungkinan sebanyak 5-10%.

Dengan kata lain, setiap wanita tentu akan jauh lebih rentan dan hampir lebih dari 70% wanita bisa mengembangkan keluhan ginekologi seperti peradangan pada vagina.

Vaginitis Radang Vagina 2

Kunjungi Dokter Anda Di Klinik Sentosa

Klinik Sentosa menjadi Klinik Kelamin Jakarta pilihan terbaik bagi Anda dalam menuntaskan keluhan genital khususnya masalah andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual (PMS).

Kami memiliki standarisasi pelayanan terbaik dengan biaya terjangkau, sehingga bisa di dapatkan oleh siapapun yang membutuhkan pengobatan secara medis serta kesembuhan efektif hingga tuntas.

Coba konsultasi gratis melalui chat online, whatsapp, maupun telepon langsung dengan dokter kami!

Baca Juga: Bagaimana Cara Penyembuhan Vaginitis?

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta