Waspada! ISK Tidak Kunjung Sembuh, Lakukan 5 Hal Ini

isk tak kunjung sembuh 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum di alami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita dari segala usia.

Meskipun umumnya, ISK adalah kondisi yang seringkali dapat di atasi dengan pengobatan yang tepat, tetapi ISK dapat terjadi kembali atau tidak kunjung sembuh.

Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, dan kondisi ini bukanlah hal yang sepele dan dapat di abaikan begitu saja.

Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat menyebabkan ISK tidak kunjung sembuh dan bagaimana cara mengatasinya.

Pengertian Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah kondisi yang terjadi ketika bakteri masuk ke dalam saluran kemih hingga ke kandung kemih dan menyebabkan peradangan dan infeksi.

Meski penyakit ini dapat di alami oleh siapa saja, tetapi ISK seringkali di alami oleh wanita karena uretra wanita lebih pendek di bandingkan dengan wanita.

Faktor Pemicu ISK Tidak Kunjung Sembuh

Infeksi saluran kemih atau ISK yang tidak kunjung sembu dapat di perngaruhi oleh berbagai faktor pemicu yang mempersulit proses penyembuhan.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat memicu ISK tidak kunjung sembuh, seperti:

1. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat membuat tubuh menjadi sulit untuk melawan infeksi bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Gangguan kekebalan tubuh, penyakit kronis, atau penggunaan obat-obatan tertentu dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk mengatasi infeksi bakteri penyebab ISK.

2. Tidak Menjaga Kebersihan Genital

Tidak menjaga kebersihan area genital, terutama setelah buang air kecil atau setelah berhubungan seksual dapat membuat Anda mengalami ISK berulang.

Hal ini dapat memudahkan dan memberikan peluang bagi bakteri untuk masuk kembali ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

3. Ketidakpatuhan dalam Pengobatan

Ketidakpatuhan pada proses pengobatan yang telah di resepkan oleh dokter, seperti menghentikan pengobatan sebelum selesai, dapat menyebabkan ISK tidak kunjung sembuh.

Bahkan, hal ini dapat membuat bakteri menjadi resisten terhadap pengobatan yang di berikan dan memperpanjang durasi ISK.

penting untuk selalu berkonsultasi dengan profesional medis yang tepat, seperti di Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan saran pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Nyaman, Begini Posisi Tidur Saat Mengalami Infeksi Saluran Kemih

isk tak kunjung sembuh 2

Mengatasi ISK yang Tidak Kunjung Sembuh

Mengatasi ISK yang tidak kunjung sembuh di perlukan beberapa pendekatan komprehensif, seperti:

1. Menjaga Kebersihan Area Genital

ISK yang tidak kunjung sembuh dapat di sebabkan oleh kurangnya kebersihan area genital yang buruk.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membersihkan area genital dengan baik dan benar setelah buang air kecil atau setelah berhubungan seksual.

2. Menghindari Faktor Pemicu

Hindari beberapa faktor pemicu, seperti alkohol, makanan pedas, atau kafein yang dapat merangsang infeksi pada saluran kemih.

Sebaiknya perbanyak konsumsi air putih untuk meningkatkan frekunsi buang air kecil dan membersihkan bakteri dari saluran kemih.

3. Hindari Berhubungan Seksual

Jika Anda masih dalam masa penyembuhan, sebaiknya hindari berhubungan seksual hingga infeksi saluran kemih sembuh.

Hal ini dapat mencegah terjadinya ISK berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh.

4. Kepatuhan dalam Proses Pengobatan

Penting untuk selalu mengikuti petunjuk dan saran pengobatan yang di berikan oleh dokter Anda, karena hal ini dapat mencegah terjadinya resistensi dan infeksi yang berkepanjangan.

5. Konsultasi dengan Profesional Medis

Dokter atau profesional medis memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai infeksi saluran kemih.

Mereka dapat melakukan pemeriksaan menggunakan peralatan medis yang lengkap, serta memberikan saran pengobatan yang tepat.

Oleh karena itu, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika ISK yang Anda alami tidak kunjung membaik.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter urologi berpengalaman di Klinik Utama Sentosa. Di sana Anda akan di periksa menggunakan fasilitas dan peralatan medis yang lengkap.

Sehingga hasil pemeriksaan dan diagnosis dokter akan akurat dan tepat. Jangan khawatir akan biaya pengobatan, karena biayanya akan sangat terjangkau.

Dokter dan staf medis ahli kami akan selalu memprioritaskan privasi, kenyamanan, serta kesehatan setiap pasien, sehingga Anda akan nyaman selama menjalani pemeriksaan.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Ingat, infeksi saluran kemih bukanlah kondisi yang berbahaya, tetapi tidak boleh di anggap sebagai penyakit yang sepele, karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius.

Segera konsultasikan dengan dokter ahli kami melalui layanan konsultasi online yang dapat Anda akses melalui Live Chat atau Chat Whatsapp yang tersedia 24 jam, gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta