3 Penyebab Dari Sakit Kencing Berdarah

3 Penyebab Dari Sakit Kencing Berdarah

Kencing berdarah tidak selamanya berdarah, bisa saja wanita yang sedang mengalami menstruasi. Akan tetapi, sebagian besar penyebab dari keluhan sakit kencing berdarah memang perlu untuk waspada.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sakit Kencing Pada Wanita

Kencing berdarah dalam istilah kedokteran adalah Hematuria. Biasanya urin tersebut tercampur dengan darah dan akan tampak seperti warna kemerahan, merah muda, ataupun coklat tua mirip dengan teh.

Meski begitu, terkadang kencing berdarah bisa saja tidak terlihat oleh mata telanjang. Ketika darah tersebut keluarnya sedikit dari urine, maka darah tersebut baru bisa terdeteksi melalui analisis urine atau pemeriksaan urine pada mikroskop.

Untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit kencing berdarah dan ciri-cirinya, antara lain:

Penyebab Kencing Darah

Beberapa hal yang dapat jadi penyebab kencing darah adalah sebagai berikut:

1. Infeksi saluran kemih

ISK merupakan salah satu penyebab utama pada kencing berdarah. Penyakit tersebut bisa terjadi ketika bakteri pada saluran tersebut berkembang biak pada saluran kemih.

Masuknya bakteri tersebut pada saluran kemih dapat memicu dalam berbagai hal, misalnya seperti pemasangan kateter urine, kebiasaan untuk menahan pipis, atau dengan cara membersihkan area kelamin.

2. Pembesaran prostat

Bagi pria, pembesaran maupun kelainan pada prostat merupakan salah satu penyebab dari kencing berdarah yang sering terjadi. Pada umumnya untuk kondisi ini bisa terjadi pada pria yang telah berusia 50 tahun ke atas.

3. Kanker kandung kemih

Darah yang ada pada urine bisa menjadi penyebab dari kanker kandung kemih. Selain bisa menyebabkan kencing berdarah, penyakit ini bisa timbul rasa nyeri pada saat buang air kecil dan nyeri pada punggung.

Kencing bberdarah dalam istilah kedokteran adalah hematuria. Biasanya urintersebut tercamput dengan darah dan akan tampak seperti warna kemerahan, merah muda, ataupun coklat tua mirip dengan teh.
Penyebab Sakit Kencing

Selain itu kanker kandung kemih penyebabnya bisa dari faktor lain seperti kebiasaan merokok, infeksi saluran kemih kronis, paparan dari radiasi, atau pernah memiliki riwayat kanker kandung kemih di keluarga.

Seperti yang sudah dijelaskan, kencing darah dapat menjadi kondisi serius. Oleh sebab itu, jika anda melihat terdapat darah pada urine, bisa dalam jumlah yang sedikit atau banyak.

Kunjungi klinik untuk pengobatan penyakit kelamin, dan segera lakukan konsultasi dengan dokter ahli kelamin agar bisa cepat melakukan pengobatan.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam

Jika mengalami Sakit Kencing Berdarah. Maka carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin dan penyakit menular seksual dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sakit Kencing Pada Pria

Klinik Kelamin kami memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional dengan pelayanan ramah dan memuaskan untuk pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta