4 Penyakit Inilah yang Jadi Benjolan di Pinggir Kemaluan Wanita, Cek Apa Saja Yuk!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Benjolan di pinggir kemaluan wanita bisa menjadi hal yang menakutkan dan membingungkan.

Meskipun awalnya tak ada keanehan, tetapi penting untuk memahami apa yang bisa menjadi penyebabnya dan kapan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Maka dari itu, mari kita bahas beberapa kemungkinan penyebab benjolan di pinggir kemaluan wanita yang perlu Anda ketahui.

1. Kista Bartholin

Salah satu indikasi pertama penyebab benjolan di pinggir kemaluan wanita adalah kista bartholin atau kista nabothi.

Kista ini terjadi ketika kelenjar bartholin yang terletak di kedua sisi pintu masuk vagina tersumbat, sehingga cairan tidak dapat mengalir keluar dan membentuk benjolan.

Biasanya,kista bartholin bisa menjadi besar atau terinfeksi, dan Anda mungkin merasakan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang signifikan.

2. Abses atau Infeksi Kulit Lainnya

Kedua, benjolan di pinggir kemaluan wanita juga dapat merupakan tanda dari abses atau infeksi kulit lainnya.

Abses adalah kantong berisi nanah yang terbentuk di bawah kulit sebagai respons terhadap infeksi bakteri atau jamur yang menyebabkan benjolan, kemerahan, atau rasa sakit.

Jika Anda menemukan benjolan tersebut, sebaiknya periksakan ke dokter ahli di Klinik Utama Sentosa Jakarta untuk memastikan kondisinya.

3. Lipoma Vulva

Lipoma vulva adalah benjolan lemak yang tumbuh di area vulva atau pinggir kemaluan wanita.

Karena lokasinya yang sensitif dan bisa membesar, Anda mungkin merasa tidak nyaman atau khawatir tentang penampilannya.

Baiknya, Anda perlu konsultasikan dengan dokter ginekologi di Klinik Utama Sentosa untuk menentukan apakah lipoma tersebut perlu di hilangkan atau di awasi.

4. Kutil Kelamin

Kutil kelamin di sebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Papillomavirus) dan biasanya muncul dalam bentuk benjolan kecil yang menonjol di sekitar area atau pinggir kemaluan wanita.

Betul, kutil kelamin ini menyebar melalui kontak seksual dan harus diobati oleh profesional medis berkompeten karena pengobatannya bisa termasuk prosedur dan terapi khusus.

Tanda Gejala yang Harus Dikhawatirkan

Jika Anda menemukan benjolan di kemaluan wanita, penting untuk tidak panik!

Namun, segera periksakan ke dokter Klinik Utama Sentosa jika Anda melihat tanda dan gejala berikut ini:

1. Benjolan menyebabkan rasa sakit yang signifikan.

2. Benjolan terasa keras atau tidak bergerak.

3. Benjolan disertai dengan gejala seperti demam, nyeri saat buang air kecil, atau keluarnya cairan yang tidak biasa dari area tersebut.

4. Benjolan bertambah besar atau berubah warna.

Disini dokter kami dapat melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin memerlukan tes tambahan, seperti tes darah atau pemindaian.

Dengan tujuan untuk menentukan penyebabnya dan meresepkan pengobatan yang sesuai untuk kondisi Anda.

Ilustrasi pada Kondisi Benjolan di Pinggir Kemaluan Wanita

Jangan Tunda! Segera Konsultasikan Benjolan di Vagina ke Dokter Ginekologi Jakarta

Kesimpulannya adalah benjolan di pinggir kemaluan wanita bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari kista bartholin hingga kutil kelamin.

Baca Juga: 7 Pantangan untuk Penderita Benjolan di Vagina Agar Cepat Sembuh!

Penting untuk tetap tenang dan tidak menunda-nunda Konsultasi Dokter Online di Klinik Utama Sentosa jika Anda menemukan benjolan yang mencurigakan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tak perlu ragu atau malu, karena akses gratis ini tersedia dengan perlindungan privasi dan bebas stigma bagi setiap pasien.

Jangan tunggu sampai parah! Silahkan hubungi kami melalui kontak WhatsApp yang tersedia dan dapatkan penanganan komprehensif yang sesuai kondisi Anda sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dengan penanganan yang tepat dan diagnosa dini, banyak kondisi dapat diobati dengan efektif, sehingga Anda dapat kembali merasa nyaman dan meraih kesehatan optimal!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta