4 Tips Posisi Tidur yang Meredakan Gejala Infeksi Saluran Kemih, Cek!

Gambar Posisi Tidur Infeksi Saluran Kemih

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Tahukah Anda jika salah memilih posisi tidur saat infeksi saluran kemih dapat menyebabkan kondisi yang lebih buruk?

Iya, infeksi saluran kemih atau ISK dapat menjadi kondisi yang tidak hanya menyakitkan, tetapi juga dapat mempengaruhi kenyamanan saat tidur.

Selain pengobatan medis, ada beberapa strategi non-medis yang dapat membantu, salah satunya adalah memperhatikan posisi tidur Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips tentang posisi tidur yang dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran kemih.

1. Posisi Fetal

Posisi tidur fetal, di mana Anda bergelung seperti bayi yang tidur untuk membantu mengurangi tekanan pada saluran kemih.

Dengan merenggangkan tubuh dan menyusutkan area saluran kemih, posisi ini dapat mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit selama tidur.

2. Gunakan Bantal Dukungan

Menambahkan bantal di bawah tubuh, terutama di bagian perut atau paha dapat memberikan dukungan tambahan dan membantu menjaga posisi tubuh yang nyaman.

Ini dapat membantu mengurangi tekanan pada daerah saluran kemih sehingga meringankan gejala ISK yang di rasakan.

3. Posisi Miring ke Samping

Tidur dengan posisi miring ke samping dapat membantu mencegah tekanan langsung pada kandung kemih.

Posisi ini dapat membantu mengurangi iritasi pada saluran kemih dan memberikan sedikit kelonggaran bagi organ-organ di sekitarnya.

4. Hindari Posisi Terlentang Sepenuhnya

Posisi terlentang sepenuhnya dapat meningkatkan tekanan pada kandung kemih dan saluran kencing.

Hindari posisi tidur ini dan pilih posisi miring atau fetal untuk mengurangi ketidaknyamanan selama tidur saat infeksi saluran kemih.

Tak ada salahnya untuk coba mempraktikan 4 tips di atas sebagai bagian dari perawatan utama selama mengalami infeksi saluran kemih.

Namun, ingatlah bahwa tetap fokus pada perawatan medis serta anjuran dokter ahli urologi Klinik Utama Sentosa Jakarta untuk kesembuhan optimal.

Manfaat Posisi Tidur yang Tepat Saat ISK

Memilih posisi tidur yang tepat saat mengalami infeksi saluran kemih dapat memberikan beberapa efek positif dalam mengelola gejalanya.

Berikut adalah beberapa efek positif atau manfaat yang mungkin di peroleh dengan memilih posisi tidur yang sesuai selama Infeksi saluran kemih.

1. Pengurangan Tekanan pada Kandung Kemih

2. Pengurangan Irritasi pada Saluran Kencing

3. Peningkatan Kenyamanan Selama Tidur

4. Mencegah Pemindahan Bakteri

5. Dukungan untuk Penyembuhan

6. Fasilitasi Aliran Urin yang Lebih Lancar

7. Relaksasi Otot

Untuk mendapatkan manfaat lebih, pastikan juga bahwa Anda bisa mematuhi setiap rangkaian perawatan dari dokter ahli di Klinik Utama Sentosa hingga tuntas.

Gambar Posisi Tidur untuk Infeksi Saluran Kemih

Konsultasi Dokter Urologi Jakarta Atasi ISK Segera

Jika tips perubahan posisi tidur masih belum bisa mengatasi gejala infeksi saluran kemih yang terjadi atau ISK di rasa memburuk.

Ingat! Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter urologi profesional di Klinik Utama Sentosa sesegera mungkin.

Baca Juga: 4 Faktor Risiko Infeksi Saluran Kemih dan 5 Cara Cegahnya

Dokter-dokter berkompeten kami dapat memberikan panduan khusus sesuai dengan kondisi Anda dan meresepkan perawatan yang lebih tepat.

Akses layanan konsultasi online juga tersedia melalui chat WhatsApp dokter langsung 24 jam gratis disini. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tenang, setiap penanganan kami memastikan bahwa Anda sedang menjalani perawatan yang komprehensif untuk mengatasi infeksi saluran kencing dengan efektif.

Jangan tunggu sampai ISK parah! Silahkan klik dan dapatkan informasi dan anjuran dokter untuk proses penyembuhan Anda sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta