Apa Penyebab Erosi Serviks dan Tanda-tandanya, Catat!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Masalah ginekologi erosi serviks adalah kondisi medis yang sering kali tidak memperlihatkan gejala jelas dan nyata bagi penderitanya. Hal inilah yang membuat pemahaman mengenai penyebab erosi serviks dan tanda-tandanya menjadi penting bagi setiap wanita.

Baca Juga: Pengobatan Erosi Serviks di Klinik Terdekat

Dalam artikel kali ini, pembahasan secara mendalam tentang erosio cervix atau erosi serviks akan memberikan wawasan tentang penyebab beserta tanda-tandanya yang perlu di ketahui oleh wanita.

Apa Itu Erosi Serviks?

Ada banyak nama atau istilah yang di tujukan untuk kondisi erosi serviks, beberapa di antaranya seperti cervix erosion, cervicitis, dan ectropion cervix. Semua menggambarkan kondisi ketika lapisan sel di luar leher rahim mengalami perubahan yang bersifat abnormal.

Meskipun di sebut erosi, ini bukan proses kerusakan seperti luka pada kulit, melainkan perubahan sel epitel pada area serviks. Hal ini merupakan kondisi di mana lapisan selaput lendir di luar leher rahim (serviks) menonjol ke luar melalui mulut rahim. Pada kondisinya, sel-sel epitel yang biasanya terletak di dalam kanal serviks menjadi terlihat di luar mulut rahim.

Penyebab Erosi Serviks

Sebagian besar penyebab atau pemicu yang menjadikan adanya keluhan seperti erosi serviks terjadi pada wanita dapat berasal dari:

1. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Salah satu penyebab utama erosi serviks adalah infeksi, terutama yang di sebabkan oleh IMS seperti HPV (Human Papillomavirus), herpes, atau klamidia.

2. Perubahan Hormonal

Adanya fluktuasi hormon, khususnya selama kehamilan, melahirkan, atau mengkonsumsi kontrasepsi hormonal juga dapat mempengaruhi lapisan sel di serviks.

3. Trauma atau Cedera

Cedera fisik pada serviks, baik akibat hubungan seksual yang kasar atau prosedur medis tertentu di ketahui dapat menyebabkan erosi serviks pada seorang wanita terjadi.

4. Merokok atau Gaya Hidup Tidak Sehat

Dalam beberapa kasus, kebiasaan merokok telah di kaitkan dengan peningkatan risiko erosi serviks. Selain itu, gaya hidup yang terkait dengan kebiasaan tidak sehat juga bisa menjadi faktor risikonya.

Tanda-tanda Erosi Serviks

Untuk tahu adanya indikasi erosi serviks pada wanita, berikut ini adalah gejala atau tanda-tanda yang perlu Anda ketahui dan waspadai kemunculannya yaitu:

1. Pendarahan Setelah Hubungan Seksual: Tanda yang paling umum adalah pendarahan ringan atau flek setelah berhubungan seksual.

2. Keputihan Abnormal: Keputihan yang berubah warna atau bau mungkin menjadi indikator adanya penyebab erosi serviks mungkin terjadi.

3. Rasa Tidak Nyaman atau Sakit: Beberapa wanita mungkin merasakan ketidaknyamanan atau rasa sakit di area panggul.

4. Pendarahan di Luar Menstruasi: Pendarahan di antara siklus menstruasi yang tidak teratur dapat menjadi tanda erosi serviks.

Hati-hati, jika Anda mungkin mencurogai adanya tanda-tanda seperti di atas. Pastikan untuk melakukan konsultasi atau pemeriksaan dokter ginekologi Klinik Utama Sentosa Jakarta sedini mungkin guna penanganan tepatnya.

Perawatan yang Anda Perlukan

Sebagai catatan, perawatan erosi serviks di berikan sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan kondisi. Jika infeksi merupakan penyebab utama, dokter Klinik Utama Sentosa mungkin meresepkan obat-obatan untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, ada opsi prosedur medis dalam beberapa kasus mungkin di perlukan, seperti kauterisasi (penggunaan panas atau bahan kimia untuk menghancurkan jaringan) atau cryotherapy (penggunaan dingin untuk membekukan dan menghancurkan sel abnormal).

Setelah perawatan, dokter-dokter kami juga akan melakukan pemantauan rutin secara berkala sangat di anjurkan untuk memastikan bahwa kondisi membaik dan tidak kembali.

penyebab erosi serviks 2Peran Penting Konsultasi Dokter Profesional

Jika Anda mengalami gejala erosi serviksatau memiliki faktor risiko tertentu, langkah pertama yang penting adalah berkonsultasi dengan profesional kesehatan reproduksi di Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: Erosi Serviks: Definisi, Ciri-Ciri dan Penyebab

Jangan khawatir, dokter-dokter ahli berkompeten kami dapat melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin meresepkan tes lebih lanjutuntuk menilai kondisi Anda. Di dukung dengan fasilitas medis yang lengkap dan metode terkini, diagnosis akurat bisa di dapat dan penanganan tepat. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Memahami penyebab dan tanda-tanda erosi serviksadalah langkah penting menuju deteksi dini dan pengelolaan yang efektif. Wanita perlu memiliki kesadaran tentang kesehatan reproduksi mereka dan mencari bantuan profesional Klinik Utama Sentosa guna penanganan spesifik dan hasil yang lebih  optimal bagi kesembuhan Anda.

Jangan tunggu sampai parah! Konsultasi online 24 jam live chat maupun WA dokter gratis tersedia untuk kemudahan jangkauan Anda disini. Klik dan tanyakan langsung pada dokter ahli kami sekarang! Privasi dan kenyamanana Anda terjaga. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta