Balanitis Pria Dewasa: Rekomendasikan Sunat!

Balanitis Pria Dewasa-min

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Artikel ini akan menjelaskan tentang balanitis pada pria dewasa dan juga pengaruh sunat sebagai rekomendasi terbaik pengobatannya. Seperti yang kita ketahui balanitis merupakan kondisi peradangan, terjadinya pada kulup penis atau kepala penis.

Kondisi fatal akibat balanitis adalah kematian saraf di sektiar area kepala penis dan tentunya ini bisa menghilangkan fungsinya. Dengan kata lain keluhan kemerahan, nyeri, dan pembengkakan yang terjadi tidak boleh berlangsung dalam jangka panjang.

Baca Juga: Gejala Awal Balanitis dan Tindakan Tanggapnya

Khusus pada pria dewasa, selain ketidak nyamanan berlebih Anda mungkin juga perlu khawatir dengan masalah seksual. Sehingga sebagian besar pria dewasa tentu perlu mewaspadai terjadinya keluhan balanitis.

Penyebab Balanitis Pria Dewasa

Ada banyak kemungkinan penyebab balanitis terjadi, namun umumnya beberapa faktor berikut adalah yang menjadi pemicu atau meningkatkan risiko keluhan tersebut, yaitu:

1. Infeksi Jamur

Infeksi jamur, terutama oleh ragi jenis Candida, adalah salah satu penyebab umum balanitis pada pria dewasa. Jamur ini dapat berkembang biak di daerah yang lembab dan hangat seperti kulup penis.

Faktor seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah, diabetes, atau penggunaan antibiotik jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko infeksi jamur.

2. Infeksi Bakteri

Selain dari jamur, infeksi bakteri juga dapat menjadi pemicu balanitis pada pria dewasa. Bakteri seperti Streptococcus atau Staphylococcus dapat menginfeksi kulit penis dan menyebabkan peradangan. Infeksi bakteri ini dapat terjadi akibat kebersihan yang buruk atau kontak dengan bakteri melalui aktivitas seksual.

3. Faktor Kebersihan

Kondisi kebersihan yang buruk dapat menyebabkan balanitis pada pria dewasa. Kurangnya perawatan kulit penis yang tepat umum di temukan. Misalnya kurangnya pembersihan rutin dan teratur.

Kelembaban tinggi area genital yang tidak terkontrol juga dapat menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri atau jamur. Di tambah iritasi dan akumulasi kotoran (smegma) mudah menimbulkan peradangan.

4. Alergi dan Reaksi Iritasi

Reaksi alergi terhadap bahan kimia tertentu seperti sabun, deterjen, atau bahan karet dalam kondom. Kontak dengan zat iritan dapat menyebabkan peradangan pada kulit penis. Beberapa pria juga mungkin memiliki sensitivitas terhadap produk perawatan pribadi tertentu.

5. Faktor Penyakit Kulit

Kondisi medis kulit seperti dermatitis seboroik, psoriasis, atau eksim di ketahui dapat berkontribusi pada timbulnya balanitis pria dewasa. Kondisi-kondisi ini membuat kulit lebih rentan terhadap peradangan dan infeksi.

Beberapa faktor risiko lain yang dapat meningkatkan kemungkinan pria dewasa terkena balanitis juga termasuk diabetes, obesitas, merokok, sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Balanitis Pria Dewasa2-minAlasan Sunat Direkomendasikan untuk Balanitis

Sunat yaitu pengangkatan kulup penis (preputium) secara bedah, sering kali direkomendasikan sebagai tindakan pencegahan dan pengobatan untuk balanitis pada pria dewasa. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sunat dapat bermanfaat untuk kasus balanitis:

  1. Penghilangan tempat berkembang biak – Kulup penis merupakan area yang lembab dan tertutup, yang menjadi tempat ideal bagi pertumbuhan bakteri, jamur, dan kotoran. Dengan menghilangkan kulup melalui sunat, area ini terbuka dan lebih mudah untuk membersihkan. Ini dapat mengurangi risiko perkembangan infeksi dan peradangan yang terkait dengan balanitis.
  2. Pengurangan risiko infeksi jamur dan bakteri – Tanpa kulup yang menutupi kepala penis, lingkungan lembab yang di perlukan amur dan bakteri untuk berkembang biak menjadi berkurang. Hal ini dapat membantu mencegah infeksi berulang atau terus-menerus.
  3. Faktor kebersihan yang lebih baik – Setelah sunat, perawatan dan pembersihan kulit penis menjadi lebih mudah. Dengan akses yang lebih baik ke kepala penis, pria dapat membersihkan daerah tersebut dengan lebih efektif untuk menghilangkan kotoran.
  4. Tidak ada balanitis berulang – Pria dewasa dengan riwayat balanitis berulang atau balanitis kronis bisa mendapatkan manfaat dari sunat. Dengan sunat, membantu mencegah terjadinya balanitis berulang dengan mengurangi faktor-faktor yang memicu infeksi serta

Sebagian besar dokter akan jauh lebih merekomendasikan sunat sebagai pengobatan balanitis. Karena selain banyaknya manfaat yang di peroleh juga tidak di temukan adanya efek samping dari tindakan tersebut.

Jika mengalami gejala balanitis atau memiliki kekhawatiran terkait, segera konsultasikan dengan dokter ahli Klinik Utama Sentosa untuk diagnosis maupun pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Gejala dan Pengobatan Balanitis yang Harus Kamu Ketahui

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta