Gejala dan Pengobatan Balanitis yang Harus Kamu Ketahui

Gejala dan Pengobatan Balanitis yang Harus Kamu Ketahui

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Gejala utama pada balanitis merupakan kemerahan serta pembengkakan di kepala penis dan juga kulup.

Baca Juga : Apakah Balanitis bisa Sembuh  dengan Sendiri?

Ujung kepala penis tersebut membengkakan bisa menyebabkan saluran kemih tertekan sehingga pasien merasakan nyeri saat buang air kecil.

Balanitis bisa terjadi dari infeksi jamur, meskipun juga bisa di sebabkan dari infeksi bakteri maupun virus. Tetapi, balanitis bukan termasuk infeksi menular seksual dan tidak menular.

Apa Gejala dan Bagaimana Pengobatan Balanitis

Terdapat berbagai tipe gejala dan pemicunya. Pada umumnya, penyakit ini bisa timbul gejala berupa rasa tidak nyaman dan nyeri pada area yang terinfeksi.

Dalam kondisi tersebut bisa terobati dengan krim antijamur, antibiotik, pola hidup yang sehat, serta melakukan khitan/sunat.

Gejala Balanitis (Radang Penis)

Balanitis adalah kondisi inflamasi atau peradangan pada ujung penis atau kepala penis (glans). Gejala yang umum terjadi pada balanitis meliputi:

  • Nyeri atau gatal pada penis
  • Kulit penis yang kemerahan atau bengkak
  • Sekresi atau cairan abnormal dari penis
  • Sulit buang air kecil atau buang air kecil yang menyakitkan
  • Bau tidak sedap pada penis
  • Terdapat luka atau lecet pada kulit penis

Jika Anda mengalami gejala balanitis, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Pengobatan Radang Penis

Pengobatan balanitis tergantung pada penyebabnya. Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk balanitis antara lain:

1. Perawatan Kebersihan

Kebersihan yang baik dapat membantu mengurangi risiko balanitis. Di anjurkan juga untuk membersihkan penis secara teratur dengan sabun ringan dan air.

2. Krim Topikal

Jika balanitis di sebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri, dokter dapat meresepkan krim topikal untuk membantu menghilangkan infeksi tersebut.

3. Antibiotik

Jika balanitis pemicunya dari infeksi bakteri, dokter dapat meresepkan antibiotik untuk membantu menghilangkan infeksi tersebut.

4. Steroid Topikal

Jika balanitis di sebabkan oleh inflamasi, dokter dapat meresepkan krim atau salep topikal yang mengandung steroid. Hal ini bisa membantu mengurangi peradangan dan gejala terkait.

5. Kortikosteroid Oral

Jika balanitis parah atau sulit di obati dengan obat topikal, dokter dapat meresepkan kortikosteroid oral seperti prednison.

6. Pembedahan

Jika balanitis dari fimosis (penutupan lubang penis), dokter juga akan merekomendasikan pembedahan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter segera jika Anda mengalami gejala balanitis untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Terdapat berbagai tipe gejala dan pemicunya. Pada umumnya, penyakit ini bisa timbul gejala berupa rasa tidak nyaman dan nyeri pada area yang terinfeksi. 

Dalam kondisi tersebut bisa terobati dengan krim antijamur, antibiotik, pola hidup yang sehat, serta melakukan khitan/sunat.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Balanitis Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Klinik Spesialis untuk Pengobatan Balanitis

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta