Beda Kondisi Fimosis dan Parafimosis, Perhatikan!

Fimosis dan Parafimosis 1

Kondisi fimosis dan parafimosis keduanya adalah masalah yang terjadi pada kulup atau kulit ujung penis (foreskin) yang menutupi bagian kepala penis.

Ketika seorang pria yang tidak atau belum di lakukan penyunatan atau sirkumsisi, biasanya kedua kondisi tersebut bisa rentan terjadi. Dan dapat menimbulkan masalah kesehatan genital serius jika tak di tangani dengan tepat.

Baca Juga: Temukan Tempat Pengobatan Orkitis Disini!

Perbedaan Antara Fimosis dan Parafimosis

Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan klinis dari kondisi fimosis serta parafimosis yang dapat terjadi pada pria di segala usia.

Fimosis

Merupakan keadaan dimana preputium (foreskin/kulup)dari penis terlalu ketat sehingga tidak dapat di retraksi atau tarik ke belakang untuk mengeluarkan glans penis.

Fimosis di bagi menjadi 2 yaitu:

  • Physiologic fimosis – umum terjadi pada bayi baru lahir, bisa di atasi dengan intermittent retraksi.
  • Pathologic fimosis – terjadi ketika ada kondisi tertentu misalnya scar (bekas luka) atau jaringan parut.

Ciri-ciri fimosis adalah ketika berkemih biasanya kulup bisa mengembang seperti balon. Terkadang di temukan tetesan darah saat selesai berkemih, sakit dan sensitif sentuhan pada area kulup maupun kepala penis, hingga cincin putih yang melingkar seperti bekas luka

Parafimosis

Sedangkan parafimosis merupakan kondisi yang terjadi ketika kulit preputium yang di tarik sampai belakang sulkus tidak dapat kembali seperti semula. Atau dengan kata lain seperti tersangkut pada kelenjar penis.

Kulit kulup yang tersangkut dapat mengakibatkan terbendungnya aliran vena sehingga menjadi pembengkakan atau bahkan kematian jaringan pada kelenjar penis.

Ciri-ciri parafimosis adalah kulup terlalu ketat dan sulit untuk di kembalikan ke posisi awal, bengkak, sakit dan perdarahan, ini juga menyebabkan perubahan warna pada penis akibat sirkulasi darah tertahan.

Fimosis dan Parafimosis 2

Kunjungi Dokter Anda Di Klinik Sentosa

Klinik Sentosa menjadi Klinik Kelamin Jakarta pilihan terbaik bagi Anda dalam menuntaskan keluhan genital khususnya masalah andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual (PMS).

Kami memiliki standarisasi pelayanan terbaik dengan biaya terjangkau, sehingga bisa di dapatkan oleh siapapun yang membutuhkan pengobatan secara medis serta kesembuhan efektif hingga tuntas.

Coba konsultasi gratis melalui chat online, whatsapp, maupun telepon langsung dengan dokter kami!

Baca Juga: Cari Tahu Mengenai Pengertian Fimosis

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta