Bagaimana Cara Mengobati Orchitis

Cara Mengobati Orkitis

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Cara mengobati orchitis tergantung pada penyebabnya. Pengobatan orkitis bertujuan untuk meredakan gejala, mengobati infeksi, dan mencegah infeksi menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Lantas bagaimana cara mengobati orchitis jika anda mengalami gejalanya?

Segera Periksa di klinik kulit kelamin Jakarta terdekat Anda dan dokter akan menjelaskan bagaimana cara mengobati orchitis pada anda dengan baik.

Baca Juga : Gejala Klamidia Pada Pria Dan Wanita

Orchitis

Orkitis atau orkitis adalah peradangan pada salah satu atau kedua buah zakar di dalam skrotum. Penyakit ini bisa membuat buah zakar atau buah zakar membengkak akibat infeksi bakteri atau virus.

Bakteri yang dapat menyebabkan infeksi menular seksual, terutama gonore atau klamidia, juga dapat menyebabkan orkitis. Selain itu, testis yang terinfeksi virus paramyxovirus penyebab penyakit gondongan juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Orkitis bakteri juga dapat menyebabkan epididimitis, yaitu peradangan pada kantung pembuahan atau epididimis, yang terletak di bagian belakang testis. Dalam istilah medis, kondisi ini di kenal sebagai epididymo-orchitis.

Orkitis adalah kondisi menyakitkan yang dapat mempengaruhi kesuburan pria. Sebagian besar kasus gangguan ini dapat di sembuhkan sepenuhnya jika di tangani dengan benar. Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan komplikasi dan sangat jarang menyebabkan kemandulan pada pria.

Penyebab Orkitis

Seperti di jelaskan di atas, penyebab radang testis ini adalah infeksi yang umumnya di sebabkan oleh bakteri dan virus. Untuk mengetahui virus dan bakteri penyebab peradangan, baca dulu penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Pencegahan Klamidia Dan Pengobatan Pada Klamidia

Infeksi bakteri

Ada tiga jenis bakteri yang sering menyebabkan orkitis dan juga penyebab penyakit kelamin lainnya seperti PMS atau penyakit menular seksual, epididimitis dan infeksi saluran kemih. Nama-nama bakteri tersebut adalah Neisseria Gonorrhoeae, E. Coli dan Staphylococcus Sp. Selain bakteri, ada juga penyebab lain dan untuk mengetahui penyebab lainnya, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter.

Infeksi virus

Virus penyebab radang testis adalah virus Paramyxoviruses, yaitu virus penyebab penyakit gondongan. Virus yang sering menyebabkan penyakit gondongan ini bisa menyebar hingga mencapai area testis dan jika sudah menyebar ke area tersebut maka terjadi peradangan. Peradangan ini biasanya di alami oleh anak kecil yang berusia kurang dari 10 tahun.

Gejala Orkitis

Salah satu gejala yang menjadi ciri orkitis adalah nyeri testis. Namun gejala tersebut bisa menjadi gejala penyakit lain, jadi ketika Anda merasakan sakit jangan menyimpulkan bahwa Anda telah terkena radang testis. Selain rasa sakit, radang testis memiliki gejala lain seperti berikut ini.

  • Sperma dengan darah
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Sakit saat buang air kecil
  • testis bengkak
  • Demam
  • Mual dan muntah

Jika gejala tersebut muncul, maka perlu dilakukan pengobatan secara langsung, karena penyakit ini tidak boleh di anggap remeh. Pada kondisi yang parah, testis tidak dapat berfungsi secara maksimal dan potensi kemandulan akan muncul.

Bagaimana cara mengobati orchitis secara tepat dan alami.
Cara Mengobati Orchitis

Cara Mengatasi Orkitis

Jika Anda merasa sedang mengalami gejala Orchitis seperti di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Orkitis yang di biarkan tanpa pengobatan dan pengobatan oleh dokter, dapat menyebabkan kemandulan. Komplikasi lain termasuk atrofi testis (testis mengecil), abses skrotum (pembengkakan skrotum dengan nanah), dan epididimitis berulang.

Untuk pengobatannya sendiri bisa di tentukan berdasarkan penyebab peradangan dan berikut penjelasan pengobatannya.

Infeksi virus

Untuk pengobatan karena virus caranya adalah dengan mendapatkan obat antivirus dan juga pereda nyeri agar gejala peradangan berkurang. Selain itu bisa juga mengompres buah zakar menggunakan air dingin, dokter juga akan menyarankan pasien untuk tidak melakukan hubungan seks selama pengobatan. Pasien juga perlu lebih sering istirahat agar proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Infeksi bakteri

Untuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri, yang dilakukan adalah minum antibiotik dan tidak boleh minum obat jenis lain. Pemberian obat dan juga dosis obat ditentukan oleh dokter dan pasien wajib mengikuti semua petunjuk dokter selama pengobatan masih berlangsung.

Penggunaan obat tidak dapat dihentikan secara tiba-tiba, tetapi obat dapat dihentikan jika telah diizinkan oleh dokter. Jadi, meski peradangan sudah membaik, Anda tetap harus minum obat sampai dokter bilang obatnya sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

Referensi:

  • Hellosehat, 2022 https://hellosehat.com/pria/penyakit-pria/orchitis/
  • Lifepack, 2022 https://lifepack.id/penyakit-orchitis-penyebab-gejala-dan-cara-mengatasi/
| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta