Gejala Klamidia pada Pria dan Wanita

Gejala pada klamidia

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Gejala klamidia pada wanita dan pria bisa berbeda, tetapi rasa sakit atau nyeri saat buang air kecil adalah karakteristik yang umum.

Kondisi penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada 50 persen pria dan 50 persen mengalami gejala, seperti nyeri pada buah zakar, dan keluarnya cairan berwarna putih kental atau encer dari ujung penis. Infeksi tetap terjadi dan dapat menular meskipun gejalanya telah hilang.

Sedangkan pada wanita yang tidak mengalami gejala sekitar 75 persen, dan 25 persen mengalami gejala yang paling umum.

Anda mendapat kan gejala kalmidia segera periksalah di klinik spesialis kelamin terdekat anda.

Baca Juga : 5 Bahaya Penyakit Sifilis! Bisa Menyebabkan Kematian

Definisi Klamidia

Klamidia atau klamidia adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Chlamydia trachomatis. Penyakit ini dapat menyerang pria maupun wanita melalui kontak seksual.

Bakteri Chlamydia trachomatis dapat menginfeksi serviks (leher rahim), saluran kemih, anus, mata, dan tenggorokan. Penyakit ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diobati jika segera diobati sejak awal.

Namun, jika tidak segera di obati, klamidia dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Pasalnya, penyakit klamidia bisa menimbulkan masalah pada sistem reproduksi wanita.

Akibatnya, wanita yang mengidap klamidia berisiko mengalami kesulitan untuk hamil.

Penyebab Klamidia

Klamidia disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis, yang menyebar melalui cairan di organ genital. Seseorang bisa terkena penyakit klamidia jika berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi, terutama jika tidak menggunakan kondom.

Selain hubungan seks vaginal, klamidia juga dapat ditularkan melalui seks oral atau anal, sehingga menyebabkan klamidia di tenggorokan atau dubur.

Dilihat dari cara penularannya, klamidia lebih mungkin terjadi pada orang yang memiliki faktor risiko sebagai berikut:

Apakah Anda pernah memiliki penyakit menular seksual?

Sering berganti pasangan seksual

Gejala Klamidia

Klamidia biasanya tidak menimbulkan gejala. Namun, penderita klamidia masih bisa menularkan penyakitnya kepada orang lain. Saat gejala muncul, biasanya terjadi hanya 1-3 minggu setelah penderita terinfeksi.

Karena organ yang terinfeksi berbeda, gejala klamidia pada pria dan wanita juga bisa berbeda. Berikut penjelasannya:

Baca Juga : Apa itu Klamidia? Berikut Penjelasan Infeksi Menular Seksual Ini

Gejala klamidia pada wanita:

  • Keputihan yang sangat bau
  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Nyeri saat berhubungan seksual dan mungkin mengalami pendarahan vagina sesudahnya

Saat infeksi sudah menyebar, penderita akan merasakan mual, demam, atau nyeri di perut bagian bawah.

Gejala sifilis disebabkan oleh

Gejala klamidia pada pria:

  • Keluar dari penis
  • Luka pada penis terasa gatal atau perih
  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Terasa nyeri atau bengkak pada salah satu atau kedua testis

Baik pada pria maupun wanita, klamidia yang menginfeksi rektum akan menimbulkan rasa sakit yang bisa disertai keluarnya cairan atau darah dari rektum.

Komplikasi Klamidia

Klamidia dapat menyebabkan komplikasi yang berbeda pada pria atau wanita. Sedangkan pada ibu hamil, klamidia dapat menyebabkan komplikasi pada bayi yang akan dilahirkan.

Berikut ini adalah komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit klamidia:

Komplikasi pada wanita

Pada wanita, infeksi klamidia yang tidak diobati dapat menyebar ke rahim dan saluran tuba (saluran tuba), menyebabkan penyakit radang panggul (PID).

Peradangan panggul dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sistem reproduksi wanita. Kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami kemandulan, nyeri berkepanjangan di daerah panggul, dan kehamilan di luar rahim (kehamilan ektopik).

Wanita yang pernah mengalami infeksi klamidia lebih dari satu kali akan lebih berisiko mengalami komplikasi parah pada organ reproduksi.

Komplikasi pada pria

Sedangkan pada pria, klamidia biasanya tidak menimbulkan komplikasi. Namun, bakteri klamidia dapat menginfeksi saluran sperma (epididimis) yang menyebabkan nyeri pada testis dan perut bagian bawah, serta demam dan kemandulan.

Komplikasi bagi ibu hamil dan janin

Janin akan lebih berisiko lahir prematur, karena klamidia meningkatkan risiko ibu hamil mengalami ketuban pecah dini.

Bayi yang lahir dari penderita klamidia cenderung akan memiliki berat badan lahir rendah, dan berisiko terkena pneumonia dan trachoma, infeksi mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

Pada pria dan wanita, infeksi klamidia juga dapat menyebabkan artritis reaktif, reaksi tubuh terhadap infeksi. Klamidia yang tidak segera diobati akan meningkatkan risiko pasien tertular gonore atau HIV/AIDS.

Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

Referensi:

  • Alodokter, 2022 https://www.alodokter.com/chlamydia
  • Halodoc, 2022 https://www.halodoc.com/kesehatan/chlamydia
  • Hellosehat, 2022 https://hellosehat.com/seks/klamidia/penyakit-klamidia/
| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta