Cara Penyembuhan Penyakit Trikomoniasis

Mudahnya Melakukan Pengobatan Trikomoniasis

Cara mengobati Trikomoniasis mudah walaupun dikenal dengan dampak dan mempunyai komplikasi yang berbahaya. Sebelum itu, lebih dahulu mari mengenal apa itu Trikomoniasis?

Penyakit ini adalah salah satu penyakit menular seksual yang di akibatkan dari parasit Trikomoniasis Vagina (TV) yang menyebar melalui hubungan seksual dan dari proses persalinan.

Parasit TV berukuran kecil biasanya menyebar dan di tularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman.

Baca Juga : Apa Pengertian dari Trikomoniasis?

Gejala Trikomoniasis

Jenis penyakit menular seksual (PMS) ini dapat menimbulkan berbagai gejala. Berikut ini ialah gejala yang sering muncul:

  • Adanya rasa gatal dan perih diarea alat kelamin
  • Keluarnya cairan berbau busuk atau tak sedap dari vagina atau penis
  • Sakit pada bagian bawah perut atau sekitar panggul
  • Merasakan nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seksual
  • Ada benjolan di sekitar alat kelamin atau pun di selangkangan

Umumnya, penderita tidak merasakan adanya gejala. Oleh karena itu, di sarankan untuk anda yang sudah aktif melakukan hubungan intim untuk secara rutin memeriksakan diri ke dokter ahli yang terpercaya.

Penyebab Trikomoniasis

Sering berganti pasangan dan memiliki pasangan yang telah terjangkit parasit ini juga faktor lain dari tertularnya penyakit ini.

Namun penyakit ini tidak berpindah atau menyebar kepada pasangan yang melakukan hubungan intim secara oral dan anal. Ciuman dan berbagi peralatan makan pun tidak bisa menyebarkan parasit ini kepada orang lain.

Pencegahan Trikomoniasis

Antipasi penyebaran penyakit ini dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Melakukan hubungan seksual yang aman seperti memakai alat pengaman dan setia pada satu pasangan
  • Menjaga kebersihan alat kelamin
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan alat kelamin secara teratur

Diagnosis Trikomoniasis

Dokter akan memeriksa organ reproduksi pasien untuk memastikan diagnosis yang tepat. Pasien pun akan di minta melakukan pemeriksaan menyeluruh seperti urine atau cairan pada vagina ataupun sperma.

Cara mengobati Trikomoniasis dengan melakukan pengobatan yang tepat pada klinik spesialis penyakit kelamin.
Cara mengobati Trikomoniasis adalah dengan berbagai tes yang dilakukan di Klinik Sentosa Jakarta.

Tes labotarium dilakukan agar memperoleh hasil yang tepat untuk mendapat pengobatan yang efiseien untuk penyakit trikomoniasis ini. Hasil pemeriksaan akan keluar setelah beberapa hari.

Pengobatan Trikomoniasis

Agar memastikan seberapa parah parasit ini telah menyerang diri anda, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik atau bahkan anda menjalani tes-tes labotarium lainnya.

Setelah di ketahui hasil diagnosis yang pasti tentang ke absahan penyakit ini. Dokter kan menyarankan anda melakukan terapi obat.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Trikominiasis Parah

Selain mengkonsumsi obat. Anda akan dilarang minum minuman berakohol dan juga melakukan hubungan intim selama menjalani proses pengobatan bersama pasangan.

 Biasanya waktu untuk proses kesembuhan hanya berlangsung 3 sampi 7 hari. Namun beberapa pasien yang berdaya tahan tubuh lemah bisa menjalani pengobatan lebih dari itu.

Guna mencegah anda mengalami infeksi yang berulang, dokter akan meminta anda untuk memeriksakan pasangan anda juga.

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter professional seperti di Klinik Sentosa Jakarta. Untuk mempermudah komunikasi dan jarak yg ditempuh pasien, klinik spesialis penyakit kelamin ini menyediakan layanan konsultasi online.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta