Sering Kencing di Malam Hari? Jangan Abaikan, Bisa Jadi Pertanda Infeksi Lho

sering kencing di malam hari 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Sering kencing di malam hari, tentunya akan sangat memengaruhi kualitas tidur, dan bahkan dapat menurunkan produktivitas pada siang hari.

Namun, tahukah Anda bahwa kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya masalah pada saluran kemih, seperti infeksi saluran kemih.

Ya, infeksi ini bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita, dan juga dapat di sebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda.

Apa saja faktor yang dapat menyebabkan sering kencing di malam hari? Berikut penjelasannya.

Penyebab Sering Kencing di Malam Hari

Pada umumnya, sering kencing di malam hari dapat di sebabkan oleh kebiasaan minum air putih dalam jumlah banyak sebelum tidur.

Namun, tidak dapat dipungkiri, kondisi ini juga dapat terjadi akibat berbagai faktor yang lebih serius, salah satunya infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi, baik pada pria maupun wanita.

Selain sering kencing di malam hari, kondisi ini juga dapat menyebabkan berbagai ketidaknyamanan lainnya, seperti:

  • Sakit saat buang air kecil
  • Nyeri pada perut bagian bawah
  • Urine berwarna keruh dan berbau menyengat
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil

Namun, perlu di ketahui bahwa meningkatnya frekuensi buang air kecil di malam hari, tidak hanya di sebabkan oleh infeksi.

Namun, dapat di sebabkan oleh berbagai masalah kesehatan lain yang lebih serius, seperti diabetes, sleep apnea, gangguan prostat, atau bahkan gagal ginjal.

Oleh karena itu, jika mengalami gejala yang satu ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, dan jalani pengobatan yang di perlukan.

Apa yang Terjadi Jika Sering Kencing di Malam Hari Tidak Diobati?

Meskipun terlihat sepele, tetapi penting untuk tidak mengabaikan gejala sering kencing di malam hari, terutama jika di sebabkan oleh infeksi saluran kemih.

Pasalnya, kondisi ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan individu yang mengalaminya. Berikut adalah beberapa konsekuensi yang bisa terjadi jika kondisi ini tidak di obati:

1. Kualitas Tidur yang Buruk

Sering terbangun untuk buang air kecil, tentunya dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia.

2. Perburuk kondisi Medis

Jika sering kencing di malam hari di sebabkan oleh penyakit tertentu, tidak mengobatinya dapat menyebabkan kondisi tersebut semakin memburuk.

Misalnya, infeksi saluran kemih. Infeksi yang tidak di obati dapat menyebar ke ginjal, dan dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

3. Kualitas Hidup yang Menurun

Kondisi yang menyebabkan sering kencing di malam hari, jika tidak di obati dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari bantuan medis jika mengalami kondisi ini, terutama jika gejalanya berlanjut atau memburuk.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim medis terpercaya di Klinik Utama Sentosa, untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: 4 Penyebab Kencing Darah pada Pria dan Wanita yang Harus Diwaspadai, Cek Disini Sekarang!

sering kencing di malam hari 2

Konsultasikan Masalah Sering Kencing di Malam Hari dengan Dokter Terpercaya di Klinik Utama Sentosa

Sering kencing di malam hari tidak dapat diabaikan begitu saja, terutama jika disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu.

Seperti yang telah di jelaskan di atas, kondisi ini dapat terjadi akibat berbagai faktor, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius jika tidak di obati.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dan dapatkan pengobatan yang tepat di Klinik Utama Sentosa.

Dengan bantuan dokter dan tim medis yang berpengalaman, serta fasilitas kesehatan yang lengkap dan modern, Anda dapat mengatasi kondisi Anda dengan akurat.

Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi dokter atau tim medis kami, melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat dengan mudah Anda akses, melalui Chat Whatsapp secara gratis, dan tersedia selama 24 jam!⇒ [WhatsApp Dokter]

Ingat! Pastikan untuk terus berkonsultasi dan percayakan kesehatan Anda dengan dokter terbaik kami ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta