Tanda Penyakit Menular Seksual (PMS) pada Wanita yang Sering Tidak Disadari, Cek Sekarang!

tanda penyakit menular seksual 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Mengenal dan memahami tanda penyakit menular seksual, terutama pada wanita, adalah faktor yang sangat penting.

Mengapa demikian? Karena pada sebagian besar kasus, beberapa jenis penyakit menular seksual sering kali tidak menimbulkan tanda yang nyata, terutama pada wanita.

Meski begitu, hal ini tidak boleh diabaikan begitu saja, karena infeksi yang tidak diobati akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya bagi wanita.

Oleh karena itu, mari kita simak tanda-tanda penyakit menular seksual pada wanita dan segera mengatasinya dengan cara yang tepat di bawah ini.

Tanda Penyakit Menular Seksual pada Wanita

Penyakit menular seksual (PMS) merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup umum di alami oleh wanita, terutama yang aktif secara seksual.

Penyakit ini memiliki berbagai jenis penyakit, seperti gonore, klamidia, herpes kelamin, kutil kelamin, sifilis, trikomoniasis, dan berbagai jenis lainnya.

Sayangnya, beberapa jenis penyakit tersebut sering kali tidak menimbulkan gejala yang jelas pada awalnya.

Sehingga, banyak individu yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi salah satu jenis penyakit menular seksual tersebut.

Meski tidak menimbulkan gejala yang nyata, tetapi pada sebagian kasus lainnya, penyakit menular seksual dapat ditandai dengan beberapa gejala berikut:

1. Keputihan Abnormal

Keputihan sering kali menjadi tanda dari berbagai jenis penyakit menular seksual, terutama jika memiliki warna, bau, dan tekstur yang tidak biasa.

2. Nyeri atau Perih saat Buang Air Kecil

Nyeri, perih, atau ketidaknyamanan selama buang air kecil, bisa menjadi tanda dari infeksi saluran kemih ataupun penyakit menular seksual, seperti gonore.

3. Perubahan pada Siklus Menstruasi

Perubahan dalam siklus menstruasi, seperti menstruasi yang tidak teratur dan bisa terjadi lebih ringan atau berat dari biasanya, ini bisa menjadi salah satu gejala infeksi pada vagina.

4. Ruam atau Luka di Area Genital

Ruam, luka, atau lecet di area genital merupakan tanda penyakit menular seksual lainnya, yang dapat disebabkan oleh sifilis, herpes genital, atau kutil kelamin.

5. Nyeri saat Berhubungan Seksual

Ketidaknyamanan atau nyeri saat berhubungan seksual, bisa menjadi salah satu tanda infeksi menular seksual atau penyakit tertentu yang saling berkaitan.

Meski tanda-tanda di atas dapat mengindikasi adanya penyakit menular seksual, tetapi beberapa tanda tersebut juga dapat menandakan penyakit lainnya.

Sehingga, sangat penting untuk menjalani pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter, untuk memastikan apa penyebab pasti dari kondisi yang Anda alami.

Bahaya Jika Penyakit Menular Seksual Tidak Ditangani

Jika penyakit menular seksual pada wanita tidak di tangani dengan pengobatan yang tepat, maka berbagai masalah kesehatan yang lebih serius dapat terjadi.

Berikut adalah bahaya yang dapat muncul akibat penyakit menular seksual pada wanita tidak diobati, antara lain:

  • Infertilitas (kemandulan)
  • Gangguan kehamilan
  • Penyakit radang panggul (PID)
  • Radang serviks
  • Penyebaran infeksi ke organ internal

Dengan memahami bahaya yang bisa terjadi akibat penyakit menular seksual, penting bagi setiap individu untuk melakukan pemeriksaan dan mengambil langkah-langkah yang tepat.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dan tim medis terpercaya di Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: Mari Identifikasi Masalah Bentol di Bibir Vagina dan Temukan Solusinya Disini!

tanda penyakit menular seksual 2

Pemeriksaan Penyakit Menular Seksual Secara Rutin di Klinik Utama Sentosa

Bagi individu yang berisiko, pemeriksaan penyakit menular seksual merupakan langkah penting yang perlu dilakukan secara rutin.

Dengan pemeriksaan secara rutin, Anda dapat mengetahui berbagai tanda penyakit menular seksual sejak dini, meskipun tidak menimbulkan gejala sekalipun.

Anda dapat menjalani pemeriksaan dengan bantuan dokter yang berpengalaman dan fasilitas medis yang lengkap dan modern di Klinik Utama Sentosa.

Tenang! Biaya pemeriksaan akan sangat terjangkau, tetapi hasil pemeriksaan akan tepat dan akurat.

Selain itu, ketika menjalani pemeriksaan, Anda akan merasa nyaman dan tenang, karena kami akan selalu memberikan layanan kesehatan berstandar tinggi yang mengutamakan:

  • Kesehatan
  • Kenyamanan
  • Kebutuhan
  • Privasi

Jika Anda mengalami penyakit menular seksual atau berisiko mengalaminya, segeralah konsultasikan keluhan Anda dengan dokter melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat memudahkan Anda untuk berkonsultasi melalui Chat Whatsapp, yang beroperasi secara gratis, selama 24 jam!⇒ [WhatsApp Dokter]

Ingat! Pemeriksaan dan pengobatan yang tepat, merupakan langkah penting dalam mengatasi penyakit ini.

Jadi, selalu pastikan dan percayakan kesehatan reproduksi Anda dengan dokter dan tim medis terbaik kami ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta