Cara Menyembuhkan Herpes Bagaimana Langkahnya

Cara Menyembuhkan Herpes Bagaimana Langkahnya

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Saat ini, belum ada cara menyembuhkan herpes untuk mematikan virusnya secara total dari tubuh dan hanya ada pengobatan untuk mengurangi gejalanya saja.

Baca Juga : Herpes di Bibir Memang Bisa, Yuk Cari Jawabannya!

Herpes merupakan jenis penyakit kulit yang bisa menyerang tubuh manusia karena adanya virus herpes simplex. Ada beberapa jenis pada virus tersebut dan juga memiliki beberapa jenis yang berbeda.

Selain berbagai macam tipenya, untuk ciri-cirinya yang timbul juga bisa berbeda pula. Virus ini juga bisa sembuh selama kita menjaga daya tahan tubuh. Seperti apa metode penyembuhannya, intip artikel ini.

Cara Menyembuhkan Penyakit Herpes

Jika seseorang masih mengalami tahap yang tidak terlalu parah. Maka tidak perlu melakukan pengobatan secara medis, meskipun sangat penting sekali berobat ke dokter apapun jenis tahapannya.

Walaupun sudah banyak artikel yang menyebarkan informasi tentang pengobatan secara alami. Namun, penyakit ini sebenarnya tidak bisa di sembuhkan secara mandiri, perlu ada pengawasan ahli medis.

Virus herpes tetap berada dalam tubuh seumur hidup dan dapat menyebabkan serangan berulang. Namun, terdapat beberapa metode yang dapat membantu mengurangi gejala dan frekuensi serangan herpes.

Berikut adalah beberapa metode yang umum digunakan:

1. Obat antivirus oral

Obat antivirus oral dapat di resepkan oleh dokter untuk mengurangi durasi dan keparahan serangan herpes. Penggunaan obat ini biasanya efektif jika diminum segera setelah timbulnya gejala atau pada awal serangan.

Dokter mungkin juga meresepkan obat antivirus untuk pencegahan serangan berulang pada individu yang sering mengalami serangan herpes.

2. Obat antivirus topikal

Obat antivirus topikaldapat di terapkan langsung pada lesi herpes untuk membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi gejala.

Namun, obat antivirus topikal umumnya lebih efektif jika digunakan pada tahap awal serangan sebelum lepuh pecah.

3. Terapi pengobatan alternatif

Beberapa orang mencoba terapi pengobatan alternatif. Seperti penggunaan salep atau minyak esensial, propolis, atau suplemen herbal, untuk membantu mengurangi gejala dan mempercepat penyembuhan herpes.

Namun, bukti ilmiah tentang keefektifan metode ini terbatas. Dan harus melakukan berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum mencoba terapi pengobatan alternatif.

4. Perawatan mandiri

Selain obat-obatan, menjaga kesehatan tubuh secara umum juga penting. Hal ini termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat melalui pola makan seimbang, istirahat yang cukup, dan mengelola stres.

Menjaga area yang terinfeksi tetap bersih dan kering, menghindari kontak langsung dengan lesi, dan menggunakan kondom saat berhubungan seks.

Hal tersebut juga merupakan langkah-langkah penting dalam mengurangi risiko penularan virus kepada pasangan seksual.

Perlu Anda ingat, bahwa pengobatan secara mandiri berguna untuk membooster dari pengobatan secara medis agar cepat pulih. Itulah beberapa cara menyembuhkan penyakit herpes yang perlu di ketahui.

Komplikasi Penyakit Herpes

Herpes dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang mungkin terjadi baik pada pria maupun wanita. Berikut adalah beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat infeksi herpes, antara lain:

  • Terjadinya penularan kembali
  • Adanya penyebaran infeksi
  • Luka atau lesi terbuka terinfeksi
  • Komplikasi yang terjadi pada bayi
  • Mengalami meningitis herpetik
  • Mengalami reaksi autoimun
Ada beberapa jenis pada virus tersebut dan juga memiliki beberapa jenis yang berbeda.

Selain berbagai macam tipenya, untuk ciri-cirinya yang timbul juga bisa berbeda pula. Virus ini juga bisa sembuh selama kita menjaga daya tahan tubuh.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Penyakit Herpes Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Mitos atau Fakta Apakah Herpes bisa Sembuh Total?

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta