Cari Tahu Penyebab dari Kutil Kelamin

Hindari Penyebab Kutil Kelamin

Umumnya, penyebab kutil kelamin yang utama ialah human papillomavirus (HPV). Virus ini dapat menyebar melalui hubungan seksual yang tidak sehat seperti berganti pasangan dengan tanpa pengaman (kondom).

Virus ini dapat menularkan orang lain baik dari hubungan seksual anal (rektum/anus) maupun oral (mulut). Dengan gejala yaitu benjolan kecil pada area kemaluan dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga : Obat yang bisa Menyembuhkan Kutil Kelamin

Infeksi dari virus ini dapat berpotensi menjadi penyebab kanker serviks bagi wanita yang sudah aktif dalam melakukan hubungan intim.

Penyebab Kutil Kelamin

Ada banyak faktor penyakit ini bisa menyebar. Sebagaian PMS atau IMS mempunyai pola yang sama dalam penyebarannya, termasuk penyakit kutil kelamin. Berikut contoh-contoh penyebaran penyakit ini:

  • Penyakit kutil kelamin dapat menyebar lewat hubungan seksual, termasuk seks oral dan anal.
  • Manusia yang melakukan seks bebas (berhubungan seksual lebih dari satu pasangan) kesempatan untuk tertular virus HPV ini akan jauh lebih banyak.
  • Berhubungan seks dengan sesame atau berbeda jenis kelamin tanpa memakai pengaman
  • Penggunaan alat suntik secara bergantian seperti tato atau narkoba yang menggunakan alat suntik
  • Transfusi darah yang tidak disaring atau dites secara benar
  • Wanita melahirkan yang terinfeksi virus HPV
Virus ini dapat menyebar melalui hubungan seksual yang tidak sehat seperti berganti pasangan dengan tanpa pengaman (kondom).
Berhubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan adalah hal yang dapat memicu terjangkitnya HPV.

Gejala Kutil Kelamin

Sejatinya, tidak semua kuntil yang timbul pada lapisan kulit manusia dapat dikatakan kutil kelamin. Beberapa mungkin hanya kutil biasa yang bahkan tidak berbahaya. Pun kutil kelamin pada umumnya tidak menimbulkan gejala apapun. Mungkin untuk beberapa penderita yang mengalami gejala akan terasa seperti rasa sakit, gatal atau terbakar pada kutil tersebut. Untuk wanita, jika terdapat kutil kelamin pada vagina akan menyebabkan pendaharan atau keputihan yang bersifat tidak normal.

Baca Juga : Pemeriksaan Kutil Kelamin di Dokter Ahli

Kutil kelamin dapat terjadi dibeberapa tempat seperti dikemaluan (penis, vagina atau anus) dan beberapa bagian tubuh lainnya. Jika penderita melakukan hubungan oral seks, maka kutil akan berada dibibir, mulut, lidah atau bahkan tenggorokan.

Anda bisa ke klinik terpercaya untuk penyakit dalam seperti Klinik Sentosa Jakarta. Anda juga dapat mengkonsultasikan keluhan anda dan berkonsultasi secara gratis.

Karena, klinik spesialis penyakit kelamin ini menyediakan layanan konsultasi online. Anda juga akan mendapat penangan medis secara efektif menggunakan alat modern dan terbaru.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta