Ciri-Ciri Pembesaran Prostat Jinak Ini Perlu Anda Waspadai, Perhatikan 6 Daftarnya Disini!

ciri-ciri pembesaran prostat 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Pembesaran prostat jinak (BPH) merupakan masalah kesehatan kelamin yang umum terjadi pada pria, terutama pada pria berusia lanjut.

Penyakit ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan jika tidak di tangani dengan baik, dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang lebih serius.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pria untuk mengetahui dan mewaspadai ciri-ciri pembesaran prostat jinak di bawah ini.

Apa Itu Pembesaran Prostat Jinak (BPH)?

Pembesaran prostat jinak atau Benign prostate hyperplasia (BPH), merupakan kondisi yang terjadi ketika kelenjar prostat mengalami pembesaran.

Pembesaran prostat biasanya akan terjadi pada dua periode, yaitu pada saat pertama pubertas dan pada saat memasuki usia 25 tahun.

Pada saat periode kedua inilah pembesaran prostat jinak biasanya terjadi. Kelenjar prostat yang membesar, dapat menyebabkan dinding kandung kemih membengkak dan menyempit.

Sehingga, kemampuan untuk membuang urine dari kandung kemih akan melemah dan semakin sulit.

Ciri-Ciri Pembesaran Prostat Jinak

Pada umumnya, pembesaran prostat jinak di tandai dengan gangguan pada saat buang air kecil, yang terjadi akibat penyempitan dinding kandung kemih.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri pembesaran prostat jinak yang umum terjadi dan perlu Anda waspadai, antara lain:

1. Nyeri dan Kesulitan saat buang air kecil

2. Kesulitan untuk menghentikan aliran urine saat buang air kecil

3. Aliran urine tersendat-sendat dan lemah, sehingga merasa tidak tuntas

4. Frekuensi buang air kecil meningkat saat malam hari

5. Urine berbau menyengat dan berwarna keruh

6. Nyeri parah pada perut bagian bawah

Mengetahui ciri-ciri pembesaran prostat jinak tersebut, merupakan langkah awal yang penting dalam mendeteksi penyakit ini sejak dini dan memulai perawatan yang tepat.

Jika Anda mengalami ciri-ciri di atas, sangat di sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter andrologi terpercaya di Klinik Utama Sentosa.

Pengobatan Medis untuk Mengatasi Pembesaran Prostat Jinak

Setelah mengetahui ciri-ciri pembesaran prostat jinak, setiap pria yang mengalaminya perlu segera mencari bantuan medis segera.

Dokter akan memberikan pengobatan medis, yang dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan kesehatan setiap pasien.

Berikut adalah beberapa pengobatan medis yang mungkin akan di berikan oleh dokter, untuk mengatasi pembesaran prostat jinak, antara lain:

1. Obat-obatan

Dokter mungkin akan memberikan beberapa resep obat-obatan, yang dapat membantu mengecilkan prostat.

Obat-obatan yang di berikan juga akan membantu mengurangi gejala atau ciri-ciri pembesaran prostat jinak yang di alami pasien.

2. Operasi

Jika obat-obatan tidak dapat membantu mengatasi pembesaran prostat, maka dokter mungkin akan merekomendasikan untuk mengatasinya dengan operasi.

Beberapa metode operasi dapat di lakukan dengan fungsi yang berbeda, tergantung pada kondisi yang di alami pasien.

Baca Juga: Kenali, Ini 3 Gangguan Prostat Pada Pria, No. 1 Paling Sering Terjadi!

ciri-ciri pembesaran prostat 2

Perawatan Mandiri Setelah Pengobatan Pembesaran Prostat Jinak

Dalam mengatasi kondisi ini, tidak hanya mengenali ciri-ciri pembesaran prostat jinak dan menjalani pengobatan yang begitu penting.

Namun, menjalani perawatan mandiri setelah pengobatan, juga merupakan langkah penting yang perlu Anda lakukan.

Apa saja perawatan mandiri yang perlu di lakukan setelah pengobatan? Berikut beberapa langkahnya:

1. Menjaga dan menerapkan gaya hidup yang sehat

2. Mencukupi cairan tubuh setiap hari

3. Hindari menahan buang air kecil dalam jangka waktu yang lama

4. Menghindari makanan dan minuman yang menjadi pemicu

5. Rutin memeriksakan diri

6. Perhatikan tanda-tanda kekambuhan dan komplikasi yang mungkin terjadi

Dengan menjalani beberapa perawatan mandiri setelah pengobatan, maka setiap pasien dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya kekambuhan dan komplikasi yang serius.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau mengalami beberapa ciri-ciri pembesaran prostat tersebut, segeralah konsultasikan dengan dokter terbaik di Klinik Utama Sentosa.

Anda akan di tangani langsung oleh dokter dan tim medis yang berpengalaman. Sehingga, pengobatan dan perawatan yang di berikan akan tepat dan sesuai.

Jangan ragu, karena peralatan medis yang di gunakan akan steril, modern, dan lengkap. Selain itu, biaya pengobatan akan sangat terjangkau.

Jadi tunggu apalagi? Silahkan tanyakan dan konsultasikan pada dokter melalui layanan Konsultasi Dokter Online, yang tersedia melalui Chat Whatsapp.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini beroperasi selama 24 jam dan gratis! Jadi, ini dapat memudahkan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter terpercaya kapan saja dan di mana saja.⇒ [WhatsApp Dokter]

Ingat! Selalu percayakan kesehatan Anda dengan dokter dan tim medis terbaik di klinik kami ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta