Coba Cek, Testis Sakit Sebelah Kiri Apakah Ini Tanda Torsio Testis atau Varikokel?

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Sakit pada testis sebelah kiri bisa menjadi pengalaman yang mengkhawatirkan bagi banyak pria.

Iya, ketika rasa sakit di rasakan, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah ini merupakan tanda infeksi atau masalah kesehatan seperti torsio testis atau varikokel?.

Memahami penyebab potensial dan gejala yang terkait sangat penting untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menangani kondisi ini.

Oleh karena itu, mari kita ungkap lebih mendalam dalam pembahasan kali ini agar Anda bisa mengenali atau cek kondisinya sedini mungkin.

Apa yang Mungkin Menyebabkan Testis Sakit Sebelah Kiri?

Tentu saja, ada beberapa kemungkinan penyebab dari rasa sakit pada testis sebelah kiri yang mungkin sedang Anda alami, di antaranya adalah:

1. InfeksiAndrologi

Epididimitis (peradangan pada epididimis, saluran di belakang testis) atau orchitis (peradangan pada testis itu sendiri) mungkin Anda alami.

Ini adalah penyebab umum dari rasa sakit pada testis yang bisa di akibatkan oleh infeksi bakteri atau virus yang masuk ke organ reproduksi bagian dalam pria.

2. Torso Torsion

Kondisi ini terjadi ketika testis berputar di dalam skrotum, mengganggu aliran darah dan menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Torsion testis merupakan keadaan darurat medis yang memerlukan penanganan dokter ahli andrologi di Klinik Utama Sentosa Jakarta segera.

3. Cedera atau Trauma

Tak jarang, benturan atau cedera pada testis atau area sekitarnya bisa menyebabkan rasa sakit yang signifikan.

4. Varikokel

Varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah di skrotum yang disebabkan oleh pembesaran vena di dalam skrotum.

Ini bisa menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada testis.

Gejala yang Mungkin Anda Alami

Gejala yang mungkin terjadi bersamaan dengan rasa sakit pada testis sebelah kiri umumnya akan termasuk:

1. Nyeri atau ketidaknyamanan yang menjalar ke perut bagian bawah atau panggul.

2. Pembengkakan atau kemerahan pada skrotum.

3. Demam, menggigil, atau gejala flu (jika disebabkan oleh infeksi).

4. Nyeri saat buang air kecil atau ejakulasi.

5. Perubahan pada ukuran atau tekstur testis.

Ingat! Jika Anda mungkin merasakan salah satu gejala seperti di atas beserta kondisi yang mencurigakan di area testis atau buah zakar.

Segeralah mncari bantuan dan konsultasi medis dokter berkompeten di Klinik Utama Sentosa agar penanganannya lebih tepat.

Ilustrasi testis sakit di sebelah kiri pada pria

Langkah Penting Pengobatan Testis Sakit Sebelah Kiri di Klinik Utama Sentosa

Testis sakit sebelah kiri bisa menjadi tanda infeksi atau masalah kesehatan lainnya yang memerlukan perhatian medis.

Ingat, jangan mengabaikan gejala tersebut atau mencoba mengobatinya sendiri!

Jika Anda mengalami rasa sakit pada testis sebelah kiri, silahkan Konsultasi Dokter Online profesional di Klinik Utama Sentosa yang berkualifikasi. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tim medis berpengalaman kami dapat melakukan pemeriksaan fisik serta tes tambahan, seperti tes urine atau tes darah untuk menentukan penyebab pastinya.

Layanan kami juga hadir dengan kemudahan akses WhatsApp gratis yang menunjang mobilitas Anda, coba klik dan diskusikan solusinya sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Tenang! Anda akan jauh lebih tertangani secara intensif, personal, efektif, serta memberikan hasil klinis yang teruji untuk kesembuhan optimal.

Baca Juga: Bahaya! 4 Penyakit pada Testis yang Mengganggu Kesuburan Pria

Kesehatan genital adalah aspek prioritas untuk kesejahteraan pria. Yuk cegah masalah testis lebih parah seiring waktu dan atasi komplikasinya sedini mungkin!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta