Epididimo Orkitis Adalah: Ini Penjelasannya!

Epididimo Orkitis Adalah 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Epididimo orkitis adalah kondisi medis yang seringkali menimbulkan rasa sakit pada skrotum dan testis pria. Dalam Jangka panjang, keluhan dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Baca Juga: Gambar Penyakit Orkitis Klinis dan Pencitraan Radiologi

Sehingga, penjelasan dan pembahasan kali ini akan memuat informasi terkait pengertian epididimo orkitis, gejala yang mungkin di alami. Hingga penyebab dari munculnya kondisi medis ini pada seorang pria.

Pengertian Epididimo Orkitis

Epididimo orkitis adalah peradangan yang terjadi pada bagian epididimis sekaligus testis, struktur letak keduanya dapat di katakan menyatu, dimana tabung epididimis terletak di belakang testis.

Epididimis memiliki peran penting dalam penyimpanan dan transportasi sperma. Sedangkan testis adalah tempat dimana produksi sperma pria di hasilkan. Kombinasi keduanya menghasilkan kondisi yang di sebut epididimo orkitis, di mana peradangan merambat dari epididimis ke testis ataupun sebaliknya.

Gejala pada Epididimo Orkitis Adalah

Kondisi medis ini dapat menimbulkan sejumlah gejala yang umumnya terasa pada satu sisi area. Gejala yang sering terkait dengan kondisi keluhan epididimo orkitis adalah:

1. Nyeri Skrotum: Rasa sakit yang parah pada skrotum adalah gejala utama epididimo orkitis. Nyeri ini bisa tiba-tiba muncul atau berkembang secara perlahan.

2. Pembengkakan dan Kemerahan: Skrotum yang terkena mungkin mengalami pembengkakan dan perubahan warna menjadi lebih merah.

3. Demam dan Malaise: Beberapa penderita juga dapat mengalami demam, mual, dan merasa lemah atau tidak enak badan secara umum.

4. Nyeri saat Buang Air Kecil: Kadang-kadang, kondisi keluhan dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil atau mengalami dorongan sering buang air kecil.

5. Nyeri saat Hubungan Seksual: Aktivitas seksual juga dapat menjadi nyeri bagi penderita epididimo orkitis.

Penyebab Terjadinya Keluhan

Penyebab epididimo orkitis umumnya terkait dengan infeksi, yang bisa berasal dari berbagai sumber. Beberapa penyebab umum keluhannya meliputi:

1. Infeksi Bakteri

Infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia dan gonore, atau infeksi lainnya dapat merambat ke epididimis dan testis.

2. Virus

Meskipun jarang, beberapa jenis virus seperti virus parotitis (virus gondongan) dapat menyebabkan epididimo orkitis.

3. Trauma atau Cedera

Cedera pada skrotum atau daerah genital juga dapat menjadi penyebab epididimo orkitis.

4. Prosedur Medis

Beberapa prosedur medis seperti kateterisasi urin atau biopsi testis juga dapat meningkatkan risiko infeksi dan peradangan.

Setiap penyebab keluhan tersebut akan membutuhkan penanganan yang berbeda, jadi pastikan dengan baik penyebab keluhannya melalui diagnosa medis. Pemeriksaan bisa di lakukan dengan dokter berkompeten di Klinik Utama Sentosa guna diagnosis dan pengobatan klinis yang akurat.

Epididimo Orkitis Adalah 2Pencegahan yang Anda Perlukan

Pencegahan penyakit andrologi ini melibatkan praktik seksual yang aman, perawatan infeksi saluran kemih, dan perlindungan diri dari cedera genital. Selanjutnya, pengobatan akan melibatkan pemberian antibiotik jika penyebabnya adalah infeksi bakteri.

Selain itu, cobalah untuk menerapkan istirahat cukup, kompres dingin, dan penggunaan obat pereda nyeri yang membantu mengurangi gejala. Ketersediaan obat ini bisa Anda dapatkan melalui pemeriksaan dokter  Klinik Utama Sentosa sebagai langkah utamanya.

Baca Juga: Orkitis Adalah Gangguan Reproduksi Pria

Pengobatan Epididimo Orkitis di Klinik Utama Sentosa

Dapat di simpulkan bahwa penyakit andrologi ini adalah kondisi yang bisa sangat mengganggu dan menyakitkan. Penting untuk segera berkonsultasi dengan profesional medis Klinik Utama Sentosa jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan.

Dengan diagnosis yang tepat dan pengobatan sesuai, banyak penderita dapat pulih sepenuhnya dari epididimo orkitis di klinik kami. Mengingat bahwa layanan kesehatan genital pria dan wanita menjadi spesialisasi penanganan yang kami hadirkan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pilihan Penanganan Medis Terbaik di Klinik Utama Sentosa

1. Dokter dan staff medis berkompeten dan berpengalaman

2. Prioritas kesembuhan yang lebih optimal (tidak hanya menghilangkan gejala)

3. Membangun kepercayaan dan privasi pasien yang terjaga

4. Alat medis penunjang yang modern, lengkap, dan terkini

Pencegahan adalah langkah yang baik, namun ingat juga bahwa pengobatan adalah bagian penting  untuk di lakukan. Jangan tunda atau abaikan keluhan seputar organ genital, semakin cepat keluhan di tangani maka semakin baik proses penyembuhan yang di butuhkan. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Saat ini, layanan terbaik dari Klinik Utama Sentosa juga hadir dengan kemudahan konsultasi dokter online 24 jam. Tanyakan lansung pada  dokter sekarang, akses layanan yang tersedia secara online di klinik kami tersedia secara gratis!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta