Apakah Balanitis bisa Sembuh  dengan Sendiri?

Apakah Balanitis bisa Sembuh  dengan Sendiri

Banyak yang mempertanyakan, apakah balanitis bisa sembuh sendiri? Beberapa penyakit kelamin bisa terjadi kepada manusia dari segala usia.

Baca Juga : Metode Pengobatan Balanitis Terbaik di Jakarta

Seperti jenis penyakit balanitis ini. Mari simak penjelasan lebih lanjutnya!

Balanitis bisa Sembuh dengan Sendiri

Penyakit melular seksual (PMS) atau yang sekarang dikenal dengan infeksi menular seksual (IMS) adalah suatu penyakit atau infeksi menular.

Yang biasa ditularkan oleh mikroorganisme langsung dari si penderita kepada orang lain melalui berhubungan seks atau dengan cara tidak langsung melalui alat suntik, transfusi darah dan makanan.

Balanitis adalah penyakit peradangan pada ujung kulup penis pria. Umumnya penyakiti ini disebabkan karena candida albicans.

Kurangnya kebersihan alat kelamin adalah faktor utama penyakit ini muncul. Terutama bagi laki-laki yang belum khitan (sunat).

Dengan melakukan sunat, sudah pasti balanitis akan sembuh dengan sendiri karena terhindar dari bakteri, selain itu sunat merupakan bentuk dari kebersihan dan kesehatan diri,

Hal ini dikarenakan ujung kulup penis bisa menjadi tempat hinggap dan berkembangnya bakteri. Meskipun penyakit ini bisa dibilang penyakit kelamin yang tidak serius.

Namun, seseorang pria yang terinfeksi beberapa bakteri, virus atau jamur yang menjadi penyebab utama balanitis bisa menularkan bakteri, virus atau jamur lainnya.

Gejala Balanitis

Penyakit ini bisa saja muncul dengan tiba-tiba. Namun ada beberapa gejala yang umum dirasakan oleh penderita balanitis.

  • Adanya bercak kemerahan di kepala atau kulup penis.
  • Terdapat luka lepuh sampai iritasi pada alat kelamin pria
  • Merasakan nyeri dan gatal karena terdapat iritasi pada kulup penis
  • Kemerahan pada penis yang menyebabkan rasa gatal hingga pembengkakan pada penis
  • Adanya benjolan di area selangkangan akibat pembengkakan kelenjar getah bening
  • Nyeri pada penis saat buang air kecil

Namun, untuk menentukan penyebab yang lebih tepat. Penderita disarankan segera berkonsultasi dengan dokter ahli jika merasakan gejala-gejala seperti diatas.

Kesembuhan Pasien Balanitis

Balanitis adalah penyakit peradangan pada ujung kulup penis pria. Umumnya penyakiti ini disebabkan karena candida albicans.
Balanitis memerlukan pengobatan, meskipun bisa sembuh dengan sendiri

Umumnya, penyakit ini juga biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Dengan pembersihan kulup penis secara benar.

Namun, diperlukan upaya pencegahan lain yang tepat agar balanitis tidak kambuh dilain waktu.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah agar tidak terkena balanitis:

  • Menghindari sabun atau zat kimia pada area alat kelamin. Jika ingin menggunakan sabun, carilah sabun yang mengandung bahan yang tepat untuk membersihkan alat kelamin yang sensitif
  • Bersihkan alat kelamin menggunakan air hangat
  • Jangan lupa untuk selalu menjaga alat kelamin bersih dengan cara mengeringkannya supaya tidak lembab dan menyebabkan bakteri atau jamur berkembang
  • Bila penyakit sudah menyerang, krim antibiotik dapat mengobati luka yang ada pada area kelamin.

Jika cara pencegahan sudah dilakukan dan Anda merasakan adanya gejala balanitis. Disarankan untuk segera menghubungi dokter ahli dalam bidangnya.

Dokter yang professional akan melakukan pemeriksaan secara efektif guna menemukan penyebab dan melakukan pengobatan selanjutnya.

Baca Juga : Cari Tahu Ciri Ciri Balanitis akan Sembuh

Klinik spesialis penyakit kelamin terbaik ini selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sangat maksimal agar seluruh pasien dapat tersembuhan dari berbagai permasalahan penyakit dan infeksi pada kelamin.

Untuk mempermudah konsultasi kesehatan pasien, Klinik Sentosa Jakarta mengadakan konsultasi online via whatsapp.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta