Apa itu Klamidia? Berikut Penjelasan Infeksi Menular Seksual Ini

Apa itu klamidia

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Salah satu jenis penyakit menular seksual yang terjadi karena adanya hubungan intim tanpa adanya pengaman seperti kondom adalah kalmidia. Nah, berikut ini beberapa detail informasi mengenai apa itu klamidia, gejala, penyebab, serta pengobatannya.

Apa itu Klamidia?

Chlamydia merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang cukup umum dan sering di jumpai. Penyakit ini dapat menginfeksi baik pria maupun wanita. Meski merupakan jenis gangguan kesehatan yang mudah diatasi, klamidia jangan disepelekan.

Jika tidak diobati dan tidak diobati, gangguan ini dapat merusak sistem reproduksi wanita berupa penyakit radang panggul, yang membuat kehamilan lebih sulit di kemudian hari.

Klamidia juga bisa menyebabkan kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim yang bisa berakibat fatal.

Baca Juga : Pencegahan Gonore Dapat Dilakukan Dengan Cara Ini

Selain itu, klamidia yang tidak ditangani dengan baik berisiko menyebabkan kelahiran prematur dan infeksi mata yang dapat menyebabkan kebutaan dan pneumonia pada bayi baru lahir.

Penyakit klamidia tidak bisa diatasi dengan sendiri, jika kamu mengalami penyakit ini segeralah datang ke dokter untuk menjalani pengobatan pada penyakit ini dan carilah klinik kulit kelamin yang berkualitas dalam pelayanannya.

Gejala Klamidia

Kebanyakan orang yang terinfeksi klamidia tidak memiliki gejala yang signifikan. Meski tidak ada gejala khusus, infeksi tetap berbahaya dan dapat merusak sistem reproduksi.

Pada Wanita

Gejala yang biasanya terjadi pada wanita antara lain:

  • Keputihan yang tidak normal
  • Terbakar atau nyeri saat buang air kecil (BAK)
  • Nyeri saat haid
  • Perdarahan di antara siklus menstruasi
  • Sakit perut dan demam
  • Sakit saat berhubungan seks
  • Gatal atau rasa terbakar di dalam atau di sekitar vagina

Pada Pria

Gejala pada pria biasanya meliputi:

  • Keluarnya cairan bening atau sedikit keruh dari penis
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Terbakar dan gatal di ujung penis
  • Rasa nyeri dan bengkak pada salah satu atau kedua skrotum

Gejala lain juga bisa muncul di rektum (daerah di ujung usus besar sebelum anus) jika mereka yang terinfeksi klamidia melakukan seks anal.

Baca Juga : Perhatikan 5 Bahaya Penyakit Sifilis! Bisa Menyebabkan Kematian

Pengobatan Klimidia

Penyakit menular seksual akibat klamidia dapat di obati dengan pengobatan yang tepat. Dokter akan memberikan antibiotik. Penggunaan obat ini harus di awasi oleh dokter.

Penting untuk meminum obat secara teratur sampai habis agar benar-benar terbebas dari infeksi bakteri ini dan terhindar dari komplikasi. Infeksi berat mungkin memerlukan rawat inap untuk antibiotik.

Penyebab Klamidia

Penyebaran infeksi bakteri klamidia sebagian besar melalui hubungan seksual tanpa pelindung dan tanpa pelindung, baik melalui vagina, anal, maupun oral. Infeksi ini juga dapat menyebar ke bayi melalui persalinan.

Berhati-hatilah jika Anda telah terinfeksi karena bukan berarti seseorang akan memiliki antibodi. Di sisi lain, jenis infeksi ini juga bisa kambuh.

Apa itu klamidia

Pencegahan Klamidia

Untuk mencegah penularan klamidia, siapa pun Anda, ada baiknya memakai pelindung saat berhubungan seks. Apalagi jika seseorang tergolong berisiko atau pernah mengalami infeksi klamidia. Hindari berhubungan seks saat Anda terinfeksi dan dalam pengobatan.

Pastikan Anda benar-benar sembuh, sebelum berhubungan seks lain kali. Jika perlu, Anda bisa melakukan tes laboratorium terlebih dahulu. Demi keselamatan pasangan seksual Anda, serta keselamatan Anda sendiri.

Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

    | |

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Reservasi Online

    Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
    Chat Dokter
    Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta