Jangan Anggap Remeh Komplikasi dari Epididimitis

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Epididimitis yang tidak segera di obati kemungkinan akan mengalami komplikasi dalan jangka waktu yang panjang.

Baca Juga : Jangan Biarkan Penyebab Penyakit Epididimitis

Untuk itu apabila Anda merasakan tanda gejala dari infeksi ini. Secepatnya untuk mencari klinik kelamin supaya bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Infeksi ini terjadi karena epididimis meradang akibat bakteri. Bagian ini merupakan organ tabung yang melingkari sisi atas belakang buah zakar.

Organ ini memiliki fungsi untuk menyimpan dan mengangkut sperma menuju saluran reproduksi saat ejakulasi terjadi.

Komplikasi yang Terjadi dan Uji Tes pada Epididimitis

Epididimitis merupakan peradangan pada bagian epididimis. Jika tidak mendapatkan pengobatan, ada kemungkinan untuk mengalami komplikasi yang dalam jangka panjang.

Komplikasi Radang Epididimis

Komplikasi epididimitis dapat meliputi di antaranya adalah:

Baca Juga:  Mengalami Impotensi Atasi Segera ke Dokter Ahlinya

1. Infertilitas

Jika radang epididimis tidak terobati, maka dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada epididimis dan juga menghambat produksi sperma.

Hal ini dapat menyebabkan infertilitas atau ketidakmampuan untuk memiliki anak.

2. Abses

Apabila mengalami peradangan yang parah dapat menyebabkan pembentukan abses pada skrotum. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit serta memerlukan intervensi medis yang lebih intensif.

3. Peradangan kronis

Jika tidak mendapatkan pengobatan dengan benar. Maka bisa berubah menjadi peradangan kronis dan terus-menerus menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada testis.

4. Gangguan ereksi

Epididimitis yang parah dan tidak ada pengobatan dapat menyebabkan gangguan ereksi atau disfungsi ereksi pada pria.

5. Penyebaran infeksi

Jika epididimitis pemicunya dari infeksi bakteri. Maka bakteri tersebut dapat menyebar ke organ tubuh lainnya seperti prostat atau kandung kemih, menyebabkan infeksi lebih lanjut.

Oleh sebab itu, penting untuk mendapatkan pengobatan sesegera mungkin agar terhindar dari komplikasi yang terjadi.

Baca Juga:  Bermacam Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Mendiagnosa Epididimitis

Untuk mendiagnosa radeang epididimis perlu berdasarkan pada gejala yang klinis, pemeriksaan fisik, dan juga uji diagnostik. Selain itu, dokter juga akan menanyakan gejala yang pasien alami.

Berikut beberapa tes yang harus pasien lakukan ketika mengunjungi dokte, antara lain adalah:

  • Uji tes urin
  • Pengujian pada darah
  • Serta uji imajinologi

Setelah hasil keluar, barulah dokter akan meresepkan antibiotik dan juga obat pereda nyeri guna mengurangi rasa sakit dan bengkak di bagian tersebut.

Epididimitis merupakan peradangan pada bagian epididimis. Jika tidak mendapatkan pengobatan, ada kemungkinan untuk mengalami komplikasi yang dalam jangka panjang.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Epididimitis Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Bagaimana Cara Penularan Epididimitis Dan Apa Penyebabnya

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |
Meuthia Lathifa menggemari dunia media sosial, telah berkecimpung dalam bidang penulisan dalam beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar kesehatan sebagai Content Writer di Klinik Sentosa. Kepoin IG Meuthia di @yxmthifa
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta