Bagaimana Cara Penularan Epididimitis Dan Apa Penyebabnya

Bagaimana Cara Penularan Epididimitis Dan Apa Penyebabnya

Cara penularan epididimitis sering terjadi karena hubungan seks yang tidak aman, yang mengarah pada penyakit menular seksual (PMS), seperti Klamidia atau Gonore.

Epididimitis merupakan penyakit inflamasi yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, terutama bakteri Mycoplasma dan Chlamydia.

Baca Juga : Gejala Pada Epididimitis

Definisi Epididimitis

Epididimitis adalah suatu kondisi ketika epididimis menjadi meradang (meradang). Ada beberapa upaya pencegahan epididimitis yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit organ reproduksi pria ini.

Epididimis adalah tabung yang terletak di belakang testis. Bagian dari sistem reproduksi pria ini berfungsi untuk menyimpan sel sperma yang telah diproduksi oleh testis, hingga sperma tersebut matang.

Jika anda merasa ragu dan mengalami penyebabnya segera konsultasi pada dokter ahli kelamin terdekat anda.

Penyebab Epididimitis

Epididimitis merupakan penyakit inflamasi yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, terutama bakteri Mycoplasma dan Chlamydia.

Cara penularan epididimitis sering terjadi karena hubungan seks yang tidak aman, yang mengarah pada penyakit menular seksual (PMS), seperti Klamidia atau Gonore.

Bakteri E.coli juga dapat menyebabkan kondisi tersebut. Infeksi lain, termasuk virus gondok dan tuberkulosis (jarang), juga merupakan faktor risiko penyebab epididimitis.

Dalam kasus lain, epididimitis juga disebabkan oleh urin yang mengalir kembali ke epididimis. Hal ini bisa terjadi karena mengangkat beban yang terlalu berat.

Penyebab lain peradangan pada saluran epididimis meliputi:

  • Penyumbatan di uretra (saluran kemih)
  • Pembesaran kelenjar prostat
  • Penggunaan kateter jangka panjang
  • Cedera pangkal paha

Cara Mencegah Epididimitis

Ditandai dengan sejumlah gejala yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman, seperti nyeri testis, nyeri saat buang air kecil, sperma berdarah, dan demam.

Mengetahui penyebab radang epididimis akan membantu Anda menentukan langkah pencegahannya.

Berikut cara pencegahan epididimitis:

1. Hindari seks bebas

Infeksi menular seksual adalah penyebab paling umum dari infeksi di epididimis. Oleh karena itu, melakukan seks aman adalah cara paling penting untuk mencegah epididimitis.

Selain tidak berganti pasangan, Anda juga di sarankan untuk gunakan kondom saat berhubungan seks sebagai cara untuk mencegah penularan penyakit epididimitis ini.

2. Hindari mengangkat barang terlalu berat

Upaya pencegahan epididimitis selanjutnya adalah menghindari mengangkat barang yang terlalu berat.

Karena aktivitas ini dapat menyebabkan urin mengalir ke epididimis. Kondisi ini pada akhirnya akan menyebabkan peradangan pada saluran penyimpanan sel sperma.

3. Jangan duduk terlalu lama

Menurut Cleveland, duduk terlalu lama menyebabkan tekanan pada testis. Tekanan ini dapat memicu peradangan pada epididimis.

Karena itulah, usahakan untuk tidak berada dalam posisi duduk dalam waktu lama sebagai salah satu cara untuk mencegah epididimitis.

4. Minum air putih yang cukup

Bakteri yang dapat menginfeksi saluran epididimis hingga menyebabkan peradangan juga bisa berasal dari saluran kemih yang terinfeksi.

Oleh karena itu, pencegahan infeksi saluran kemih (ISK) juga merupakan salah satu upaya pencegahan epididimitis.

Untuk menghindari ISK, pastikan Anda minum cukup air.

Minum air putih bertujuan untuk meningkatkan frekuensi buang air kecil. Dengan begitu, bakteri yang bersarang di saluran kemih juga ikut terbuang bersama urin.

penularan epididimitis
Jangan di anggap sepele jika anda mengalami penyakit epididimitis

5. Membersihkan organ intim secara teratur

Masih terkait bakteri di saluran kemih yang bisa menyebar ke epididimis, cara pencegahan penularan epididimitis selanjutnya adalah dengan membersihkan organ intim secara rutin. Minimal, Anda harus membersihkan penis Anda setelah setiap buang air kecil dan berhubungan seks.

Pastikan Anda membersihkan alat vital Anda setiap kali Anda mandi atau buang air kecil dengan benar. Gunakan air bersih serta gunakan sabun tanpa pewangi yang dapat memicu iritasi.

6. Sunat

Epididimitis memang bisa menyerang semua pria, namun penyakit ini lebih rentan dialami oleh pria yang penisnya belum disunat.

Oleh karena itu, melakukan sunat atau sunat juga dianjurkan sebagai upaya pencegahan epididimitis. Saat ini sudah banyak metode sunat yang lebih aman dan modern agar rasa sakit dan pendarahan minimal.

7. Menjaga kekebalan tubuh

Karena penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pencegahan epididimitis yang juga perlu dilakukan adalah dengan menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dilansir dari Harvard Medical School, ada beberapa cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi bakteri penyebab epididimitis, di antaranya:

  • Berolahraga secara teratur
  • Makan makanan bergizi
  • Menjaga berat badan
  • Istirahat yang cukup
  • Kendalikan stres

Baca Juga : Pilihan Obat Keputihan Gatal Berdasarkan Penyebabnya

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai Bagaimana Cara Penularan Epididimitis Dan Apa Penyebabnya yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahanya penyakit menular seksual ini.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Sentosa dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta cara penularan epididimitis cara penularan epididimitis

Twitter : @klinik_sentosa cara penularan epididimitis cara penularan epididimitis

Tiktok : @klinik_sentosa cara penularan epididimitis cara penularan epididimitis

Referensi:

  • Sehatq, 2022 https://www.sehatq.com/artikel/pencegahan-epididimitis
| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta