Kencing Ada Nanah: Kondisi Medis Penyebab

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Kencing ada nanah adalah gejala yang seringkali mengkhawatirkan dan menunjukkan adanya masalah kesehatan yang perlu segera di tangani. Gejala ini bisa muncul pada pria maupun wanita dan bisa menjadi tanda berbagai kondisi medis yang berbeda.

Baca Juga: Beda! Obat Kencing Nanah di Apotik dan Diresepkan

Dalam konteks pembahasan kali ini, penjelasan akan memuat informasi mengenai beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan kencing ada nanah pada kelamin. Dan beberapa kondisi yang perlu di perhatikan antara lain seperti:

1. PMS Penyebab Kencing Ada Nanah

Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah salah satu penyebab paling umum dari kencing nanah pada kelamin. Salah satu PMS yang paling di kenal adalah gonore,  namun kondisi terkait kencing di sertai nanah tidak hanya sebatas gonore, melainkan kondisi PMS lain seperti klamidia atau trikomoniasis.

Kencing yang ada nanah terjadi karena adanya infeksi pada area kelamin maupun saluran lain di sekitar area tersebut. Dan meskipun hampir memiliki gejala yang mirip, tetapi setiap jenis PMS membutuhkan pengobatan dan penanganan yang berbeda.

Gejala kencing beserta nanah pada kelamin termasuk keluarnya cairan berwarna putih pekat, kekuningan hingga kuning kehijauan. Juga sensasi terbakar saat kencing, dan nyeri panggul atau perut bagian bawah.

2. Gonore (Neisseria Gonorrhoeae)

Gonore juga lebih di kenal dengan nama kencing nanah adalah penyakit menular seksual (PMS) yang serius. Jika tidak di obati, infeksi gonore dapat menyebabkan komplikasi serius seperti infertilitas, kerusakan pada saluran tuba, gangguan pada testis, dan penyebaran infeksi ke organ dalam tubuh lainnya.

Oleh karena itu, bagian pentingnya adalah agar mendeteksi dan mengobati gonore dengan sesegera mungkin. Karena bakteri gonore yang menginfeksi tubuh pada tahap awal akan jauh lebih mudah untuk di atasi, ketimbang kondisinya telah menjadi resisten.

3. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK), terlebih jika kondisinya telah mencakup ISK bagian atas sehingga menjadikan kondisi medis yang dapat menyebabkan keluarnya nanah saat kencing. ISK biasanya di sebabkan oleh infeksi bakteri di saluran kemih.

Gejalanya termasuk sensasi terbakar saat kencing, perasaan perlu kencing terus-menerus, dan hampir sama saja dengan gejala PMS maupun gonore. Itulah sebabnya dokter perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna menentukan penyebab pastinya.

Kencing Ada Nanah 2Kondisi Medis Lain Penyebab Kencing Ada Nanah

Selain PMS dan kemungkinan ISK, ada beberapa kondisi medis lain yang juga dapat menyebabkan keluarnya nanah pada kelamin. Beberapa di antaranya adalah:

1. Infeksi Prostat atau Testis

Infeksi pada prostat atau testis pada pria dapat menyebabkan gejala seperti keluarnya nanah dari uretra. Karena kemungkinan terbentuknya abses di dalam organ reproduksi tersebut.

2. Infeksi Kelenjar Bartholin

Infeksi pada kelenjar bartholin pada wanita bisa menghasilkan gejala keluarnya nanah dari area genital. ini di karenakan infeksi menjadikan perkembangan kelenjar tersebut menghasilkan abses nanah.

Untuk menentukan penyebab pasti dari keluarnya nanah saat kencing, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin akan merekomendasikan tes laboratorium. Tes-tes ini dapat mencakup pengambilan sampel urin, tes darah, atau pemeriksaan langsung dari cairan yang keluar (swab).

Garis bawahi jika pengobatan untuk kencing dengan nanah tergantung pada penyebabnya. Penting untuk mengikuti rekomendasi dokter dan menyelesaikan seluruh dosis obat yang di berikan, bahkan jika gejalanya sudah mereda.

Terus konsultasikan dan lakukan pemantauan medis secara berkala dengan dokter terkait untuk memastikan kondisi Anda secara pasti. Sedini mungkin cari bantuan medis jika memang Anda mungkin mengalami gejala ini.

Karena diagnosis yang tepat dan pengobatan yang cepat sangat penting untuk mencegah komplikasi bahkan penyebaran infeksi.

Baca Juga: 4 Inovasi Anti Kencing Nanah Kambuhan!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta