Keputihan Berlebihan Tanda Masalah Kewanitaan

Keputihan Berlebihan 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Terkadang keputihan berlebihan bisa menjadi masalah dan menimbulkan kekhawatiran. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah keputihan berlebih merupakan tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius?

Kelebihan jumlah pengeluaran cairan cagina adalah kondisi yang dapat menggambarkan kondisi tersebut. Keputihan yang normal umumnya tidak berbau, berwarna putih atau jernih, tidak memiliki tekstur atau tekstur cenderung ringan.

Baca Juga: Prosedur Pemeriksaan Keputihan Abnormal

Keputihan pada wanita merupakan kombinasi dari :

  1. Lendir
  2. Sel-sel mati
  3. Bakteri baik yang ada di area vagina

Gejala dan Penyebab Keputihan Berlebih

Pengeluaran berlebih dari vagina ini biasanya memiliki jumlah yang tidak biasa dan bisa mengarah pada kondisi yang tidak normal. Namun, jika warnanya berubah, teksturnya lebih kental, dan disertai dengan bau yang tidak sedap artinya Anda perlu waspada.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan keluhannya terjadi, antara lain:

  1. Infeksi vagina – Infeksi jamur seperti kandidiasis, infeksi bakteri seperti bakteriosis atau vaginosis bakterialis, serta infeksi menular seksual seperti trikomoniasis dapat menyebabkan keputihan berlebihan.
  2. Perubahan hormonal – Perubahan hormon saat menstruasi, kehamilan, atau menopause dapat mempengaruhi kadar keputihan dan menyebabkan keputihan berlebihan.
  3. Reaksi alergi – Beberapa wanita mungkin mengalami reaksi alergi terhadap produk kebersihan pribadi, deterjen, atau bahan kimia tertentu yang dapat menyebabkan keputihan berlebihan.
  4. Efek samping obat-obatan atau kontrasepsi – Penggunaan obat-obatan tertentu atau metode kontrasepsi hormonal dapat mempengaruhi keseimbangan bakteri di vagina dan menyebabkan keputihan berlebihan.

Selain penyebab peningkatan jumlah cairan yang keluar dari vagina seperti di atas, keluhan juga akan berlangsung dengan gejala lain yang muncul misalnya:

  1. Perubahan warna keputihan, misalnya kekuningan atau kehijauan.
  2. Bau yang tidak sedap.
  3. Gatal atau iritasi di sekitar area genital.
  4. Sensasi terbakar saat buang air kecil.
  5. Rasa tidak nyaman atau sakit saat berhubungan seksual.

Saat penyebab keluhan sudah berkembang maka dalam jangka waktu tertentu gejala mulai muncul dan Anda rasakan sebagai tanda adanya masalah pada area kewanitaaan. Jika Anda mengalami keputihan berlebihan dengan gejala yang tidak biasa atau mengganggu, sebaiknya segera mencari bantuan medis.

Beberapa kondisi, seperti infeksi menular seksual, membutuhkan pengobatan yang tepat agar tidak berkembang menjadi masalah kesehatan lebih serius. Dengan kata lain Anda perlu sesegera mungkin mencari bantuan medis, dan mulai pemeriksaan fisik atau mungkin juga mengambil sampel untuk analisis lebih lanjut.

Keputihan berlebih 2Pengobatan dan Perawatan yang Dibutuhkan

Pengobatan tergantung pada apa penyebabnya, jika penyebabnya adalah infeksi dokter mungkin meresepkan obat antijamur, antibiotik, atau obat khusus untuk infeksi menular seksual.

Dalam beberapa kasus, perubahan gaya hidup atau penghentian penggunaan produk tertentu dapat membantu mengatasi keluhannya. Namun tetap di imbangi dengan menerapkan perawatan berdasarkan anjuran medis.

Karena jika tidak dapat di obati dan di tangani dengan tepat, keluhan keputihan wanita dapat menyebabkan komplikasi kesehatan kewanitaan fatal seperti:

  1. Infeksi menular seksual (IMS)
  2. Komplikasi dan gangguan kehamilan
  3. Penyakit radang panggul (PID)
  4. Masalah reproduksi dan kualitas seksual
  5. Gangguan psikologis dan kualitas hidup

Keputihan berlebihan bukanlah kondisi yang jarang terjadi pada wanita, tapi tetap tidak bisa di anggap normal. Alangkah baiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis secara akurat dan pengobatan yang tepat.

Selalu jaga kebersihan pribadi dan perhatikan perubahan apa pun yang terjadi pada tubuh Anda untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan Anda dengan baik.

Baca Juga: Apakah Keputihan Abnormal Itu Bau?

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta