Keputihan Berwarna Coklat, Apa yang Harus Dicari Tahu?

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Keputihan berwarna coklat adalah hal yang dapat di alami oleh sebagian besar wanita setidaknya sekali dalam tahap hidup mereka. Namun, ketika keputihan berubah warna yang mencolok bahkan di sertai tambahan gejala lain.

Baca Juga: Keputihan Bisa Berdarah, Apakah Kondisinya Normal?

Maka hal ini dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang perlu di cari tahu penyebabnya. Inilah pembahasan tentang apa yang harus di cari ketika mengalami keputihan berwarna coklat, dari penyebab hingga langkah-langkah yang perlu diambil.

Apa Itu Keputihan Berwarna Coklat?

Sebelum membahas lebih lanjut, penting untuk memahami apa itu keputihan berwarna coklat. Keputihan adalah cairan yang biasanya di produksi oleh vagina sebagai bagian dari proses membersihkan dan menjaga kesehatan organ reproduksi wanita.

Keputihan normal biasanya berwarna bening atau seperti putih telur, dan memiliki bau yang khas atau tidak berbau sama sekali. Sedangkan kondisi keputihan berwarna coklat adalah keputihan yang memiliki warna kecoklatan atau lebih gelap.

Warna ini dapat bervariasi dari coklat muda hingga coklat tua. Adanya warna coklat ini biasanya terjadi akibat perubahan dalam cairan keputihan itu sendiri atau karena adanya bercak darah yang bercampur dengan keputihan.

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Indikasi penyebab munculnya keputihan dengan warna coklat ini mungkin akan di rasa sulit tanpa adanya bantuan ahli medis. Namun, beberapa kemungkinan yang dapat di katakan sebagai penyebab keluhan tersebut adalah:

1. Infeksi

Salah satu penyebab utama keputihan warna coklat adalah infeksi, baik itu infeksi jamur (seperti kandidiasis) atau infeksi bakteri (seperti vaginosis bakteri).

2. Perubahan Hormonal

Perubahan hormon dalam tubuh seperti yang terjadi selama periode menstruasi, kehamilan, atau menopause. Hal tersebut memang mungkin dapat mengakibatkan perubahan dalam warna keputihan.

3. Trauma atau Cedera

Trauma atau cedera pada vagina hingga serviks (leher rahim) dapat menyebabkan bercak darah yang kemudian mencampur dengan keputihan. Sehingga ini menghasilkan warna gelap pada keputihan, namun hal ini juga perlu di waspadai dengan teliti.

Ketiga indikasi di atas memang berpotensi menjadi penyebab keluhan keputihan wanita menjadi abnormal. Seorang wanita juga perlu untuk lebih memperhatikan dengan jelas akan kondisi yang di alaminya terlebih jika keputihan warna coklat muncul.

Tanda Keputihan Berwarna Coklat Perlu Periksa!

Gejala keputihan berwarna coklat bisa bervariasi tergantung pada penyebabnya, tetapi beberapa gejala yang mungkin muncul termasuk:

1. Keputihan dengan warna coklat yang tidak biasa.

2. Gatal atau perasaan tidak nyaman di area genital.

3. Bau yang tidak biasa pada keputihan.

4. Rasa nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil atau berhubungan seksual.

Ketika Anda mengalami gejala-gejala ini, sangat penting untuk mencari perawatan medis guna mengidentifikasi penyebabnya dan menerima perawatan yang sesuai. Langkah pertama yang harus di ambil adalah berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Dokter atau profesional medis akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin melakukan tes tambahan seperti tes darah, tes swab sampel. Bahkan pemeriksaan ultrasonografi untuk mengidentifikasi penyebabnya juga bisa di anjurkan.

Keputihan Berwarna Coklat 2Tindakan yang Anda Diperlukan

Pengobatan untuk keputihan berwarna coklat akan bergantung pada penyebabnya. Jika di sebabkan oleh infeksi, dokter mungkin akan meresepkan obat yang efektif untuk mengatasi infeksinya.

Jika di sebabkan oleh perubahan hormonal, perawatan berkala yang sesuai akan di rekomendasikan. Catatan pentingnya dalam kondisi adalah bahwa munculnya keluhan seperti keputihan coklat dapat menjadi tanda masalah ginekologi kronis.

Sehingga waspada wanita jika memang kondisinya berlangsung, segera lakukan pemeriksaan klinis secara menyeluruh terkait kesehatan organ reproduksi. Karena keputihan berwarna coklat adalah tanda yang perlu di perhatikan karena dapat menjadi indikator masalah kesehatan genital.

Jika Anda mengalami keputihan berwarna coklat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan Anda di Klinik Utama Sentosa. Penanganan dini dapat membantu mengidentifikasi penyebabnya dan menghindari komplikasi yang lebih serius karena kesehatan reproduksi sangat penting.

Baca Juga: Aspek Mikrobiologis dari Keputihan Trichomonas

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta