Kista Bartholin Tumbuh Lagi Setelah Marsupialisasi? Cek Penyebabnya Yuk!

kista bartholin tumbuh lagi 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Marsupialisasi merupakan prosedur bedah yang di lakukan untuk mengatasi penyakit kista bartholin.

Kista bartholin sendiri merupakan benjolan yang muncul di antara sisi bibir vagina, yang di sebabkan oleh penyumbatan pada kelenjar kista bartholin.

Namun, bagaimana jika kista barholin tumbuh lagi setelah menjalani prosedur marsupialisasi? Mari kita bahas penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Kista Bartholin Tumbuh Lagi

Setelah menjalani berbagai prosedur pengobatan untuk mengatasi kista bartholin, tentunya setiap individu tidak menginginkan penyakit tersebut muncul kembali.

Namun, pada beberapa kasus, kista bartholin yang telah di atasi dengan berbagai prosedur, terutama prosedur marsupialiasis, masih memiliki peluang untuk muncul kembali.

Penyebab kista bartholin tumbuh kembali dapat bervariasi tergantung pada kondisi setiap pasien, tetapi terdapat beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini, seperti:

1. Iritasi Jangka Panjang

Paparan terus menerus terhadap iritasi, seperti gesekan atau tekanan berlebih pada area kelenjar bartholin, dapat menyebabkan reaksi inflamasi kronis.

Sehingga, kondisi ini dapat menyebabkan pembentukan kista baru atau kambuhnya kista yang telah di obati sebelumnya.

2. Peradangan

Peradangan yang tidak teratasi atau berkelanjutan di sekitar kelenjar bartholin, dapat memicu pembentukan kista baru.

Faktor-faktor seperti alergi, reaksi autoimun, atau penyakit radang panggul dapat menjadi pemicu peradangan yang dapat menyebabkan kambuhnya kista barholin.

3. Infeksi Bakteri

Infeksi yang terjadi dapat muncul akibat bakteri penyebab infeksi menular seksual, maupun bakteri lainnya.

Bakteri yang terus menerus berkembang dan menginfeksi, maka dapat menyebabkan pembentukan kista baru atau pertumbuhan kista yang telah di atasi sebelumnya.

Namun demikian, pada beberapa kasus tertentu, benjolan yang muncul pada vagina tidak dapat di pastikan apakah penyebabnya kista bartholin.

Pasalnya, benjolan yang muncul di area vagina dapat muncul akibat kondisi medis lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap berkonsultasi dengan profesional medis.

Cara Mengatasi Kista Bartholin yang Tumbuh Kembali

Mengatasi kista bartholin yang tumbuh kembali, memerlukan pendekatan yang komprehensif. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter seperti Klinik Utama Sentosa.

Dokter dapat memberikan saran pengobatan dan perawatan yang tepat, untuk mencegah dan mengatasi kista bartholin tumbuh lagi.

Namun, terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini, seperti:

1. Berendam Air Hangat

Mandi atau berendam air hangat dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan pada area kista.

2. Pemeriksaan Rutin

Penting untuk menjalani pemeriksaan rutin dengan dokter, untuk memantau perkembangan kista bartholin dan respons terhadap pengobatan.

3. Jaga Kebersihan Vagina

Menjaga kebersihan area vagina dengan membersihkannya secara lembut menggunakan air hangat dan sabun ringan dapat membantu mencegah infeksi dan kekambuhan.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Hindari Berhubungan Seksual

Hindari berhubungan seksual sampai dinyatakan sembuh, agar Anda terhindar dari iritasi atau infeksi yang dapat memperburuk kondisi kista bartholin.

6. Perubahan Gaya Hidup Sehat

Terapkanlah pola makan yang sehat, hindari merokok, dan kelola stres yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penting untuk di ingat bahwa langkah-langkah di atas dapat memiliki respons yang berbeda pada masing-masing individu.

Oleh karena itu, konsultasikanlah dengan dokter yang tepat, agar mendapatkan saran dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: 6 Penyebab Benjolan di Vagina Seperti Bisul, yuk Cermati yang ke 5!

kista bartholin tumbuh lagi 2

Pentingnya Berkonsultasi dengan Dokter Ginekologi yang Tepat

Berkonsultasi dengan dokter ginekologi yang tepat, sangat penting dalam mengatasi kista bartholin yang tumbuh lagi.

Mengapa penting untuk berkonsultasi dengan dokter ginekologi yang tepat? Berikut alasannya, meliputi:

1. Diagnosis yang Akurat

2. Pengobatan yang Tepat

3. Prosedur Bedah yang Aman

4. Pemantauan Kondisi Secara Teratur

Oleh karena itu, pilihlah dokter ginekologi yang berpengalaman dan kompeten, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Dokter ginekologi dapat melakukan pemeriksaan kista bartholin, dengan menggunakan fasilitas medis yang lengkap dan modern.

Sehingga, peluang kista bartholin tumbuh lagi sangatlah kecil. Jadi, segera konsultasikan dengan dokter melalui layanan konsultasi online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat Anda akses melalui Chat Whatsapp, yang tersedia selama 24 jam dan gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Ayo, tunggu apalagi? Pastikan kesehatan Anda selalu terjaga dan selalu pastikan berkonsultasi dengan profesional medis yang tepat ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta