Komplikasi dan Cara Mencegah Radang Penis

Komplikasi dan Cara Mencegah Radang Penis

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Jika tidak mendapatkan penanganan yang benar, radang penis akan terus menerus alami peradangan dan jadi pemicu munculnya komplikasi.

Baca Juga : Perlu Perhatikan Gejala Penyakit Balanitis Pada Anak Remaja

Dermatis alergi bisa jadi penyebab balanitis dan hal tersebut akan membuat seseorang merasa gatal, ruam, hingga kulit yang meradang. Dari peradangan inilah mungkin saja akan timbul jaringan parut.

Jaringan parut ini bisa membuat bukaan saluran uretra menyempit. Dan akibat hal tersebut akan timbut rasa tidak nyaman dengan jangka panjang samapai kesulitan berkemih.

Komplikasi dan Pencegahan Radang Penis

Balanitis adalah kondisi medis yang terjadi ketika kulup atau kepala penis mengalami peradangan. Kulup adalah kulit yang menutupi kepala penis pada pria yang belum di sunat.

Balanitis dapat menyebabkan gejala seperti kemerahan, bengkak, gatal, dan nyeri di area penis.

Kondisi ini dapat di sebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, atau virus, reaksi alergi terhadap produk yang digunakan di area genital.

Di tambah lagi kurang menjaga kebersihan penis, atau adanya kondisi medis yang mendasari seperti penyakit kencing manis.

Komplikasi Balanitis

Jika tidak melakukan pengobatan dengan benar atau tidak mengobatinya, maka akan menimbulkan beberapa komplikasi, seperti:

1. Phimosis

Kondisi ini dimana kulup tidak bisa di tarik ke belakang penis. Akibatnya juga cukup sulit untuk di bersihkan dan terjadi infeksi secara berulang.

2. Parafimosis

Hal ini terjadi karena kulup tersangkut di area belakang kepala penis dan juga tidak bisa di tarik kembali ke posisi semula. Sehingga kondisi ini akan berakibat bisa mengganggu aliran darah ke kepala penis.

3. Balanopsthitis

Masalah ini terjadi pada kulup meradang akibat bakteri. Hal tersebut akan menimbulkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan, serta meningkatkan risiko infeksi.

4. Gangren fournier

Komplikasi ini jarang sekali terjadi, akan tetapi bila terjadi akan sangat serius dan menyebabkan kerusakan pada jaringan bahkan sampai kematian.

Cara Mencegah Balanitis

Balanitis adalah kondisi medis yang menyebabkan peradangan pada ujung penis. Berikut beberapa cara untuk mencegah balanitis:

  • Membersihkan daerah penis secara teratur dan dengan benar.
  • Menjaga daerah penis tetap kering dan bersih.
  • Hindari penggunaan produk pembersih yang terlalu kuat atau yang mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit pada daerah penis.
  • Gunakan kondom saat berhubungan intim untuk mencegah terkena infeksi menular seksual

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan ini, Anda dapat membantu mencegah balanitis dan menjaga kesehatan penis Anda.

Jaringan parut ini bisa membuat bukaan saluran uretra menyempit. Dan akibat hal tersebut akan timbut rasa tidak nyaman dengan jangka panjang samapai kesulitan berkemih.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Balanitis Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Bagaimana Ciri Ciri Penyakit Balanitis Akan Sembuh?

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta