Mau Cek Kista Bartholin Sendiri dengan Cara Mudah di Rumah? Perhatikan 4 Hal Berikut Yuk

cek kista bartholin sendiri 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Kista bartholin merupakan salah satu jenis kista yang dapat dialami wanita di segala usia, baik remaja atau dewasa yang aktif berhubungan seksual.

Meski terkadang tidak berbahaya, tetapi kista bartholin dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, terutama saat beraktivitas.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan memahami cara mudah cek kista bartholin sendiri di rumah, dan mencari bantuan medis jika mengalaminya.

Bagaimana caranya? Mari kita simak pembahasan lengkap mengenai kista bartholin di bawah ini.

Apa Itu Kista Bartholin?

Kista bartholin merupakan kondisi medis yang terjadi ketika kelenjar bartholin, yang terletak di kedua sisi vulva (bibir vagina), mengalami penyumbatan.

Kelenjar ini berperan dalam menghasilkan cairan pelumas, yang digunakan saat terdapat rangsangan seksual.

Ketika kelenjar bartholin tersumbat, maka cairan akan menumpuk dan membentuk benjolan-benjolan berisi cairan.

Kista bartholin umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi jika terjadi infeksi maka kista dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti:

  • Nyeri saat berjalan, duduk, atau berhubungan seksual
  • Kemerahan dan pembengkakan pada area genital
  • Keluar nanah dari benjolan
  • Demam

Pada beberapa kasus yang tidak menimbulkan gejala, penderitanya sering kali tidak menyadari adanya kista bartholin.

Sehingga, sangat penting bagi setiap wanita untuk mengetahui dan memahami bagaimana cara cek kista bartholin sendiri di rumah, untuk mencegah masalah kesehatan yang serius.

Cara Mudah Memeriksan Kista Bartholin Sendiri

Memeriksa kista bartholin sendiri di rumah, dapat membantu dalam mendeteksi dini dan mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan pemeriksaan sendiri, antara lain:

1. Cuci Tangan

Sebelum memulai pemeriksaan, pastikan Anda mencuci tangan Anda dengan sabun dan air bersih untuk menghindari infeksi.

2. Duduk atau Berdiri di Depan Cermin

Pilihlah posisi yang nyaman, baik itu duduk atau berdiri di depan cermin. Posisi ini memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas area genital.

3. Perhatikan Bagian Tubuh Munculnya Kista Bartholin

Amati dengan cermat area vulva dan sekitarnya di cermin. Perhatikan apakah ada benjolan, pembengkakan, atau perubahan warna yang mencurigakan.

4. Lakukan Pemeriksaan dengan Lembut

Gunakan jari-jari Anda untuk meraba area vulva dengan lembut. Sentuh bagian-bagian yang Anda curigai dengan lembut dan perhatikan apakah Anda merasakan adanya tonjolan.

Ketika Anda merasakan adanya tonjolan yang mencurigakan, terutama pada area genital, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terbaik di Klinik Utama Sentosa.

cek kista bartholin sendiri 2

Mengatasi Kista Bartholin dengan Perawatan dan Pengobatan yang Tepat di Klinik Utama Sentosa

Setelah melakukan tindakan cek kista bartholin sendiri di rumah, dan menemukan adanya tonjolan seperti kista, maka penting untuk segera mengatasinya.

Mengatasi kista bartholin sering kali memerlukan perawatan dan pengobatan yang tepat, tergantung pada ukuran kista, gejala yang dialami, dan kondisi kesehatan setiap individu.

Berikut adalah beberapa metode pengobatan dan perawatan yang mungkin direkomendasikan oleh dokter, seperti:

1. Berendam Air Hangat (Sitz Bath)

Jika kista berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala yang signifikan, Anda dapat mengatasinya dengan cara berendam di dalam air hangat.

Cara ini dapat membantu mengecilkan kista dan menghilangkannya. Namun, pastikan untuk menggunakan air hangat dengan suhu yang tepat, guna mencegah infeksi.

2. Drainase Kista

Jika kista bartholin terinfeksi atau menyebabkan gejala yang parah, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan prosedur drainase, untuk mengeluarkan cairan dari kista.

3. Marsupialisasi

Prosedur marsupialisasi, merlibatkan pembuatan sayatan kecil pada kista bartholin dan membuat saluran baru untuk mengalirkan cairan.

Penting untuk diingat bahwa beberapa cara tersebut, perlu dilakukan oleh profesional medis yang berpengalaman.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Vulvovaginitis, Servisitis, dan Salpingitis! Jenis Penyakit Kelamin Wanita, Mana yang Paling Berbahaya?

Sehingga, Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ginekologi yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Dokter akan melakukan berbagai rangkaian pengobatan dengan fasilitas medis yang lengkap dan modern.

Sehingga, hasil pemeriksaan dan pengobatan nantinya akan berjalan sesuai dengan penyebab, tingkat keparahan, dan kondisi kesehatan masing-masing pasien.

Meski terdapat cara untuk cek kista bartholin sendiri di rumah, tetapi pemeriksaan dengan bantuan profesional medis akan lebih akurat.

Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dan mengunjungi dokter ginekologi terbaik kami. Anda dapat menghubungi tim medis kami melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat dengan mudah di akses melalui Chat Whatsapp, yang beroperasi selama 24 jam dan gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Mudah bukan? Jadi, ingat dan selalu pastikan kesehatan Anda dengan berkonsultasi pada dokter terbaik kamu ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta