Mengapa Keputihan Berwarna Kuning dan Cair, Apakah Tanda Bahaya? Ini Penjelasannya

keputihan berwarna kuning cair_1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Keputihan merupakan salah satu kondisi alami yang dialami oleh sebagian besar wanita dalam rentang usia tertentu.

Namun, pada beberapa wanita, keputihan berwarna kuning dan cair dapat menyebabkan kekhawatiran, apakah kondisi merupakan tanda yang berbahaya?

Ya, keputihan berwarna kuning cair, sering kali menjadi pertanda adanya masalah kesehatan reproduksi yang cukup serius.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai penyebab, gejala, dan penjelasan mengenai bahaya dari keputihan ini. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Ciri-Ciri Keputihan Normal

Keputihan merupakan salah satu kondisi alami yang dapat membantu menjaga dan kesimbangan, kebersihan, dan kesehatan lingkungan vagina.

Selain itu, keputihan juga dapat menjadi indikator kesehatan vagina. Pada umumnya, keputihan normal memiliki beberapa ciri, seperti:

  • Berwarna transparan atau putih susu
  • Memiliki tekstur yang tidak berbusa atau berlendir
  • Tidak memiliki bau yang menyengat
  • Jumlah cairan yang terbatas dan tidak berlebihan

Namun, jika keputihan mengalami perubahan dalam warna, tesktur, dan bau, maka penting untuk mewaspadai kondisi ini dan segera konsultasikan dengan dokter.

Penyebab dan Bahaya Keputihan Berwarna Kuning dan Cair

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bahwa perubahan pada keputihan dapat menjadi salah satu indikator adanya masalah kesehatan tertentu.

Keputihan yang berwarna kuning dan bertekstur cair, bisa menjadi tanda dari beberapa kondisi yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dan potensi berbahaya yang perlu diperhatikan, seperti:

1. Infeksi Bakteri

Infeksi saluran kemih (ISK) atau vaginosis bakterialis, merupakan kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, yang juga dapat menyebabkan perubahan pada keputihan.

Kedua penyakit ini, umumnya tidak berbahaya dan dapat di atasi dengan pengobatan mandiri, jika gejala yang ditimbulkan ringan.

Namun, jika gejala yang ditimbulkan semakin mengganggu dan bertambah parah, maka kedua kondisi ini perlu perhatian medis yang lebih serius.

2. Kandidiasis Vaginalis

Kandidiasis vaginalis, merupakan infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida albicans, yang tumbuh secara berlebihan di area vagina.

Infeksi ini dapat menyebabkan perubahan keputihan menjadi berwarna kuning dan memiliki tekstur yang cair, biasanya disertai dengan gatal dan peradangan di sekitar vulva.

3. Infeksi Menular Seksual

Beberapa jenis infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore, dapat menyebabkan perubahan pada keputihan, yang juga disertai dengan gejala lainnya, seperti:

  • Nyeri saat buang air kecil
  • Perdarahan di luar siklus menstruasi
  • Nyeri dan terasa tertekan di area panggul
  • Nyeri saat berhubungan seksual

Kedua penyakit ini, dapat meningkatkan risiko komplikasi yang berbahaya seperti radang panggul atau infertilitas (kemandulan), jika tidak segera di tangani.

4. Penyebab Non-Infeksi

Perubahan keputihan berwarna kuning cair, tidak hanya di sebabkan oleh infeksi, tetapi juga dapat di sebabkan oleh faktor lainnya, seperti:

  • Reaksi alergi atau iritasi terhadap perawatan kewanitaan
  • Perubahan hormonal selama menstruasi atau kehamilan

Penting untuk diingat bahwa keputihan berwarna kuning dan cair, dapat menjadi salah satu indikator adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Untuk itu, jika Anda mengalami perubahan tersebut, segeralah konsultasikan dengan profesional medis yang berpengalaman seperti di Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: Waspada! Miss V Bagian Dalam Gatal Bisa Terjadi Karena Penyakit yang Satu Ini Lho

keputihan berwarna kuning cair_2

Keuntungan Menjalani Pengobatan Keputihan Abnormal di Klinik Utama Sentosa

Mengingat banyaknya penyebab keputihan berwarna kuning cair yang cukup berbahaya, maka penting untuk mencari pengobatan yang tepat untuk mengatasinya.

Tidak perlu kahwatir, Anda bisa menjalani pengobatan yang tepat untuk mengatasi keputihan abnormal yang Anda alami secara maksimal di Klinik Utama Sentosa.

Kami menyediakan layanan kesehatan medis yang telah berstandar internasional, dengan beberapa kelebihan seperti:

1. Tenaga Medis yang Profesional dan Kompeten

2. Fasilitas Medis yang Lengkap dan Modern

3. Pelayanan yang Selalu Mengutamakan Kesehatan, Kenyamanan, dan Kebutuhan Pasien

4. Kerahasiaan atau Privasi Pasien Terjamin

Dengan beberapa keuntungan tersebut, Anda dapat menjalani pengobatan keputihan atau penyakit kelamin lainnya, dengan nyaman dan tenang.

Pastinya, kami akan memberikan hasil pemeriksaan dan saran pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda, dengan biaya pengobatan yang sangat terjangkau.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami keputihan berwarna kuning cair, atau memiliki gejala lainnya, silahkan hubungi dokter melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Dokter dan tim medis kami, akan memberikan saran dan diagnosis sementara, dan Anda dapat membuat janji temu melalui layanan tersebut.

Layanan ini tersedia melalui Chat Whatsapp, yang tersedia gratis selama 24 jam! Klik link konsultasi berikut⇒ [WhatsApp Dokter]

Mudah bukan? Jadi, selalu pastikan kesehatan Anda terjaga dengan selalu berkonsultasi dengan dokter yang terpercaya ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta