Mengapa Keputihan Gatal-Gatal Bisa Terjadi?

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Keputihan adalah kondisi alami dalam sistem reproduksi wanita, tetapi ketika keputihan menjadi gatal-gatal ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan. Saat-saat keputihan menjadi terasa gatal inilah yang menjadikannya sebagai kondisi tidak normal.

Baca Juga: Keputihan Hamil atau Penyakit, Ketahuilah!

Pembahasan di bawah ini akan terkait dengan adanya kondisi keputihan gatal terjadi, serta langkah-langkah yang dapat di ambil untuk mengatasinya.

Keputihan Gatal-Gatal, Keputihan Abnormal

Keputihan di anggap abnormal jika ada perubahan dalam ciri-ciri keputihan normal, terutama jika di sertai gejala keputihan gatal-gatal atau ketidaknyamanan. Jenis keputihan abnormal dapat di bagi menjadi beberapa kategori seperti:

1. Keputihan berwarna dan berbau

Keputihan yang memiliki warna yang tidak biasa (misalnya, kekuningan, hijau, atau abu-abu) dan bau yang tidak sedap dapat menjadi tanda infeksi atau masalah lainnya.

2. Keputihan dengan gumpalan atau tekstur kental

Keputihan yang memiliki tekstur yang tidak biasa, seperti gumpalan atau terasa kental, juga dapat menjadi tanda masalah kesehatan.

3. Keputihan yang disertai rasa gatal

Salah satu tanda paling umum keputihan abnormal adalah rasa gatal atau ketidaknyamanan di daerah genital.

Meski keputihan adalah bagian dari normal sistem organ reproduksi wanita, ini juga bisa menjadi tanda utama jika seorang wanita mengalami keluhan ginekologi. Sehingga jika kondisinya mulai di rasa menyebabkan gejala tambahan seperti keputihan gatal-gatal artinya pemeriksaan di perlukan guna identifikasinya.

Penyebab Keputihan Gatal-Gatal Terjadi

Keputihan yang gatal-gatal dapat di sebabkan oleh beberapa faktor. Untuk memahaminya dengan lebih baik, beberapa penyebab utama kondisi tersebut di antaranya:

1. Infeksi Jamur (Kandidiasis Vaginal)

Infeksi jamur adalah penyebab umum keputihan gatal-gatal pada wanita. Jamur Candida albicans yang berlebihan dalam vagina dapat menyebabkan kondisi ini. Gejala infeksi jamur meliputi keputihan berwarna putih seperti keju cottage, rasa gatal yang parah di vagina dan vulva, serta nyeri atau ketidaknyamanan saat buang air kecil atau berhubungan seks.

2. Infeksi Bakteri (Bakteriosis Bacterial Vaginosis)

Bakteriosis bacterial vaginosis (BV) adalah infeksi bakteri yang bisa menyebabkan keputihan dengan gejala gatal-gatal. Gejala meliputi keputihan berwarna abu-abu atau putih abu-abu dengan bau yang tidak sedap, serta gatal-gatal ringan atau ketidaknyamanan.

3. Alergi atau Iritasi Sebabkan Keputihan Gatal-Gatal

Penggunaan produk yang dapat menyebabkan alergi atau iritasi pada area genital, seperti sabun atau produk pembersih yang mengandung bahan kimia keras, dapat menyebabkan keputihan juga terasa gatal.

4. Kondisi Medis Lainnya

Beberapa kondisi medis seperti diabetes, penurunan sistem kekebalan tubuh, atau perubahan hormon yang ekstrem juga dapat berkontribusi pada keputihan terasa gatal pada wanita.

Keputihan Gatal 2Bagaimana Cara Menangani Keputihan Gatal?

Menangani keputihan yang di sertai dengan gatal-gatal adalah perlu langkah yang lebih baik guna mengatasinya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menangani kondisinya berdasarkan anjurkan klinis:

1. Konsultasi dengan Profesional Medis

Konsultasi di perlukan jika kondisi seperti keputihan gatal-gatal tersebut telah berlangsung lebih dari 3 hari dan kondisi bertambah buruk. Sesegera mungkin mencari bantuan medis akan menghasilkan diagnosa dan pengobatan yang tepat. Karena dokter mungkin akan melakukan tes klinis dan meresepkan obat sesuai kondisi yang Anda Alami.

2. Perawatan Mandiri

Selain konsultasi dan pemeriksaan, dokter juga bisa memberikan anjuran penanganan pada pasiennya secara mandiri. Ini adalah langkah perawatan yang bisa di terapkan sebagai bagian gaya hidup dan di lakukan di rumah. Beberapa anjurannya termasuk:

a. Menjaga kebersihan pribadi yang baik

b. Gunakan pakaian dalam berbahan katun

c. Hindari produk yang dapat menyebabkan irritasi

d. Gaya hidup sehat

e. Menjaga area genital tetap kering

f. Hindari kontak seksual selama pengobatan

Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan seperti keputihan yang tidak biasa, gatal-gatal, atau bau yang tidak sedap. Jangan ragu untuk konsultasikan dengan dokter Klinik Utama Sentosa guna memastikan kondisinya. Karena kesehatan reproduksi yang baik adalah kunci untuk menjalani kualitas hidup yang sehat.

Baca Juga: Keputihan yang Normal pada Setiap Fase Kehidupan

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta