Keputihan Hamil atau Penyakit, Ketahuilah!

Keputihan Hamil atau Penyakit 1-min

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Kesehatan reproduksi adalah aspek penting seorang wanita, dan memahami perubahan seperti keputihan hamil atau penyakit perlu di perhatikan. Keputihan adalah hal yang umum, namun penting untuk dapat mengenali perbedaan antara keputihan yang normal dan tanda-tanda penyakit yang perlu di waspadai.

Baca Juga: Keputihan Kental: Tips dan Trik Alami Terbaik!

Artikel ini akan membahas tentang apa yang dapat di anggap sebagai keputihan normal tanda kehamilan dan sebagai tanda penyakit.

Perubahan Keputihan Hamil atau Penyakit

Lihat dan perhatikan secara seksama mengenai warna, tekstur, dan bau keputihan yang Anda alami. Keputihan adalah bagian dari sekresi alami dari saluran reproduksi wanita. Selama periode tertentu keputihan bisa menjadi lebih umum dan dapat berubah dalam berbagai cara.

Dan hal ini mungkin akan menandakan kondisi keputihan Anda sebagai suatu kehamilan atau menjadi tanda suatu penyakit. Beberapa kondisi keputihan yang perlu di waspadai gejalanya adalah:

1. Perubahan Warna

keputihan normal bisa mengalami perubahan warna dan konsistensi. Ini bisa menjadi hasil dari perubahan hormon yang signifikan dalam tubuh. Perubahan warna yang umum terjadi biasanya kekuningan atau coklat muda.

2. Konsistensi atau Tekstur

Konsistensi yang lebih lengket atau kental perlu di waspadai, karena normalnya konsistensi keputihan tidak terlalu kental atau terlalu encer.

3. Bau yang Kuat

Secara normal area kewanitaan memang memiliki aroma yang khas, dan setiap individu bisa berbeda. Namun, perubahan bau yang kuat ini bisa menjadi tanda akan suatu kondisi tertentu, jadi perlu untuk di waspadai oleh setiap wanita.

Tanda Keputihan Sebagai Kehamilan

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perubahan keputihan hamil atau penyakit seorang wanita termasuk perubahan hormon bahkan perubahan sirkulasi darah saat kehamilan terjadi. Masa-masa kritis selama kehamilan ketika perubahan keputihan dapat terjadi dalam 3 periode nyata, ini termasuk:

1. Masa awal kehamilan

Perubahan hormon yang signifikan terjadi pada trimester pertama, yang dapat mempengaruhi keputihan hamil yang di hasilkan.

2. Trimester kedua

Adanya perubahan sirkulasi darah yang meningkat dapat mempengaruhi lendir vagina selama trimester kedua. Sehingga tentu ini akan muncul sebagai bentuk keputihan.

3. Persalinan mendekat

Mendekati masa persalinan, keputihan bisa bertambah. Hal ini terjadi sebagai pelumasan alami untuk area organ reproduksi wanita.

Seperti yang telah di ketahui bahwa keputihan memiliki beberapa fungsi alami. Misalnya keputihan membantu membersihkan dan menjaga kebersihan saluran vagina, mencegah infeksi. Dan pada masa kehamilan, keputihan juga bisa melindungi janin dalam kandungan dari kemungkinan infeksi.

Keputihan Hamil atau Penyakit 2-minWaspada Keputihan Hamil atau Penyakit

Meskipun keputihan bisa menjadi tanda dari sebuah kehamilan, namun ingat juga bahwa kondisi keputihan bisa menjadi tanda sebuah penyakit ginekologi. Ada tanda-tanda penyakit yang perlu di waspadai terkait keputihan, beberapa tanda-tanda ini meliputi:

1. Keputihan berwarna hijau, abu-abu, atau berdarah

Warna keputihan yang tidak normal dapat mengindikasikan infeksi atau masalah lainnya.

2. Gatal-gatal atau sensasi terbakar

Jika Anda merasakan gatal-gatal yang tidak biasa atau sensasi terbakar di area genital, ini bisa menjadi tanda infeksi.

3. Bau yang tidak sedap

Bau yang kuat, tajam, atau tidak sedap pada keputihan adalah tanda yang perlu di waspadai.

4. Rasa sakit atau ketidaknyamanan

Jika Anda merasakan rasa sakit atau ketidaknyamanan saat buang air kecil atau selama hubungan seksual, Anda harus segera menghubungi profesional kesehatan.

Penyebab potensial keputihan hamil atau penyakit yang terkait di hasilkan dari adanya infeksi. Beberapa infeksinya bisa berasal dari jamur, bakteri, atau bahkan pengembangan penyakit menular seksual (PMS).

Jika Anda mengalami tanda-tanda penyakit atau perubahan keputihan yang tidak normal, segera hubungi dokter Anda. Pahami bahwa pemeriksaan dengan profesional kesehatan akan memberikan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai.

Baca Juga: Temukan 5 Solusi Obat Keputihan Berbau yang Cepat!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta