Mengetahui Berbagai Cara Penularan Herpes

Mengetahui Berbagai Cara Penularan Herpes

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Penyakit herpes merupakan salah satu jenis penyakit dengan kasusnya sering kita jumpai karena penularan yang mudah untuk menularkan.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Herpes Bagaimana Langkahnya

Herpes sendiri adalah jenis penyakit yang di picu dari infeksi virus herpes dan juga termasuk dalam infeksi menular seksual.

Virus herpes yang paling terkenal adalah herpes simplex virus yang di mana menjadi pemicu utama herpes oral dan juga genital. Akan tetapi, ada 8 jenis  virus yang bisa menginfeksi serta menimbulkan gangguan kesehatan.

Cara Penularan pada Penyakit Herpes

Penyakit herpes dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan lesi atau area yang terinfeksi. Berikut adalah beberapa cara umum penularan penyakit herpes:

1. Kontak Kulit-ke-Kulit

Herpes dapat menularkan melalui kontak langsung antara kulit yang terinfeksi dan kulit yang tidak terinfeksi.

Ini dapat terjadi saat menyentuh atau menggosok lesi herpes pada seseorang yang terinfeksi. Baik itu herpes pada mulut (lesi dingin) atau herpes genital.

2. Hubungan Seksual

Herpes genital dapat menularkan melalui hubungan seksual, baik itu hubungan seks vaginal, anal, atau oral.

Kontak langsung dengan lesi, lendir, atau cairan yang terinfeksi dari seseorang yang memiliki herpes genital dapat menyebabkan penularan virus kepada pasangan seksual.

3. Penularan dari Ibu ke Bayi

Jika seorang wanita memiliki herpes genital saat hamil atau saat melahirkan, virus herpes dapat ditularkan kepada bayi. Ini disebut sebagai herpes neonatal dan bisa menjadi kondisi yang serius.

Konsultasikan dengan dokter untuk langkah-langkah pencegahan jika Anda memiliki riwayat herpes genital dan sedang hamil.

4. Kontak dengan Benda yang Terkontaminasi

Meskipun jarang, herpes dapat di tularkan melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi oleh virus herpes. Seperti sikat gigi, handuk, atau alat makan.

Namun, penularan ini lebih mungkin terjadi saat lesi aktif ada pada benda tersebut.

Komplikasi Penyakit Herpes

Penyakit herpes dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang perlu di perhatikan. Berikut adalah beberapa komplikasi yang mungkin terjadi akibat infeksi herpes antara lain yaitu:

1. Penyebaran Infeksi

Herpes dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, baik pada individu yang sama atau orang lain, terutama saat lesi aktif terjadi.

Misalnya, herpes simpleks tipe 1 dapat menyebar dari mulut ke mata (herpes mata), yang dapat menyebabkan kerusakan mata jika tidak terobati dengan tepat.

Herpes genital juga dapat menyebar ke daerah sekitarnya atau ke bagian tubuh lain melalui kontak langsung.

2. Infeksi Kulit dan Jaringan

Herpes dapat menyebabkan infeksi kulit dan jaringan yang lebih serius, terutama pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

3. Komplikasi pada Kehamilan

Jika seorang wanita mengalami infeksi herpes selama kehamilan, ada risiko penularan virus kepada bayi selama persalinan.

Ini dapat menyebabkan infeksi herpes pada bayi yang dapat memiliki konsekuensi serius, termasuk masalah neurologis dan bahkan kematian.

4. Infeksi Sistemik

Meskipun jarang terjadi, herpes dapat menyebabkan infeksi sistemik pada individu dengan sistem kekebalan yang lemah. Seperti pada penderita HIV/AIDS atau mereka yang menjalani kemoterapi.

5. Herpes Zoster

Herpes zoster, atau cacar ular, adalah varietas herpes yang disebabkan oleh virus varicella-zoster, yang juga menyebabkan cacar air.

Setelah seseorang sembuh dari cacar air. Virus dapat tetap berada dalam tubuh dalam keadaan laten dan kemudian menjadi aktif sebagai herpes zoster.

Ini menyebabkan ruam kulit yang menyakitkan dan melepuh di area yang terpengaruh. Herpes zoster dapat menyebabkan nyeri pascaherpetik yang kronis di area tersebut.

Virus herpes yang paling terkenal adalah herpes simplex virus yang di mana menjadi pemicu utama herpes oral dan juga genital. Akan tetapi, ada 8 jenis  virus yang bisa menginfeksi serta menimbulkan gangguan kesehatan.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Penyakit Herpes Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Apa Penyebab Herpes di Leher?

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta