Nyeri Panggul Belakang pada Wanita, Masalah Sepele yang Bisa Berakibat Fatal!

nyeri panggul belakang 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Nyeri panggul belakang pada wanita sering kali menjadi hal yang sepele, terutama jika terjadi pada masa-masa menstruasi.

Namun, tahukah Anda kalau kondisi ini bisa menjadi masalah sepele yang dapat berakibat fatal? Ya, kodisi ini bisa menandakan adanya kondisi yang serius seperti radang panggul.

Oleh karena itu, penting untuk tidak mengabaikannya dan segera mencari tahu apa yang dapat menyebabkanya.

Artikel ini akan membahas mengenai penyebab nyeri panggul belakang pada wanita, yang dapat menjadi masalah yang berakibat fatal. Berikut penjelasannya.

Penyebab Nyeri Panggul Belakang pada Wanita

Nyeri panggul belakang pada wanita, adalah kondisi kesehatan yang sangat perlu diperhatikan. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya masalah ginekologi.

Berikut adalah beberapa masalah ginekologi yang dapat menyebabkan nyeri panggul belakang pada wanita, antara lain:

1. Radang Panggul (PID)

Radang panggul merupakan masalah kesehatan ginekologi, yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri menular seksual, seperti gonore atau klamidia.

Infeksi bakteri tersebut, dapat menyebar ke organ reproduksi wanita, seperti rahim, tuba falopi, dan ovarium. Gejala radang panggul dapat meliputi:

  • Nyeri panggul belakang
  • Keputihan abnormal
  • Perdarahan vagina di luar siklus menstruasi
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Demam, mual, dan muntah

2. Endometriosis

Endomteriosis adalah kondisi yang terjadi ketika jaringan rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim, seperti di ovarium, tuba fallopi, dan usus.

Pada umumnya, endometriosis dapat menyebabkan nyeri panggul, terutama selama menstruasi. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan gejala lain, seperti:

  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Kelelahan, diare, dan kembung
  • Kemandulan

3. Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantung berisi cairan yang dapat tumbuh di ovarium, yang biasanya bersifat jinak.

Namun, kista ovarium dapat tumbuh besar dan menyebabkan rasa nyeri jika pecah. Selain nyeri pada panggul belakang, kondisi ini juga dapat menyebabkan gejala lain, seperti:

  • Nyeri panggul belakang
  • Kembung, mual, dan muntah
  • Perdarahan abnormal
  • Sering buang air kecil

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala dari penyakit tersebut, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter yang tepat seperti di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan, dan memberikan diagnosis serta pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

nyeri panggul belakang 2

Kapan Harus ke Dokter?

Nyeri panggul belakang pada wanita, bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi medis. Beberapa di antaranya bisa bersifat ringan dan beberapa lainnya serius.

Namun, terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda harus segera berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan ke dokter, antara lain:

  • Nyeri parah yang terjadi secara tiba-tiba
  • Nyeri yang tidak membaik dengan perawatan rumahan
  • Nyeri yang disertai dengan gejala lain
  • Nyeri semakin parah seiring waktu

Jika memiliki faktor risiko tertentu, seperti riwayat penyakit menular seksual, Anda harus lebih waspada terhadap nyeri pada panggul dan segera temui dokter jika mengalaminya.

Baca Juga: Infeksi Vagina Paling Parah Ditandai dengan Ciri-Ciri Ini Lho, Jangan Abaikan!

Diagnosis dan Pengobatan Nyeri Panggul Belakang di Klinik Utama Sentosa

Seperti yang telah di jelaskan di atas, nyeri panggul belakang pada wanita dapat terjadi akibat berbagai faktor.

Oleh karena itu, pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis yang akurat, akan sangat membantu dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Namun, tidak perlu khawatir, karena Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan genital dengan dokter yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Untuk menentukan rencana pengobatan yang tepat, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, dengan bantuan fasilitas medis yang lengkap dan modern.

Setelah mendapatkan hasil yang akurat, dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan penyebab, keparahan, dan kondisi masing-masing pasien.

Tenang! Dokter dan tim medis kami akan selalu mengutamakan layanan kesehatan yang berstandar tinggi, termasuk memenuhi kenyamanan, kebutuhan, dan privasi pasien.

Selain itu, kami juga menyediakan layanan Konsultasi Dokter Online, yang dapat memudahkan Anda untuk berkonsultasi secara online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini juga dapat di akses secara gratis, selama 24 jam, melalui kontak Whatsapp yang tersedia.⇒ [WhatsApp Dokter]

Jadi, selalu pastikan Anda mendapatkan saran pengobatan dan informasi kesehatan yang tepat dari profesional medis yang terpercaya langsung ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta