Orkitis Akan Sembuh : Seberapa Lamanya Jika Di Obati

Orkitis Akan Sembuh Seberapa Lamanya Jika Di Obati?

Tidak perlu butuh waktu yang lama dalam mengobati orkitis jika akan sembuh. Hanya butuh selama 10-14 hari saja jika anda mengikuti saran dari dokter spesialis kelamin.

Peradangan pada testis atau orkitis terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Penyakit menular seksual, epididimitis, atau infeksi saluran kemih akan menjadi pemicunya.

Baca Juga : Penyebab dan Gejala Kutil Kelamin

Pengertian

Orkitis merupakan peradangan pada testis akibat infeksi bakteri dan virus. Peradangan ini pun bisa terjadi pada salah satu atau kedua testis sekaligus. Orkitis pada anak paling sering di sebabkan oleh penyebaran infeksi virus pada gondong atau parotitis.

Selain itu, orkitis dapat di sebabkan oleh berkembangnya penyakit epididimitis, yaitu peradangan pada saluran sperma yang terletak di belakang testis.

Ketika salah satu atau kedua testis di skrotum pria meradang yang menyebabkan pembengkakan karena infeksi virus, kondisi ini di kenal sebagai orkitis. Bakteri penyebab infeksi ini sebenarnya bisa menularkan melalui hubungan seksual (PMS), terutama gonore atau klamidia.

Bakteri penyebab orkitis sering menyebabkan epididimitis, yaitu peradangan pada struktur kantung pembuahan (epididimis) di bagian belakang testis. Penyakit yang hanya menyerang pria ini bisa menimbulkan rasa sakit dan pasti bisa mempengaruhi kesuburan.

Namun pengobatan yang di tangani sejak gejala awal muncul akan sangat membantu dan membuat penderitanya sembuh total tanpa menimbulkan komplikasi.

Gejala Apa yang Akan Di rasakan Orang Dengan Orkitis?

Salah satu gejala orkitis yang paling umum adalah nyeri pada testis dan daerah selangkangan. Sementara itu, gejala lainnya meliputi:

  • Area skrotum menjadi sensitif (mudah di sentuh).
  • Skrotum membengkak.
  • Kelenjar getah bening di daerah selangkangan membengkak.
  • Demam.
  • Nyeri saat buang air kecil dan ejakulasi.
  • Ada darah di air mani.
  • Pembesaran prostat.
  • Mual dan muntah.
Peradangan pada testis atau orkitis terjadi karena infeksi bakteri atau virus. Penyakit menular seksual, epididimitis, atau infeksi saluran kemih akan menjadi pemicunya.
Bahaya orkitis di sebabkan PMS dan ISK

Jika Anda merasakan nyeri atau bengkak pada skrotum, terutama secara tiba-tiba, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tindakan Pengobatan Sendiri untuk Mengobati Orkitis

Setelah mendapatkan tindakan dari dokter, perawatan di rumah dapat di terapkan bersamaan dengan perawatan medis. Beberapa langkah perawatan diri untuk orkitis agar sembuh meliputi:

  • Minum obat sesuai dosis yang dianjurkan. Beberapa obat yang mungkin di resepkan dokter Anda termasuk obat antiinflamasi untuk menghilangkan rasa sakit.
  • Hindari memakai celana longgar. Kenakan celana yang pas atau celana atletik untuk mengangkat skrotum dan meningkatkan kenyamanan.
  • Kompres es ke area skrotum. Namun, hindari mengoleskan es langsung ke kulit karena dapat menyebabkan luka beku. Sebaliknya, es harus dibungkus dengan kain dan kemudian diletakkan di skrotum.
    Oleskan kompres es ini selama 10 hingga 15 menit setiap kali, beberapa kali sehari selama 1-2 hari pertama. Cara ini dipercaya ampuh membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Sementara itu, langkah pengobatan yang bisa di lakukan antara lain:

  • Perawatan medis orkitis tergantung pada penyebab infeksi, khususnya apakah itu di sebabkan oleh organisme bakteri atau virus. Jika orkitis di sebabkan oleh bakteri, maka di perlukan terapi antibiotik.
    Kebanyakan pria dapat di obati dengan antibiotik di rumah selama 10-14 hari.

    Antibiotik yang di resepkan lebih lama mungkin diperlukan jika kelenjar prostat juga terlibat. Jika penyebab orkitis adalah virus, antibiotik tidak akan diresepkan.

    Orkitis gondongan umumnya akan membaik dalam waktu 1-2 minggu. Pasien harus mengobati gejalanya dengan pengobatan rumahan yang di sebutkan sebelumnya.

    Sedangkan jika pasien mengalami demam tinggi, muntah, sangat sakit, atau jika kondisinya menunjukkan komplikasi yang serius, pasien memerlukan perawatan di rumah sakit untuk mendapatkan infus antibiotik.
  • Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, penyakit ini bisa muncul karena penyakit menular seksual. Oleh karena itu, laki-laki muda yang aktif secara seksual harus memastikan bahwa pasangan seksual mereka di periksa dan diobati jika terbukti memiliki penyakit menular seksual.

    Penting juga untuk menggunakan kondom saat berhubungan seks. Atau lebih baik lagi, dengan tidak melakukan hubungan seks selama proses pengobatan dan Anda di nyatakan sembuh total.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengobati Orchitis

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai Orkitis akan sembuh seberapa lamanya? yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahanya penyakit menular seksual ini.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Sentosa dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta