Orkitis Infeksius, Waspada Pria Dewasa!

Orkitis Infeksius 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Orkitis infeksius adalah kondisi medis yang mengacu pada peradangan pada salah satu atau kedua testis yang di sebabkan oleh infeksi. Kondisi ini dapat memengaruhi pria dewasa dan merupakan masalah yang perlu di waspadai dalam bidang urologi dan andrologi.

Baca Juga: 4 Revolusi Menyembuhkan Orkitis Kronis

Guna menambah informasi akan kondisi medis tersebut, khususnya bagi para pria dewasa dalam usia produktif. Artikel ini akan menyajikan tinjauan klinis mengenai orkitis infeksius, termasuk definisi, penyebab, gejala, diagnosis, dan pengobatan.

Definisi Orkitis Infeksius

Testis adalah organ reproduksi pria yang memiliki peran krusial dalam produksi sperma dan hormon seksual pada pria. Definisi terkait orkitis infeksius adalah peradangan pada testis yang di sebabkan oleh infeksi bakteri, virus, maupun jamur.

Klasifikasi orkitis infeksius dapat di kelompokkan berdasarkan etiologi, seperti:

1. Orkitis Virus

Salah satu jenis orkitis virus yang paling dikenal adalah orkitis mumps, yang disebabkan oleh virus penyakit gondongan (mumps).

2. Orkitis Bakterial

Bakteri seperti Escherichia coli (E. coli) atau Neisseria gonorrhoeae dapat menyebabkan orkitis bakterial.

3. Orkitis Lainnya

Orkitis juga bisa di sebabkan oleh jamur, meskipun kasus ini lebih jarang terjadi namun kemungkinannya bisa di alami oleh beberapa pria.

Penyebab Orkitis Infeksius

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, penyebab orkitis infeksius bervariasi  dan tergantung pada jenisnya. Orkitis virus paling sering di sebabkan oleh virus mumps, yang dapat menyebar ke testis setelah infeksi saluran pernapasan atas.

Sedangkan, kasus orkitis bakterial biasanya di sebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat naik melalui saluran uretra atau menyebar melalui aliran darah. Lebih banyak kasus orkitis pria dewasa memang akan di sebabkan juga oleh kondisi infeksi primer seperti pada infeksi menular seksual (IMS).

Gejala dan Manifestasi Klinis

Gejala orkitis infeksius meliputi beberapa kondisi yang dapat di rasakan oleh penderitanya, beberapa di antaranya adalah:

1. Nyeri testis yang hebat

2. Pembengkakan

3. Kemerahan pada skrotum

4. Demam

5. Mual dan muntah

6. Rasa sakit perut bawah

Catat, gejala umumnya muncul dengan cepat dan memerlukan perhatian medis segera. Sehingga, tidak jarang jika keluhan orkitis pada pria dewasa perlu di waspadai karena bisa termasuk dalam kondisi darurat medis.

Orkitis Infeksius 2Diagnosa pada Orkitis Infeksius

Diagnosis orkitis infeksius biasanya di dasarkan pada pemeriksaan fisik, riwayat medis, serta hasil pemeriksaan laboratorium seperti tes darah dan urin. Dan pemeriksaan penunjang seperti USG testis juga dapat membantu mengkonfirmasi diagnosis.

Setiap jenis pemeriksaan akan di tentukan dan di lakukan berdasarkan evaluasi kondisi pasien yang di dapat dokter saat pemeriksaan langsung. Semakin cepat pemeriksaan dan penanganan di dapat maka semakin tinggi kesempatan keluhan untuk di sembuhkan.

Baca Juga: Orkitis Adalah Gangguan Reproduksi Pria!

Pengobatan Orkitis di Klinik Utama Sentosa

Pahami bahwa pengobatan orkitis infeksius tergantung pada penyebabnya. Penanganan orkitis virus seringkali tidak memiliki pengobatan khusus, dan manajemen pengelolaan medis di Klinik Utama Sentosa bertujuan untuk mengurangi gejala.

Sebaliknya, penanganan orkitis bakterial memerlukan terapi antibiotik yang tepat. Rekomendasi dari dokter kami juga akan di berikan dengan terapi suportif. Misalnya istirahat dan kompres dingin secara mandiri, agar dapat membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan.

Pilihan Penanganan Klinik Spesialis Kelamin

Pencegahan orkitis infeksius dapat mencakup praktik seks yang aman dan menjaga kebersihan diri guna membantu mencegah kemungkinan infeksi genital terjadi. Namun, kondisi berbeda jika memang Anda mencurigai gejala atau merasakan keluhan di area genital. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Penanganan terbaik untuk keluhan orkitis maupun keluhan area kelamin pria lainnya bisa di lakukan oleh dokter andrologi atau dokter kelamin. Rekomendasi dokter tersebut lebih tepat dalam menangani keluhan Anda dengan pengetahuan dan kompetensi spesifik yang di miliki.

Layanan Klinik Utama Sentosa sebagai pusat medis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual menghadirkan dokter berpengalaman, untuk mengatasi keluhan genital pria maupun wanita. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Reservasi untuk kunjungan pemeriksaan secara langsung dokter Anda atau coba konsultasi online melalui chat WA dokter mengenai informasi lebih lanjut. Setiap layanan online tersedia gratis dan dapat di akses 24 jam!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta