Orkitis Sakit pada Testis, Begini Penjelasannya

Orkitis Sakit pada Testis 1

Penyakit orkitis menyebabkan sakit pada testis tentu akan terasa dari kondisi ringan hingga berat, bahkan beberapa diantaranya juga bisa merasakan gejala secara mendadak.

Peradangan yang terjadi pada testis (buah zakar) akibat infeksi ini dapat mempengaruhi salah satu atau kedua testis sekaligus.

Meski cenderung dialami oleh pria di atas usia 45 tahun, kenyataannya saat ini tidak ada patokan usia pasti seorang pria mengalami orkitis.

Jadi setiap pria di segala usia tetap harus mewaspadai kemungkinan gejala dari salah satu penyakit andrologi tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Impotensi dan Disfungsi Ereksi

Jenis Orkitis Penyebab Sakit pada Testis

Umumnya orkitis di bagi jenisnya menjadi 2 berdasarkan pada penyebabnya, yaitu:

1. Orkitis bakteri

Infeksi orkitis akibat bakteri ini seringkali di temukan dengan jenis E.coli, Staphylococcus, Streptococcus, atau Gonococcus. Jenis bakteris tersebut juga yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih (ISK) dan penyakit menular seksual (PMS).

2. Orkitis virus

Orkitis virus kerap di libatkan dengan penyebab gondong (Paramyxoviruses atau mumps). Dan hampir 1/3 pria yang sudah baligh memungkinkan dirinya mengalami orkitis.

Pengobatan Atasi Sakit Testis

Dokter tentu akan memberikan pengobatan dengan menyesuaikan jenis penyebab orkitis yang di derita oleh pasien. Langkah penanganan dokter untuk keluhan orkitis meliputi:

  • Untuk orkitis bakteri – pengobatan yang di berikan oleh dokter menggunakan obat jenis antibiotik. Kadang bisa di kombinasi dengan obat antinyeri.
  • Untuk orkitis virus – dokter bisa meresepkan obat antiinflamasi nonsteroid.

Hilangnya rasa sakit pada testis dan pembengkakan yang terjadi umumnya 10-14 hari setelah pengobatan berlangsung.

Infeksi bakteri mungkin akan lebih lama pemulihan di banding penyebab virus dalam kasus orkitis. Diskusi dan konsultasikan kepada dokter ahli Klinik Sentosa Jakarta mengenai tindakan tepat untuk perawatan Anda.

Pastikan Anda sabar dan disiplin dalam menjalankan proses pengobatan guna mencapai hasil maksimal prosedur yang di lakukan.

Orkitis Sakit pada Testis 2

Kunjungi Dokter Anda Di Klinik Sentosa

Klinik Sentosa menjadi Klinik Kelamin Jakarta pilihan terbaik bagi Anda dalam menuntaskan keluhan genital khususnya masalah andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual (PMS).

Kami memiliki standarisasi pelayanan terbaik dengan biaya terjangkau, sehingga bisa di dapatkan oleh siapapun yang membutuhkan pengobatan secara medis serta kesembuhan efektif hingga tuntas.

Coba konsultasi gratis melalui chat online, whatsapp, maupun telepon langsung dengan dokter kami!

Baca Juga: Orkitis Penyebab Testis Bengkak dan Sakit

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta