Penis Bengkak Disertai Rasa Nyeri? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya Disini!

penis bengkak 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Pernahkah Anda mengalami penis bengkak yang disertai dengan rasa nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari?

Ya, tentunya kondisi ini dapat menjadi salah satu sumber ketidaknyamanan bagi pria. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ini bukanlah kondisi biasa yang wajar terjadi.

Kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami salah satu penyakit kelamin, baik yang menular maupun tidak.

Ingin tahu apa saja penyebab penis bengkak di sertau rasa sakit? Mari simak penyebab dan solusi mengatasinya di bawah ini.

Penyebab Penis Bengkak dan Nyeri

Penis bengkak dan nyeri, bisa menjadi pertanda dari berbagai kondisi medis, mulai dari yang ringan hingga yang lebih serius. Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkannya:

1. Iritasi atau Alergi

Alergi atau iritasi terhadap produk pembersih, seperti sabun, deterjen, atau kondom, dapat menyebabkan penis membengkak, kemerahan, gatal, dan nyeri.

Umumnya, kondisi ini tidak berbahaya. Namun, jika kondisi ini tidak membaik selama beberapa hari, penting untuk segera melakukan pemeriksaan.

2. Balanitis (Radang Penis)

Balanitis merupakan salah satu penyakit kelamin pria, yang dapat ditandai dengan kemerahan dan pembengkakan pada kulup atau kepala penis.

Kondisi ini umumnya terjadi pada pria yang tidak di sunat, dan bisa disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, atau iritasi.

3. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Beberapa jenis infeksi menular seksual, dapat memengaruhi kesehatan organ genital pria, termasuk menyebabkan rasa nyeri dan penis bengkak.

Berikut adalah beberapa infeksi menular seksual yang dapat menyebabkannya, antara lain:

  • Gonore (kencing nanah)
  • Sifilis (raja singa)
  • Herpes genital
  • Infeksi klamidia

4. Fimosis

Kondisi ini terjadi ketika kulup penis sulit untuk ditarik ke belakang, sehingga dapat menyebabkan penumpukan smegma (kotoran) dan infeksi.

Fimosis lebih sering terjadi pada pria yang tidak di sunat, dan disertai dengan rasa gatal, nyeri, kemerahan, pembengkakan, dan kesulitan untuk buang air kecil.

Itulah beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan penis bengkak. Penting untuk tidak mengabaikannya dan segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Langkah-Langkah Tepat Mengatasi Penis Bengkak

Seperti yang telah di jelaskan di atas, penis bengkak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari yang bersifat ringan hingga yang parah.

Namun, tidak perlu panik! Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk mengatasi pembengkakan, antara lain:

1. Berkonsultasi dengan Dokter

Langkah awal yang paling tepat adalah berkonsultasi dengan dokter, dokter dapat memberikan diagnosis yang tepat dan memberikan saran pengobatan yang sesuai.

2. Menjalani Pengobatan Sesuai dengan Penyebabnya

Penting untuk menjalani pengobatan yang diberikan oleh dokter. Dokter dapat memberikan saran pengobatan yang tepat, sesuai dengan penyebabnya.

Misalnya, antibiotik untuk infeksi bakteri, obat antijamur untuk infeksi jamur, dan beberapa metode medis untuk kondisi yang lebih parah.

3. Menjaga Kebersihan Area Genital

Penting untuk tetap menjaga kebersihan area genital dengan baik dan benar, serta hindari penggunaan sabun atau produk pembersih yang dapat memicu alergi atau iritasi.

4. Menghindari Aktivitas Seksual

Jika penis bengkak setelah berhubungan seksual, penting untuk menghindari aktivitas seksual sampai dokter memperbolehkannya.

Dengan menerapkan beberapa langkah tersebut, setiap individu dapat mengatasi kondisi ini dengan tepat dan akurat.

Oleh karena itu, segera konsultasikan keluhan kelamin Anda dengan dokter yang berpengalaman, seperti di Klinik Utama Sentosa.

penis bengkak 2

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Ketika mengalami penis bengkak disertai rasa nyeri yang tidak kunjung sembuh, maka segeralah konsultasikan kondisi Anda dengan dokter.

Selain itu, terdapat beberapa kondisi atau gejala yang perlu Anda waspadai, antara lain:

  • Demam dan menggigil
  • Sulit buang air kecil
  • Keluar cairan abnormal dari penis
  • Penis berbau busuk dan menyengat
  • Muncul luka, ruam, atau benjolan pada penis
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di area penis

Jika mengalami beberapa gejala tersebut, segeralah temui dokter dan jangan ragu untuk meminta bantuan medis yang tepat.

Baca Juga: Kencing Keluar Lendir dari Kemaluan Pria, Waspadai 5 Penyakit Ini!

Temukan Pengobatan Efektif untuk Mengatasi Penis Bengkak di Klinik Utama Sentosa

Penis bengkak di sertai rasa nyeri, perlu segera ditangani dengan pendekatan yang tepat. Oleh karena itu, Anda perlu mencari bantuan medis yang tepat.

Tidak perlu khawatir! Anda dapat melakukan pemeriksaan dan mendapatkan pengobatan yang tepat di Klinik Utama Sentosa.

Klinik kami di lengkap dengan fasilitas medis yang modern, lengkap, dan berstandar tinggi. Selain itu, pemeriksaan hingga pengobatan akan di awasi langsung oleh dokter terpercaya.

Tenang! Tim medis kami akan memprioritaskan kesehatan, kenyamanan, kebutuhan, dan privasi setiap pasien.

Jadi, jangan pernah ragu atau malu untuk berkonsultasi dengan tim medis kami. Anda dapat berkonsultasi melalui layanan Konsultasi Dokter Online dengan mudah.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tidak hanya itu, layanan ini juga dapat di akses melalui kontak Whatsapp, selama 24 jam, gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Mudah bukan? Jadi, pastikan Anda mendapatkan saran dan pengobatan yang tepat dari profesional medis yang berpengalaman ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta