Penyebab Keputihan Banyak dan Solusinya

Penyebab Keputihan Banyak 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Penyebab keputihan banyak, ini merujuk pada kondisi di mana seorang wanita mengalami peningkatan jumlah cairan vagina yang keluar secara tidak normal. Keputihan adalah kondisi umum pada wanita di berbagai usia.

Baca Juga: Waspada Keputihan Kuning Kehijauan, Tanda Gonore Wanita

Normalnya, vagina menghasilkan cairan untuk menjaga kelembapan dan keseimbangan mikroorganisme. Namun, keputihan yang berlebihan dapat menjadi tanda adanya ketidakseimbangan atau kondisi tertentu. Lalu apa saja yang menjadi penyebab terjadinya kondisi tersebut serta bagamana solusi yang dapat di lakukan sebagai penanganannya?

Penyebab Keputihan Banyak pada Wanita

Keputihan banyak sama dengan kondisi keputihan berlebih, ini artinya jumlah cairan yang di keluarkan melampaui jumlah normal. Ciri yang termasuk dalam kondisi tersebut juga termasuk perubahan warna, bau tidak sedap, hingga terkstur pada keputihan.

Ciri tersebut juga akan di sertai dengan keparahan gejala seperti gatal, nyeri atau sakit, dan iritasi pada area vagina. Penyebabnya dapat muncul dari berbagai kemungkinan atau faktor, termasuk:

1. Infeksi Jamur Penyebab Keputihan Banyak

Infeksi jamur, seperti kandidiasis vaginalis adalah penyebab umum keputihan banyak pada wanita. Pertumbuhan berlebihan jamur Candida albicans dapat mengganggu keseimbangan flora vagina. Faktor-faktor yang memicu infeksi jamur meliputi perubahan hormon, penggunaan antibiotik, sistem kekebalan tubuh yang lemah, kebersihan yang buruk, atau diabetes.

2. Bakteri Vaginosis

Bakteri vaginosis (BV) terjadi ketika jumlah bakteri sehat di vagina terganggu dan di gantikan oleh bakteri yang tidak seimbang. Faktor risiko bakteri vaginosis meliputi hubungan seksual yang tidak aman, kebersihan yang buruk, merokok, atau penggunaan douching. Keputihan berlebihan dapat terjadi sebagai akibat dari kondisi ini.

3. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beberapa penyakit menular seksual (PMS) dapat menyebabkan keputihan banyak pada wanita. Contohnya adalah klamidia, gonore, atau trikomoniasis. Keputihan berlebihan dapat menjadi salah satu gejala PMS yang di sertai dengan gejala lain seperti gatal, nyeri saat buang air kecil, atau perdarahan di antara periode menstruasi.

4. Alergi atau Reaksi Terhadap Bahan Kimia

Alergi atau reaksi terhadap bahan kimia tertent, seperti produk perawatan pribadi, deterjen, atau bahan dalam pembalut, dapat menyebabkan keputihan berlebihan pada beberapa wanita dengan tingkat sesitivitas yang tinggi. Reaksi alergi dapat menyebabkan iritasi, gatal, dan perubahan dalam kualitas cairan vagina.

5. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal terjadi selama siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause, dapat mempengaruhi keseimbangan flora vagina. Hal ini dapat mengakibatkan keputihan yang berlebihan pada beberapa wanita. Selama menopause, penurunan kadar estrogen juga dapat menyebabkan penipisan dinding vagina dan kekurangan cairan pelumas alami.

Anda perlu bantuan dokter ahli untuk bisa memastikan salah satu di antara penyebab-penyebab keputihan banyak seperti di atas tersebut. Konsultasi dan pastikan diskusi lebih lanjut di Klinik Utama Sentosa guna penanganan terbaik berdasarkan kondisi yang Anda alami.

Penyebab Keputihan Banyak 2Apa Solusi yang Bisa di Lakukan?

Untuk mendapat solusi terbaik, Anda tentu akan di sarankan untuk melakukan beberapa langkah tindakan, di antaranya adalah:

  1. Konsultasi dengan tenaga medis
  2. Pengobatan untuk infeksi jamur, bakterial vaginosis, dan PMS
  3. Menghindari bahan kimia yang menyebabkan alergi
  4. Perawatan kebersihan yang baik
  5. Mengelola perubahan hormonal
  6. Menjaga kesehatan umum

Solusi dan pengobatan terbaik hanya bisa Anda dapatkan ketika Anda juga bisa melakukan pemeriksaan secara tepat tanpa menunda waktu. Dengan begitu diagnosis bisa di dapatkan dengan akurat guna tindakan lanjut secara terencana.

Dalam masa pemulihan atau selama proses pengobatan sedang berlangsung pastikan juga Anda bisa menerapkan praktek kebersihan genital yang baik dan menjaga kesehatan tubuh secara teratur.

Baca Juga: Apakah Keputihan Tanda Hamil pada Wanita?

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta