Rentan Balanitis Kandida, Jika Belum Sunat!

Balanitis Kandida 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Salah satu infeksi umum andrologi yang dapat terjadi pada pria adalah balanitis kandida, terlebih jika Anda pria yang belum sunat. Infeksi pada area genital dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan. Balanitis kandida sendiri jelas di sebabkan oleh pertumbuhan berlebihan jamur Candida albicans pada kulup atau kepala penis.

Baca Juga: Obat Salep Balanitis Untuk Perawatan Topikal

Kali ini Anda harus tahu tentang alasan mengapa infeksi jenis balanitis tersebut bisa terjadi pada pria yang belum sunat. Selain itu membahas langkah yang dapat di ambil untuk mengatasi rentannya keluhan tersebut terjadi.

Alasan Balanitis Kandida pada Pria Belum Sunat

Pertumbuhan berlebih jamur kandida pada daerah genital pria menyebabkan peradangan, kemerahan, gatal, dan rasa tidak nyaman pada ujung penis. Dan 70-80% pria yang tidak di sunat memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan balanitis kandida.

Alasannya tentu karena faktor yang terkait dengan kulup atau preputium, yaitu lipatan kulit yang menutupi kepala penis pada pria yang tidak di sunat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pria yang tidak sunat perlu rentan mengalami peradangan tersebut.

1. Kelembaban

Kulup pada pria yang belum sunat dapat menciptakan lingkungan yang lembab di bawahnya. Kelembaban yang berlebihan menjadi lingkungan yang ideal bagi jamur kandida berkembang biak. Jamur ini dapat tumbuh dengan cepat dan menyebabkan balanitis kandida.

2. Penumpukan Smegma

Smegma adalah zat lengket berwarna putih atau kuning yang terbentuk di bawah kulup. Smegma terdiri dari sel-sel kulit mati, minyak, dan sisa keringat. Jika tidak dibersihkan dengan baik, penumpukan smegma dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan memicu pertumbuhan jamur kandida.

3. Sulitnya Membersihkan Daerah Genital

Memelihara kebersihan yang baik pada area genital pria belum sunat bisa lebih sulit. Kulup harus di bersihkan dengan cermat untuk menghilangkan bakteri, jamur, dan kotoran yang bisa menyebabkan infeksi. Jika daerah genital tidak di bersihkan secara menyeluruh risiko balanitis hingga infekisi lain akan meningkat.

4. Gangguan Sirkulasi Udara

Kulup pada pria yang belum sunat dapat menyebabkan kurangnya sirkulasi udara di sekitar kepala penis. Kondisi ini dapat meningkatkan kelembaban dan menciptakan kondisi yang mendukung pertumbuhan jamur kandida.

Balanitis Kandida 2Mengurangi Tingkat Kerentanan Balanitis

Mencegah atau mengurangi tingkat kerentanan seorang pria yang tidak sunat akan infeksi jamur kandida pada area kepala penisnya dapat melibatkan beberapa langkah, di antaranya adalah:

  1. Mencuci daerah genital secara teratur
  2. Menjaga kebersihan pakaian dalam
  3. Perhatikan kebersihan selama aktivitas seksual
  4. Menerapkan gaya hidup sehat
  5. Ambil tindakan sunat

Pria dapat melindungi diri dari balanitis kandida dan menjaga kesehatan genitalnya dengan melakukan sunat sebagai rekomendasi tindakan pengobatan. Karena Jika terjadi gejala atau infeksi sudah bersifat persisten atau memburuk bahkan ketika tindakan pencegahan sudah di lakukan.

Di sarankan untuk segera menghubungi tenaga medis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Sebagian besar kasus balanitis juga bisa di sembuhkan dengan sunat atau sirkumsisi, bahkan lebih banyak orang yang mendapat manfaat dari tindakan tersebut.

Baca Juga: Infeksi Balanitis Jamur, Waspada para Pria!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta