Sakit saat Kencing? Jangan Panik, Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini Yuk!

sakit saat kencing 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Merasakan sakit saat kencing atau buang air kecil, tentu bisa sangat mengganggu individu yang mengalaminya.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi saluran kemih hingga batu ginjal. Namun, jangan khawatir, ada beberapa langkah sederhana yang bisa mengatasinya.

Ingin tahu apa saja cara yang bisa membantu mengatasi sakit saat kencing? Mari kita simak 5 caranya di bawah ini.

Penyebab Sakit saat Kencing

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja yang bisa sebabkan sakit saat kencing. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Ini adalah penyebab paling umum dari rasa sakit saat buang air kecil. Bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra, bisa menyebabkan peradangan dan rasa perih.

2. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Beberapa jenis infeksi menular seksual, seperti gonore dan klamidia, dapat menyebabkan gejala berupa sakit saat kencing, baik pada pria maupun wanita.

3. Uretritis

Peradangan pada uretra (uretritis), juga bisa menyebabkan rasa sakit, nyeri, atau perih saat buang air kecil.

Namun, kondisi ini juga bisa terjadi akibat berbagai kondisi lainnya, termasuk prostatitis (peradangan pada prostat) pada pria dan infeksi vagina pada wanita.

Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman seperti Klinik Utama Sentosa, untuk mendapatkan pengobatan yang efektif.

Cara Mudah Atasi Sakit saat Kencing

Ada beberapa cara yang bisa membantu untuk mengatasi sakit saat kencing, baik pada pria maupun wanita. Berikut di antaranya:

1. Minum Banyak Air Putih

Air putih dapat membantu melancarkan saluran kemih, dan membersihkan bakteri yang mungkin menjadi penyebab infeksi.

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Bisa Menjadi Pemicu

Kafein, alkohol, makanan pedas, dan minuman bersoda, dapat mengiritasi saluran kemih. Sebaiknya, hindari makanan dan minuman ini sementara waktu.

3. Jaga Kebersihan Genital

Pastikan untuk menjaga kebersihan area genital tetap bersih dan kering, untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

4. Konsumsi Cranberry atau Probiotik

Cranberry dan probiotik, dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan saluran kemih dan mencegah infeksi.

5. Konsultasikan dengan Dokter

Jika rasa sakit saat kencing terus berlanjut dan tidak kunjung membaik, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Langkah-langkah ini dapat membantu meringankan keluhan sakit saat kencing, tetapi konsultasi medis tetap penting untuk menangani penyebab yang mendasarinya.

sakit saat kencing 2

Kapan Harus ke Dokter?

Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter yang tepat, jika rasa sakit saat kencing tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, dan disertai dengan gejala berikut:

  • Demam dan menggigil
  • Mual dan muntah
  • Nyeri pada perut bagian bawah
  • Terdapat darah di dalam urine
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Sering atau sulit buang air kecil

Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda, sehingga konsultasik dengan dokter adalah langkah yang tepat agar mendapatkan penanganan yang akurat.

Baca Juga: Kencing Berbusa, Benarkah Tanda ISK Parah? Intip Penjelasan Ahlinya Disini!

Dapatkan Solusi Tepat Atasi Sakit saat Kencing dengan Dokter yang Kompeten di Klinik Utama Sentosa

Sakit saat kencing bukanlah kondisi normal, dan umumnya disebabkan oleh infeksi. Sehingga, sangat penting untuk mengatasinya dengan penanganan yang tepat.

Jangan khawatir! Anda dapat mengatasi kondisi ini dengan penanganan yang tepat dan efektif dengan tim medis berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dan tim medis kami, akan mengevaluasi kondisi Anda dengan peralatan medis yang lengkap, modern, dan berstandar tinggi.

Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan mengutamakan kesembuhan, kenyamanan, kebutuhan, dan juga privasi setiap pasien.

Jadi, jangan ragu atau malu, segera dapatkan saran medis yang tepat dari tim medis kami melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat di akses dengan mudah dan terjangkau, melalui Whatsapp yang tersedia gratis, selama 24 jam.⇒ [WhatsApp Dokter]

Ingat! Segera lakukan pemeriksaan hingga pengobatan yang tepat, agar berbagai masalah kesehatan lain yang lebih berbahaya bisa di cegah.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta